Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Daftar Kode Reset Samsung Semua Seri

Daftar Kode Reset Samsung Semua Seri
Daftar Kode Reset Samsung Semua Seri

Daftar Kode Reset Samsung Semua Seri

Kode reset Samsung terdiri dari beberapa jenis. Ada kode yang digunakan untuk melakukan resep seluruh data yang ada di dalam ponsel. Lalu ada juga kode yang digunakan untuk mengembalikan ponsel ke settingan pabrik sehingga data yang ada di dalam SD Card tidak hilang.

Setidaknya ada dua kode yang bisa dilakukan untuk factory reset atau hard reset. untuk mengetahui kode tersebut Anda bisa menyimak artikel di bawah ini dengan seksama.

TOC / Daftar Isi

Mengenal Kode Reset Samsung

Kode reset Samsung yang akan digunakan di bawah ini adalah kode khusus untuk ponsel jenis baru. Jadi, kalau Anda pakai ponsel Samsung lama, kemungkinan tidak akan bisa digunakan.

No. Jenis Kode Manfaat
1. *2767*3855# Hard reset
2. *#*#7780#*#* Factory reset

Untuk Anda yang belum mengetahui perbedaan antara factory reset dan hard reset, simak dahulu penjelasan singkatnya di bawah ini.

  1. Factory reset. Proses melakukan setting ulang pada ponsel dengan mengembalikan semua pengaturan ke settingan dari pabrik. Semua aplikasi yang ada di dalam ponsel akan terhapus dan akun di aplikasi bawaan akan melakukan logout otomatis.
  2. Hard Reset. Secara umum hampir sama dengan factory reset, hanya saja firmware atau software yang digunakan oleh ponsel juga akan di reset. Semua data pengguna yang ada di dalam ponsel akan dihapus secara total.

Dari dua jenis kode reset yang disajikan di atas, factory reset adalah yang paling aman. Namun, jika terjadi masalah pada software factory reset tidak akan bisa mengatasi masalahnya.

Jadi, gunakan kode reset Samsung sesuai dengan kebutuhan saja. Apabila masalahnya tidak serius bisa melakukan factory reset terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset jika tidak ada perubahan sama sekali.

Back to Content ↑

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Reset Hp Samsung

Sebelum melakukan reset Hp Samsung dengan menggunakan kode yang sudah ditulis di atas. Perhatikan dahulu beberapa hal penting di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Pastikan baterai ponsel masih banyak

Pastikan baterai ponsel yang akan di reset masih tersisa kurang lebih 50%. Mengapa harus tersisa banyak? Proses reset Hp tidak berjalan instan. Umumnya akan berjalan sekitar 10 sampai 15 menit tergantung dengan banyaknya memori yang tersimpan di dalamnya.

Apabila saat melakukan reset Hp Samsung baterainya habis, kemungkinan terjadi masalah pada software akan besar. Untuk itu selalu cek baterai Hp yang akan dilakukan riset terlebih dahulu. Apabila baterainya tersisa sedikit, ada baiknya dicas terlebih dahulu.

Back to Content ↑

2. Gunakan kode yang tepat

Selalu gunakan kode yang tepat saat melakukan reset baik itu hard reset atau factory reset. Kode yang salah bisa saja merusak software dari Hp atau menimbulkan masalah lain yang tidak diketahui.

Sebelum melakukan riset kenali terlebih dahulu apakah Hp yang Anda gunakan berjenis lama atau keluaran. Jika Hp yang dipakai jenis baru 2 kode yang sudah dibahas di atas bisa digunakan. Sebaliknya jika ponselnya lama, bisa pakai kode lain atau memakai cara manual.

Back to Content ↑

3. Pindah dahulu data yang penting

Jika Anda melakukan factory reset data yang berada di dalam ponsel akan dihapus. Namun, data yang berada di dalam memory card tidak akan ikut dihapus. Jika Anda melakukan hard reset, semua data kemungkinan akan dihapus tanpa terkecuali.

Menghindari adanya data penting yang terhapus secara tidak sengaja, ada baiknya dilakukan pemindahan data. Anda bisa memilih semua data penting untuk ditransfer ke flashdisk dengan menggunakan kabel OTG.

