Skip to main content

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung yang Tidak Berfungsi, Dijamin 100% Berhasil!

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung yang Tidak Berfungsi, Dijamin 100% Berhasil!

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung yang Tidak Berfungsi, Dijamin 100% Berhasil!

Jika berbicara tentang Android, smartphone keluaran perusahaan asal Korea ini adalah salah satu yang terbaik di dunia saat ini. Setiap tahun, smartphone Andalan terbarunya selalu dinanti oleh para pecinta gadget. Apalagi smartphone Samsung mengincar pasar yang luas dengan menyediakan berbagai banyak varian smartphone untuk berbagai macam kebutuhan.

Akan tetapi, semakin banyak varian yang tersedia untuk berbagai kalangan maka semakin banyak pula masalah yang timbul dan menjadi keluhan para customernya. Contohnya dalam hal fitur keamanan seperti fingerprint dimana rentan timbul masalah. Anda ingin tahu cara mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi, dijamin 100% Berhasil. Berikut ulasannya:

TOC / Daftar Isi

Teknologi Fingerprint

Teknologi Samsung yang tinggi bahkan dapat bersaing dengan Smartphone sekelas iPhone keluaran Apple.inc yang merajai pangsa pasar teknologi. Teknologi samsung tidak kalah dari pesaing Amerikanya ini, salah satunya dalam hal fitur keamanan. Salah satunya terkait fitur Fingerprint.

Jika zaman dahulu mengunci smartphone harus dengan menggunakan kata sandi atau dari keypad, lalu teknologi smartphone mengenalkan sistem penguncian dengan pola, maka saat ini fingerprint pada smartphone sedang jadi trend. Fingerprint pada zaman dahulu kala termasuk sistem keamanan tingkat tinggi yang hanya digunakan di properti milik pemerintah atau perusahaan, namun sekarang hal itu bisa ditemukan dalam smartphone.

Fingerprint dianggap sebagai sistem keamanan yang mutakhir, seiring dengan perkembangan zaman sistem fingerprint ini menjadi stAndar keamanan pada smartphone saat ini. Fingerprint dianggap memiliki sistem yang lebih aman dan bisa memproteksi secara maksimal karena seperti yang diketahui secara luas bahwa masing–masing individu memiliki bentuk sidik jari yang berbeda–beda jadi sistem keamanan ini dapat dikatakan paling maksimal saat ini.

Back to Content ↑

5 Solusi Fingerprint Tidak Berfungsi

Setelah masa penggunaan beberapa lama tak sedikit pengguna yang mengalami berbagai permasalahan terkait fitur fingerprint untuk membuka kunci pada smartphone ini, lalu bagaimana cara mengatasinya? Simaklah Cara mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi, dijamin 100% akan kami jelaskan lewat artikel ini. Berikut metode yang dapat Anda coba!

Back to Content ↑

1. Restart / Reboot Smartphone

Restart adalah proses mematikan smartphone lalu menyalakannya lagi dengan jeda beberapa detik. Cara ini adalah pertolongan pertama pada hampir kerusakan software apapun yg terjadi di smartphone. Dikenal sebagai salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi. Biasanya kemungkinan tidak berfungsinya fingerprint adalah karena beban kerja RAM yang overload.

Selain itu sangat disarankan ketika merestart smartphone sebaiknya Anda melepaskan baterai jika memungkinkan, juga micro SD dan kartu SIM, lalu setelah itu diamkan sejenak dan tunggulah hingga beberapa detik setelah itu smartphone bisa Anda hidupkan kembali.

Back to Content ↑

2. Bersihkan Cache Fingerprint pada Smartphone

Tahukah Anda jika terdapat aplikasi pada smartphone Anda untuk mengatur semua fitur fingerprint? Fitur ini juga termasuk untuk menyimpan data sidik jari pengguna smartphone. Seperti aplikasi pada umumnya, pada aplikasi fingerprint ini juga terdapat cache untuk mempercepat pemindaian sidik jari sehingga apabila Anda menempelkan jari pada sensor fingerprint, smartphone langsung mengenali sidik jari tersebut dengan cepat.

