Skip to main content

iPhone 7 vs iPhone 6s: Desain, Spesifikasi, Kamera dan Harga

iPhone 7 vs iPhone 6s: Desain, Spesifikasi, Kamera dan Harga

iPhone 7 vs iPhone 6s: Desain, Spesifikasi, Kamera dan Harga

Apple merupakan salah satu produsen smartphone paling inovatif, terbukti dengan produk-produk baru yang diluncurkan setiap tahunnya. Di antara produk Apple yang sempat menjadi perbincangan konsumen adalah iPhone 6s dan 7. Seperti apa perbandingan iPhone 7 vs iPhone 6s?

Kedua smartphone tersebut sering dibandingkan bukan tanpa alasan. Selain diluncurkan dalam jarak waktu yang cukup berdekatan, keduanya juga memiliki beberapa kesamaan dalam hal fitur dan spesifikasi. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini.

1. Perbandingan iPhone 7 vs iPhone 6s

1.1. Desain dan Layar

Dari segi body, iPhone 7 dan iPhone 6s mempunyai dimensi yang sama persis yaitu 5.44 x 2.64 x 0.28 inch. Meskipun memiliki ukuran yang sama, iPhone 7 sedikit lebih ringan dengan bobot 138 gram sedangkan iPhone 6s 143 gram.

Keduanya juga memiliki konstruksi yang serupa, dengan Gorilla Glass untuk menghindarkan layar dari goresan serta cover belakang dan bingkai berbahan aluminium. Satu hal yang membedakan dari segi desain adalah fitur IP67 yang dimiliki oleh iPhone 7 sehingga membuatnya tahan debu dan air.

Untuk layar, iPhone 7 menggunakan Retina IPS LCD berukuran 4.7 inch sedangkan iPhone 6s mempunyai layar IPS LCD dengan ukuran sama. Resolusi yang dihadirkan juga sama, yaitu 750 x 1334 piksel dengan rasio 16:9.

1.2. Sistem Operasi dan Memory

Dari segi dapur pacu, terdapat perbedaan antara iPhone 7 dan iPhone 6s. Jika iPhone 7 bekerja dengan iOS 10 dengan dukungan upgrade hingga iOS 14.4, iPhone 6s dibekali dengan iOS 9 yang bisa diupgrade hingga iOS 14.

iPhone 7 juga sudah menggunakan Apple A10 Fusion sedangkan iPhone 6s harus puas dengan Apple 9. Begitu juga dengan processor yang ditanamkan. Ketika iPhone 6s masih ditenagai oleh CPU dual core berkecepatan 1.84 Ghz, iPhone 7 sudah didukung oleh CPU Quad-core berkecepatan 2.34 GHz.

Walaupun begitu, keduanya memiliki kesamaan dalam hal GPU. Baik iPhone 7 dan iPhone 6 didukung dengan GPU six-core graphics.

Tidak ada perbedaan signifikan antara iPhone 7 dan iPhone 6s dalam hal memori karena kedua seri tersebut menggunakan RAM 2GB. Namun iPhone 7 mempunyai kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar mulai dari 32GB hingga 256GB daripada iPhone 6s dengan kapasitas 16GB-128GB.

1.3. Kamera

Tidak lengkap rasanya jika membandingkan iPhone 7 vs iPhone 6s tanpa membahas masalah kamera. Meskipun sama-sama hadir dengan dukungan rear camera dan front camera, kedua smartphone tersebut mempunyai dukungan fitur yang sedikit berbeda.

Rear camera beresolusi 12 MP pada iPhone 7 dilengkapi dengan fitur Quad-LED flash serta HDR yang juga bisa ditemukan pada iPhone 6. Keduanya juga mendukung resolusi video hingga 4K dengan kecepatan hingga 30 frame per second.

Sedangkan untuk front camera, kedua ponsel memiliki sedikit perbedaan. Jika iPhone 7 dibekali dengan kamera beresolusi 7 MP, iPhone 6s harus puas dengan dukungan kamera 5 MP saja. Selain itu, kemampuan video juga berbeda yaitu 1080p untuk iPhone 7 dan 720p untuk iPhone 6s.

1.4. Baterai

Ketika membandingkan iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge dari segi baterai, iPhone harus mengakui kekalahan karena dukungan baterai yang kurang mumpuni. Lantas seperti apa perbandingan antar produk Apple ini?

Dari segi kapasitas baterai, iPhone 6s terbukti lebih unggul dengan baterai tanam Li-Ion berkapasitas 1715 mAH. Sedangkan iPhone 7 hanya menggunakan baterai tanam dengan kapasitas 1960 mAH. Meskipun begitu, bukan berarti iPhone 7 kalah tangguh daripada saudaranya.

Kapasitas yang berbeda nyatanya tidak memberikan perbedaan signifikan terhadap daya tahan baterai. Daya tahan yang ditawarkan adalah 62 jam untuk iPhone 6s dan 61 jam untuk iPhone 7. Bahkan keduanya mempunyai talk time yang sama yaitu 14 jam.

1.5. Harga

Dari beberapa elemen perbandingan yang telah dibahas sebelumnya, jelas bahwa tidak ada perbedaan yang mencolok antara iPhone 7 dan iPhone 6s. Lantas, bagaimana dengan harga yang dibanderol untuk setiap produk?

Cukup mengejutkan bahwa iPhone 6s dipatok dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 7. iPhone 6s dirilis dengan harga 230 EUR atau sekitar 3.9 juta jika dikonversikan dengan rupiah saat ini sedangkan iPhone 7 dibanderol dengan harga 180 EUR atau 3 jutaan.

Mengingat kedua produk ini sudah berstatus dicontinued, berarti perusahaan sudah tidak lagi memproduksi seri ini. Jadi, Anda hanya bisa mendapatkan produk dalam kondisi bekas saja.

2. Kesimpulan

Dari perbandingan iPhone 7 vs iPhone 6s ini dapat disimpulkan bahwa iPhone 6s harus mengakui kelebihan iPhone 7. Sebagai produk yang diluncurkan lebih awal, iPhone 6s memang memiliki beberapa kekurangan seperti dalam hal dapur pacu dan resolusi kamera.

Meskipun demikian, keduanya juga banyak memiliki kesamaan terutama dalam hal desain, tampilan layar, serta konektivitas hingga sensor yang digunakan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!