Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Penyebab iPhone Mati Total dan Upaya Cara Mengatasinya!

Penyebab iPhone Mati Total dan Upaya Cara Mengatasinya!
Penyebab iPhone Mati Total dan Upaya Cara Mengatasinya

Penyebab iPhone Mati Total dan Upaya Cara Mengatasinya!

Ketika iPhone mati dan tidak bisa dinyalakan, umumnya pengguna akan mengalami kepanikan. Sebaiknya Anda memahami penyebab iPhone mati total sehingga faktor-faktor tersebut bisa dihindari.

Seandainya iPhone sudah benar-benar mati dan tidak bisa dinyalakan kembali, hal ini disebut dengan kondisi mati total (matot). Semua hal yang berkaitan dengan iPhone mati total akan dibahas pada artikel ini. Sebaiknya simak hingga akhir supaya tidak ketinggalan info-infonya.

TOC / Daftar Isi

5 Penyebab iPhone Mati Total

iPhone atau smartphone pada umumnya yang mati total disebabkan oleh dua kelompok masalah. Penyebab yang pertama adalah dari sisi software atau perangkat lunak. Meliputi sistem operasi, aplikasi, virus, dan lain sebagainya.

Sementara kelompok penyebab yang kedua adalah dari segi hardware atau perangkat keras. Contohnya karena kerusakan komponen seperti baterai atau IC. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab iPhone mati total.

Back to Content ↑

1. iOS Mengalami Crash

Sistem operasi iOS yang disematkan di iPhone sebenarnya sangat jarang mengalami masalah. Namun ada beberapa kasus iPhone mati total yang disebabkan karena permasalahan atau crash pada iOS.

Tanda sebuah iPhone mengalami crash pada iOS adalah layar blank hitam, tidak bisa dinyalakan menggunakan tombol power. Ketika layar disentuh pun tidak ada respons apa pun yang ditunjukkan oleh iPhone.

Ketika di charge pun iPhone yang sedang crash seperti ini tidak akan menunjukkan respons apa pun. Baik layar menyala atau getaran dan sejenisnya.

Umumnya, crash ini terjadi ketika ada file di sistem operasi iOS yang corrupt atau hilang. OS yang tidak up to date juga bisa menjadi salah satu pemicu adanya crash.

Back to Content ↑

2. Adapter dan Kabel Data KW

iPhone termasuk perangkat telepon pintar yang benar-benar ‘pintar’. Perangkat ini hanya bisa bekerja dengan baik apabila menggunakan aksesoris yang original buatan Apple.

iPhone sangat rentan mengalami kerusakan apabila terlalu sering di charge menggunakan power adapter dan kabel data tiruan. Adapter dan kabel data yang tidak asli tidak mampu menghasilkan arus listrik stabil untuk iPhone.

Oleh karena itu, iPhone rentan mengalami kerusakan. Jika dibiarkan, lama-lama iPhone dapat mengalami mati total karena kerusakan pada charging port atau mesin iPhone itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi pada perangkat iPhone generasi distributor.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna iPhone untuk memeriksa keaslian power adapter beserta kabel data sebelum menggunakannya.

Back to Content ↑

3. Baterai Bermasalah

Penyebab iPhone bisa mati total yang berikutnya ini masih berhubungan dengan sebab kedua. Charger atau power adapter serta kabel USB yang tidak original bisa menyebabkan banyak kerusakan, termasuk pada baterai.

Permasalahan pada baterai ditandai dengan iPhone mati total. Ketika dihubungkan dengan charger, di layar hanya muncul logo baterai dan petir terus menerus. Namun daya juga tidak bertambah.

Ketika berusaha dihidupkan dengan cara menekan tombol power, iPhone tidak mau loading sistem operasi. Justru logo baterai tersebut yang muncul terus menerus. Hal ini akan terus terjadi meski adapter dan kabel USB sudah diganti dengan yang asli.

Back to Content ↑

4. Charging Port Rusak

Kerusakan berikutnya yang ditimbulkan oleh penggunaan power adapter dan kabel USB palsu adalah kerusakan pada charging port. Kerusakan ini sebenarnya hanya bisa diketahui ketika iPhone dibongkar oleh teknisi.

Namun gejala yang ditunjukkan ini sama seperti kerusakan pada baterai. Layar akan memperlihatkan logo charging tengah berjalan. Namun ketika coba dihidupkan dengan menekan tombol power, iPhone tidak menunjukkan respons apa pun.

Ketika charger dilepas, iPhone akan kembali mati dan tidak bisa dinyalakan kembali karena baterai habis.

Back to Content ↑

5. Masalah pada Mesin iPhone

Permasalahan atau kerusakan pada mesin sangat jarang dialami oleh iPhone garansi resmi. Sementara iPhone yang didapatkan dari black market atau bergaransi distributor sangat sering mengalami permasalahan ini.

Bagian dari mesin yang paling rentan mengalami kerusakan adalah charging IC dan power IC. Penyebab utama kerusakan komponen ini lagi-lagi disebabkan oleh penggunaan charger dan kabel USB yang tidak asli.

Arus listrik yang tidak stabil atau tidak sesuai kebutuhan iPhone akan membuat komponen tersebut mudah rusak. Jika sudah rusak, iPhone tidak akan berfungsi dengan normal. Kasus paling parahnya adalah mati total.

Back to Content ↑

Upaya Cara Mengatasi iPhone Mati Total

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan pengguna ketika mengetahui iPhone-nya mati total. Pertama, coba restart menggunakan tombol power bersamaan dengan home button. Jika menggunakan iPhone 7 ke atas, gunakan tombol power bersamaan dengan volume bawah.

Tekan kedua tombol tersebut dan tahan selama kurang lebih 10 detik. Jika masih merespons, iPhone akan menyala kembali. Hal ini hanya berlaku untuk iPhone yang matot karena crash pada iOS.

Sementara untuk permasalahan pada hardware hanya bisa diatasi dengan penggantian part. Sebaiknya Anda kunjungi alamat service iPhone di Indonesia untuk mengganti part yang rusak tersebut.

Back to Content ↑

Setelah memahami penyebab iPhone mati total, sebaiknya Anda hindari kemungkinan-kemungkinan tersebut diatas. Baca juga artikel lain tentang tutorial iOS / iPhone OS Lengkap untuk memaksimalkan fungsi smartphone tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!