Skip to main content

iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge: Siapa yang Terbaik?

iPhone 6 Plus VS Samsung S7 Edge: Siapa yang Terbaik?

iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge: Siapa yang Terbaik?

Sudah menjadi rahasia umum jika Apple dan Samsung saling berlomba meluncurkan produk terbaru demi memenuhi permintaan masyarakat. Tidak jarang konsumen membandingkan produk yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan, misalnya saja iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge.

Dalam tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini akan dibahas mengenai perbandingan dua smartphone tersebut dari berbagai sisi, seperti processor, kamera, baterai, fitur, dan harga. Jika Anda menaruh minat pada dua tipe smartphone tersebut, jangan lewatkan pembahasan di bawah ini!

1. Perbandingan iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge

iPhone 6 Plus merupakan smartphone keluaran Apple yang diluncurkan tahun 2014 sedangkan Samsung S7 Edge baru diperkenalkan ke publik pada tahun 2016. Kedua tipe ponsel ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama berstatus discontinued yang berarti sudah tidak diproduksi lagi.

Kendari demikian kedua ponsel tersebut pernah menjadi primadona di pasaran. Pasalnya baik iPhone 6 Plus maupun Samsung S7 Edge menawarkan spesifikasi yang luar biasa pada zamannya. Lantas, siapakah yang memenangkan persaingan? Berikut perbandingannya.

1.1. Desain dan Layar

iPhone 6 Plus hadir dengan desain berukuran 6.22 x 3.06 x 0.28 inch dan berat sekitar 172 gram. Desain yang ramping membuat ponsel ini cukup nyaman dalam genggaman. Ukuran yang tidak terlalu besar juga memungkinkan Anda untuk menaruhnya di dalam kantong tanpa kesulitan.

Selain itu, desain iPhone 6 Plus juga didukung oleh Gorilla Glass pada bagian depan sehingga Anda tidak perlu takut dengan goresan. Ditambah dengan penutup aluminium pada bagian belakang serta frame aluminium, secara garis besar smartphone ini mempunyai desain yang cukup kokoh.

Beralih ke layar, ponsel keluaran Apple ini menggunakan layar tipe IPS LCD berukuran 5.5 inch dengan dukungan resolusi 1080 x 1920 piksel. Dengan spesifikasi desain dan layar tersebut, sepertinya iPhone harus mengakui keunggulan Samsung S7 Edge.

Ponsel keluaran Korea ini memiliki desain yang lebih kompak dan ramping dengan ukuran 5.94 x 2.86 x 0.30 inch dan berat 157 gram. Proteksi layar yang diberikan oleh Samsung juga tidak main-main, antara lain Gorilla Glas 4 pada bagian muka dan belakang serta frame aluminium.

Untuk layar, Samsung juga terbilang lebih unggul karena menggunakan tipe Super AMOLED berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1440 x 2560 piksel sehingga kualitas tampilan tidak perlu diragukan lagi. Menariknya, produk Samsung ini juga tahan air dan debu berkat fitur IPS68.

1.2. Sistem Operasi dan Processor

iPhone 6 Plus bekerja dengan sistem operasi iOS 8 yang bisa diupgrade hingga iOS 12.4.6. Ponsel ini juga didukung dengan chipset keluaran Apple yang dipadukan dengan Dual-core 1.4 GHz Typhoon untuk performa maksimal.

Meskipun memori internal cukup beragam, mulai dari 16GB, 64GB, hingga 128GB, tipe ini hanya menghadirkan satu pilihan RAM, yaitu 1GB. Selain itu, perangkat juga tidak memiliki slot memory card sehingga kapasitas penyimpanan tidak dapat diupgrade.

Berbeda dengan Samsung S7 Edge, ponsel canggih ini hadir dengan kapasitas RAM yang cukup tangguh yaitu 4GB. Untuk penyimpanan internal, tipe ini menawarkan kapasitas mulai dari 32GB hingga 128GB. Tersedia slot memory card untuk upgrade kapasitas memori internal.

Terkait sistem operasi, S7 Edge bekerja dengan Android 6.0 dan bisa diupgrade hingga Android 8.0. Tersedia dua pilihan chipset, yaitu Qualcomm-Snapdragon dan Exynos dan juga dua pilihan processor yaitu Quadcore dan Octacore.