Namun biasanya, dikarenakan oleh data cache yang menumpuk dan terlalu banyak akibat data aplikasi yang tidak pernah dibersihkan, menyebabkan aplikasi fingerprint tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jadi sangat disarankan untuk membersihkan cache secara berkala agar kondisi menjadi prima.

Back to Content ↑

3. Hapus Data Pada Aplikasi Fingerprint

Sistem keamanan fingerprint adalah sistem keamanan yang tujuannya agar smartphone menjadi alat personal sebagaimana mestinya. Artinya smartphone hanya bisa digunakan oleh satu orang saja, idealnya dengan data berupa dua buah jari sendiri. Jika Anda memasukkan lebih dari dua jari ditakutkan penumpukan data sidik jari pada smartphone akan menghambat kinerja sensor fingerprint.

Salah satu cara mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi, dijamin 100% ialah menghapus data aplikasi fingerprint pada smartphone agar data pengguna tidak menumpuk dan menghambat kinerja sensor fingerprint.

Untuk menghapus data pada aplikasi fingerprint, Anda dapat melakukannya dengan mudah. tinggal masuk ke menu Setting > Application Manager > All > Fingerprint > Clear Data. Setelah melakukan penghapusan data jangan lupa untuk melakukan perekaman ulang sidik jari Anda agar dapat Anda gunakan kembali.

Back to Content ↑

4. Hapus Data Fingerprint Menggunakan Titanium Backup, Jika Smartphone Telah di Root

Jika pada Personal Computer (PC) Windows, Anda memerlukan izin hak sebagai administrator untuk memodifikasi data pada komputer maka pada smartphone Root memiliki fungsi yang sama. Root dapat dilakukan untuk berbagai macam keperluan, ibaratkan menu “run as administrator” pada PC. Tetapi disamping keuntungannya, root pada Smartphone ini juga kadang menimbulkan masalah tertentu dan menyebabkan fitur tertentu smartphone menjadi error. Salah satunya adalah error pada fingerprint.

Jika Anda mendapati masalah pada fingerprint, Anda bisa mencoba untuk menghapus data fingerprint. Namun apabila Anda ingin mengamankan data Anda, ada baiknya Anda melakukannya dengan Titanium Backup. Langkah–langkahnya adalah:

  1. Pastikan Aplikasi Titanium Backup sudah tersedia di smartphone. Jika belum Anda dapat mendownloadnya terlebih dulu di Google Play Store.
  2. Setelah proses instalasi selesai, buka Aplikasi Titanium Backup pada smartphone Anda.
  3. Buka tab Backup / Restore
  4. Cari aplikasi Fingerprint
  5. Pilih Wipe Data
  6. Tekan pilihan OK untuk melakukan penghapusan data

Back to Content ↑

5. Factory Reset

Apabila Anda telah mencoba semua cara di atas namun tidak ada yang berhasil, maka cara mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi, dijamin 100% selanjutnya adalah melakukan factory reset atau disebut juga hard reset. Factory reset dimaksudkan untuk mengembalikan smartphone samsung Anda ke kondisi setting awal seperti saat baru keluar dari pabrik.

Factory reset ini akan menghilangkan semua data–data Anda yang Anda simpan dalam phone memory. Maka dari itu sebelum melakukan factory reset pengguna smartphone samsung disarankan untuk melakukan backup terhadap file-file yang dianggap penting seperti dokumen, mp3 audio, photo, video, dan file–file dalam format lainnya.

Nah, jika Anda ingin melakukan hard reset untuk mengembalikan kondisi smartphone seperti awal saat baru keluar dari pabrik adalah sebagai berikut: Masuk pada menu Setting > Backup & Reset > Factory Data Reset > Reset device.

Nah demikian adalah cara mengatasi fingerprint samsung yang tidak berfungsi, dijamin 100%. Anda dapat mencoba cara–cara yang telah kami jabarkan diatas, namun jika Anda masih tidak bisa mengembalikan Fingerprint yang tidak berfungsi ke kondisi normal, yang terakhir dapat Anda lakukan adalah mendatangi service centre Samsung terdekat dari kediaman Anda untuk memperbaikinya. Di service center smartphone Anda akan dicek secara mendalam baik hardware maupun softwarenya secara lebih mendetail. Terima Kasih dan Semoga Beruntung!

Back to Content ↑