Skip to main content

iPhone 7 vs iPhone 7 Plus Camera: Adakah Perbedaan?

iPhone 7 vs iPhone 7 Plus Camera: Adakah Perbedaan?

iPhone 7 vs iPhone 7 Plus Camera: Adakah Perbedaan?

iPhone 7 dikenal sebagai salah satu ponsel dengan kamera terbaik. Tidak heran jika perusahaan raksasa tersebut kemudian meluncurkan iPhone 7 Plus yang digadang-gadang menawarkan kualitas kamera yang lebih menggoda. Lantas seperti apa perbandingan iPhone 7 vs iPhone 7 Plus camera?

Dengan munculnya embel-embel Plus, tidak sedikit konsumen yang menaruh harapan besar pada ponsel tersebut. Apakah iPhone 7 Plus benar-benar mampu memberikan sesuatu yang lebih? Temukan ulasan lengkapnya hanya di tutorial iOS iPhone lengkap berikut.

1. Spesifikasi iPhone 7 vs iPhone 7 Plus Camera

Secara keseluruhan, desain yang diusung oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bisa dibilang serupa. Namun jika menilik bagian belakang, Anda akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Ya! Jika iPhone 7 hanya memiliki 1 lensa, iPhone 7 Plus dibekali dengan 2 lensa di bagian belakang.

Kendati demikian, kedua seri ponsel tersebut mempunyai banyak kesamaan. Sebut saja dari spesifikasi kamera yang dihadirkan. Baik iPhone 7 maupun iPhone 7 Plus menggunakan lensa 12 MP dengan lebar 28mm dan bukaan f/1.8.

Sedangkan lensa tambahan pada iPhone 7 Plus hadir dengan dukungan resolusi 12 MP serta lebar lensa 56mm (tele), bukaan f/2.8 dan 2x optical zoom. Dengan spesifikasi tersebut, kamera ini mampu memotret obyek dari jarak jauh dengan hasil yang mengagumkan.

Dari segi fitur kamera, keduanya juga tidak memiliki perbedaan. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dilengkapi dengan fitur Quad-LED flash serta dukungan HDR untuk mendapatkan kualitas jepretan yang keren. Kedua ponsel juga dapat merekam video hingga 4K dengan kecepatan hingga 30 frame per second.

Tidak seperti perbandingan iPhone 7 vs iPhone 6s, kedua seri smartphone ini seimbang dalam hal kamera depan. Keduanya memiliki resolusi 7 MP dengan bukaan f/2.2 dan lebar lensa 32 mm. Dengan fitur Face detection dan HDR, foto selfie Anda menjadi lebih keren dan Instagrammable.

Sayangnya kamera depan iPhone 7 Plus tidak mempunyai dukungan panorama sehingga Anda tidak bisa mengambil gambar dengan wide angle.

2. Keunggulan iPhone 7 Plus

Dari spesifikasi iPhone 7 vs iPhone 7 Plus camera di atas, cukup jelas bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak memiliki perbedaan signifikan. Namun kehadiran lensa tambahan benar-benar memberikan perbedaan luar biasa pada hasil jepretan.

Bagaimana tidak? iPhone 7 Plus yang memiliki lensa 56mm telephoto dengan bukaan f/2.8 sangat bisa diandalkan untuk memotret obyek dari jarak jauh. Dengan kemampuan zoom yang menakjubkan, Anda tidak perlu mendekat untuk mendapatkan tangkapan gambar yang jelas dan besar.

Fungsi telephoto juga bisa Anda gunakan untuk mengambil foto dengan mode panorama atau square serta video time lapse dan slow motion. Secara garis besar, ponsel ini mampu memberikan kualitas jepretan yang tidak bisa Anda dapatkan di iPhone 7.

Meskipun lensa hanya mendukung 2x optical zoom, tetap saja ini menjadi salah satu kelebihan iPhone 7 Plus. Anda tidak perlu lagi dikecewakan dengan hasil zoom yang pecah-pecah dan berkualitas rendah berkat kehadiran lensa teler.

Tidak cukup sampai di situ, ponsel ini juga mengadopsi fitur bokeh dari kamera DSLR. Fitur tersebut menggunakan dua lensa sehingga Anda bisa fokus pada satu subyek dan memberikan efek blur pada background.

3. Kualitas Jepretan iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus menjanjikan kualitas jepretan yang hampir sama dengan pendahulunya, iPhone 7. Tidak ada perbedaan algoritma pemrosesan gambar sehingga keduanya masih lebih unggul dibandingkan kompetitor besar seperti Samsung.

Selain itu, kontras dan warna yang dihasilkan juga bisa dibilang sangat baik berkat fitur Dynamic Range Optimization yang sering dijumpai pada kamera DLSR. iPhone 7 Plus juga terbukti mampu menghadirkan dinamika yang lebih seimbang dari kompetitor di kelasnya, termasuk iPhone 7.

Saat digunakan untuk telefoto, iPhone 7 Plus mampu memberikan performa yang mengagumkan. Kamera tambahan akan digunakan untuk mengisolasi subyek dengan memberikan efek blur pada background.

Dengan cara ini, obyek akan terlihat lebih besar dan jelas daripada ketika dipotret menggunakan kamera biasa. Apalagi jika ditambah dengan pencahayaan yang bagus, dijamin hasil foto tidak akan mengecewakan.

4. Siapakah Pemenangnya?

Kualitas kamera iPhone 7 memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan berbagai spesifikasi dan fitur, Anda bisa mengabadikan momen istimewa dengan sempurna. Meskipun demikian, iPhone 7 harus mengakui bahwa kamera iPhone 7 Plus memiliki banyak kelebihan.

Tidak hanya hadir dengan dua lensa belakang, iPhone 7 Plus juga telah dibekali dengan fitur telefoto dan 2x optical zoom. Ditambah lagi dengan berbagai fitur lain seperti bokeh dan HDR, ponsel ini akan membuat Anda layaknya fotografer profesional.

Dari perbandingan iPhone 7 vs iPhone 7 Plus camera, dapat disimpulkan bahwa iPhone 7 Plus memiliki kamera yang lebih unggul. Oleh karena itu, wajar jika ponsel ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan iPhone 7. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!