1.3. Kamera

Perbandingan iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge berikut ini juga akan membahas mengenai kamera. Dari segi resolusi, fitur, dan kemampuan merekam video, lagi-lagi iPhone harus mengakui keunggulan S7 Edge.

iPhone 6 Plus harus puas dengan kamera beresolusi 8 MP (belakang) dan 1.2 MP (depan). Fitur yang ditawarkan juga terbilang standar, seperti flash dan HDR (kamera belakang) dan deteksi wajah, HDR serta Facetime (kamera depan) dengan kemampuan merekam hingga 1080p dan 720p.

Di sisi lain, Samsung S7 Edge memuaskan konsumen dengan kamera belakang beresolusi 12 MP yang dilengkapi dengan fitur panorama, auto HDR, dan LED flash. Kamera ini juga memiliki kemampuan merekam video hingga 4K.

Bagi pecinta selfie, S7 Edge juga menghadirkan kamera 5MP dengan fitur dua video call dan auto HDR. Sayangnya kamera depan tidak mendukung untuk merekam video sehingga Anda tidak dapat merekam video menggunakan kamera depan.

1.4. Fitur

Dari segi fitur, kedua produk bersaing cukup ketat. Baik iPhone 6 Plus dan S7 Edge dilengkapi dengan fitur fingerprint dan berbagai sensor seperti akselerometer, kompas, giroskop, dan barometer. Sebagai tambahan, S7 Edge juga mempunyai sensor detak jantung.

Kedua ponsel pintar tersebut juga memiliki dukungan perintah suara. Jika iPhone 6 Plus didukung oleh Siri, pengguna Samsung dapat menggunakan S-Voice.

1.5. Baterai

Baterai merupakan salah satu kelemahan produk iPhone. Kapasitas baterai yang kecil dianggap tidak setara dengan kinerja yang ditampilkan sehingga membuat baterai kurang awet. iPhone 6 Plus ini misalnya, hanya dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 2915 mAH saja.

Sedangkan S7 Edge milik Samsung tampil lebih perkasa dengan dukungan baterai Li-Ion berkapasitas 3600 mAH yang menawarkan waktu bicara hingga 27 jam. Tersedia pula fitur pengisian daya seperti fast charging, quick charge, dan wireless charging yang tidak bisa ditemukan di iPhone 6 Plus.

Selain itu, rating daya tahan baterai Samsung juga lebih tinggi yaitu hingga 92 jam sedangkan iPhone hanya 79 jam saja. Seperti halnya perbandingan Xiaomi vs iPhone, kali ini ponsel berlogo buah apel ini juga harus rela mengakui kekalahan.

1.6. Harga

Dari segi harga, Anda mungkin sudah bisa menebak produk mana yang dibanderol dengan harga lebih mahal. Ya, tentu saja iPhone. Ponsel ini diluncurkan dengan harga 420 EUR atau sekitar 7 jutaan jika dikonversikan dengan nilai rupiah saat ini.

Sementara itu, Samsung diluncurkan dengan harga 330 EUR atau sekitar 5 jutaan jika dikonversikan dengan nilai rupiah saat ini. Jelas bahwa Samsung lebih unggul dalam masalah harga. Namun mengingat kedua produk tersebut sudah tidak diproduksi, harga bekas mungkin jauh lebih murah.

2. Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan iPhone 6 Plus vs Samsung S7 Edge di atas, terbukti bahwa S7 Edge mampu mengungguli produk keluaran Apple dari berbagai aspek, mulai dari prcssesor, desain dan layar, performa, kamera, baterai, dan harga.

iPhone 6 Plus dibanderol dengan harga yang relatif mahal, namun fitur yang ditawarkan terbilang standar, terutama dalam hal baterai dan kualitas layar. Tapi jika dilihat dari segi kamera, iPhone memang mampu memberikan kualitas jepretan yang keren walaupun dengan resolusi kecil.

Kendati demikian, kekalahan iPhone 6 Plus dirasa cukup wajar. Pasalnya smartphone yang satu ini diluncurkan dua tahun sebelum Samsung S7 Edge sehingga fitur yang ditawarkan juga belum terlalu lengkap. Produk smartphone mana yang menjadi pilihan Anda? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!