Cek lagi apakah data penting yang ada di dalam ponsel sudah dipindah semuanya. Karena jika sudah dihapus dengan cara reset tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Back to Content ↑

4. Lakukan backup data dan akun

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memindah data adalah melakukan back up. Anda bisa mengunggah beberapa data yang ukurannya tidak terlalu besar ke cloud atau situs penyimpan seperti google drive.

Setelah melakukan penyimpanan dengan cara backup ini kok ma coba buka cloud yang Anda gunakan. Cek apakah di dalamnya sudah ada data yang Anda simpan. Jika sudah ada berarti prosesnya berjalan dengan lancar. Anda bisa segera melakukan reset Hp Samsung.

Back to Content ↑

Cara Melakukan Reset Hp Samsung

Sebelum melakukan reset ada baiknya kita melihat dulu contoh kasus berikut ini. Misal Hp Samsung yang Anda gunakan mengalami lemot yang cukup parah. solusi dari masalah ini adalah melakukan factory reset agar memori internal dan ram menjadi lega.

Factory reset bisa dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Cek baterai ponsel apakah berada di atas 40% atau di bawah itu. Jika, di bawah 40% ada baiknya diisi terlebih dahulu.
  • Gunakan kode factory reset yaitu *#*#7780#*#*
  • Buka dial atau telepon lalu masukkan kode di atas. Hp Samsung biasanya akan kode reset rahasia di atas.
  • Apabila tidak ada respon sama sekali Anda bisa melanjutkan dengan menekan tombol OK atau dial.
  • Tunggu proses reset yang umumnya terjadi selama beberapa menit.
  • Jangan otak-atik Hp yang sedang dilakukan riset terlebih dahulu.
  • Setelah proses reset selesai biasanya ponsel Samsung akan melakukan restart sendiri dan Menyala.

Begitu proses reset selesai, Anda disarankan untuk mengecek ponsel dengan melihat apa saja data yang hilang, aplikasi yang terhapus, dan efek yang ditimbulkan. Apabila ponsel terasa lebih enteng berarti factory reset sudah berjalan dengan lancar.

Lalu bagaimana dengan proses hard reset apakah sama?

Proses melakukan hard reset kurang lebih sama dengan langkah di atas. Anda tetap disarankan mengisi ponsel hingga 50% baterai atau minimal 40% untuk menghindari proses reset gagal di tengah jalan.

Saat melakukan hard reset ada baiknya melepas memori eksternal atau SD card. Semua data diharapkan sudah di back up dengan baik atau dipindah ke tempat lain agar setelah reset dilakukan Anda bisa mengembalikannya.

Back to Content ↑

Reset Gagal Dilakukan?

Apakah ada kemungkinan reset Hp Samsung gagal dilakukan? Jawabannya adalah ada meski sangat kecil. Kegagalan reset biasanya disebabkan oleh firmware yang tidak mengizinkan proses reset dilakukan dengan kode tertentu.

Lalu apa yang harus dilakukan jika proses reset Hp Samsung mengalami kegagalan? Anda bisa menggunakan metode lain yaitu dengan mengakses fitur pengaturan atau setting yang ada di dalam Hp tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti aplikasi yang digunakan untuk melakukan flash dengan menyambungkannya ke PC atau laptop terlebih dahulu.

Back to Content ↑

Sebelum menggunakan kode reset Samsung Anda harus memikirkan data terlebih dahulu. Pertama, apa tujuan melakukan reset. Kedua, apa efek reset Hp Samsung terhadap data yang ada di dalamnya.

Setelah memahami dua hal tersebut Anda bisa menentukan sendiri apa metode yang dipilih. Apakah akan melakukan hard reset atau melakukan factory reset saja karena ingin melindungi data yang ada di dalamnya.

Tidak semua kode yang ada di atas berfungsi untuk semua jenis Hp Samsung. Terkadang kode hanya bisa digunakan pada Hp Samsung keluaran terbaru saja. Untuk Hp keluaran lama, sebelum melakukan reset Hp Samsung ada kode lain atau bisa dilakukan secara manual dengan mengakses fitur Setting. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!