Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus
Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Apakah Samsung adalah merk Android yang saat ini Anda gunakan? Maka sebagai pengguna, Anda wajib tahu bagaimana cara cek garansi Samsung. Memang benar bahwa service center Samsung sudah merata di berbagai wilayah Indonesia, begitu pula dengan layanan after-sales Samsung yang sangat baik.

Tapi masalahnya, banyak Hp black market merk Samsung yang masuk ke Tanah Air, yang sudah pasti tidak disertai dengan garansi resmi dari Samsung Indonesia. Artinya, garansi resmi dari service center Samsung tidak bisa diklaim jika Hp tersebut mengalami kerusakan. Cukup merugikan, bukan?

TOC / Daftar Isi

3 Cara Cek Garansi Samsung

1. Lewat IMEI

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Hp Samsung Anda mendapat garansi resmi atau tidak dari Samsung Indonesia adalah dengan mengecek nomor IMEI. IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu nomor unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan seluler.

Biasanya IMEI terdiri dari 15 digit angka, dan setiap Hp memiliki IMEI yang berbeda-beda meskipun merk dan tipenya sama. Setiap IMEI menyimpan detail lain tentang Hp Anda, seperti merek dan model, tahun rilis/tanggal pembuatan Hp, dan spesifikasi lainnya.

Secara sederhana, Anda bisa menganggap bahwa IMEI ini adalah KTP dari Hp Anda. Anda bisa cek IMEI dengan salah satu dari tiga cara berikut:

  • Dari dus/box: lihat kembali box Hp Anda dan temukan tulisan "IMEI". Barisan angka di sebelah kanan tulisan IMEI adalah identitas Hp Anda.
  • Dengan kode rahasia: tekan kode *#06# dari menu dial.
  • Dari menu settings: buka menu settings > general > about phone > cari tulisan IMEI

Setelah menemukan nomor IMEI, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Copy paste URL ini ke browser Anda: www.samsungwarrantycheck.com.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang sudah disediakan dan klik “Check”.
  • Informasi detail tentang Hp Samsung Anda akan langsung muncul termasuk masa garansi, model, dan sebagainya. Jika tidak ada info tentang garansi, kemungkinan Hp tersebut adalah BM (Black Market)/Ilegal.

Back to Content ↑

2. Hubungi Via Chat/Email/Telepon

Cara cek garansi Samsung selanjutnya adalah dengan menghubungi customer support Samsung via Whatsapp, Anda bisa klik Disini.

Sedangkan untuk live chat, Anda bisa buka http://livechat.support.samsung.com/Customer_new/ID dan isi form yang ada dengan lengkap dan benar, mulai dari nama Anda, nomor Hp Anda yang bisa dihubungi, alamat email Anda, hingga serial number dan kode model Hp Samsung Anda.

Jangan lupa juga untuk mengisi kolom "Deskripsi masalah", lalu klik "Kirim" jika sudah selesai. Anda akan mendapat balasan setelah beberapa saat, atau bisa juga dibalas ke email Anda.

Jika ingin langsung mengirim pesan via email, Anda juga bisa lakukan dengan klik Disini. Sedangkan untuk cara cek garansi Samsung yang lebih cepat, Anda bisa hubungi via telepon di nomor 0800-112-7777 atau 0800-112-8888 (Nomor kedua bebas biaya).

Back to Content ↑

3. Datang ke Service Center

Jika kebetulan Anda memiliki waktu luang, Anda bisa datang langsung ke service center resmi Samsung yang ada di kota Anda. Anda bisa langsung cari alamatnya di internet atau ikuti dua langkah berikut:

  • Buka https://www.samsung.com/id/support/service-center/ dan scroll sedikit ke bawah sampai ada tulisan "Temukan Pusat Layanan".
  • Klik tab "Mobile" dan ketik nama kota Anda di kolom "Cari lokasi", lalu tekan "Enter". Jika tidak ditemukan service center di kota Anda, Anda bisa perluas radius dengan klik 10 KM, 20 KM, 30 KM, atau 50+ KM.

Back to Content ↑

Syarat Garansi Samsung Indonesia

Tidak semua kerusakan pada Hp Anda bisa diperbaiki secara gratis oleh pihak Samsung. Inilah beberapa syarat dan ketentuan agar Anda bisa mengklaim garansi Samsung tanpa perlu membayar:

  • Masa garansi resmi yang diberikan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia belum habis (1 tahun sejak pembelian kondisi baru). Jika masa garansi sudah habis, Anda tidak bisa melakukan klaim gratis meskipun Anda belum pernah melakukan klaim sebelumnya.
  • Jika Anda membeli Hp dalam kondisi bekas yang sudah digunakan lebih dari 1 tahun, maka Anda sudah tidak mendapat jatah garansi meskipun Hp tersebut terhitung baru Anda beli.
  • Garansi tersebut benar-benar diberikan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia, bukan pihak lain misalnya konter atau mall, dan garansi ini hanya bisa diklaim di dalam negeri.
  • Jika ingin mengklaim garansi gratis, Anda harus bisa memberikan bukti kartu garansi dan nota pembelian dari Hp tersebut.
  • Garansi hanya berlaku jika smartphone Samsung Anda dibeli dari dalam negeri, baik di konter, mall, ataupun lainnya. Jadi jika Anda membeli Samsung dari luar negeri, garansi hanya bisa diklaim di negara asalnya, bukan di Indonesia.
  • Garansi gratis ini hanya bisa dilakukan di service center resmi Samsung, bukan di cuonter.

Back to Content ↑

Penyebab Garansi Hangus

Ada perbaikan tertentu yang tidak sepenuhnya gratis meskipun Hp Anda masih dalam masa garansi. Inilah beberapa alasanya:

  • Software dan/atau hardware Hp Samsung Anda telah dimodifikasi (oleh Anda sendiri ataupun pihak lain), yang menyebabkan ketidak aslian dari perangkat tersebut.
  • Hp Anda mengalami kerusakan karena force majeure (keadaan/kondisi yang tiba-tiba terjadi di luar kemampuan manusia dan menyebabkan kerugian tak terhindarkan), misalnya perang, huru-hara, banjir, kebakaran, tanah longsor, tsunami, dll.
  • Ada kolom kosong di bagian kartu garansi Anda (kartu tidak terisi lengkap), misalnya di bagian model, nomor seri, IMEI, atau lainnya. Jika semua bagian sudah terisi tapi ada yang tidak sama dengan aslinya, misalkan salah dua digit angka, maka garansi juga bisa hangus.
  • Hp Anda sudah pernah dibongkar/dibuka/diperbaiki oleh pihak lain atau teknisi counter yang bukan dari service center resmi Samsung Indonesia, sehingga Hp tersebut sudah tidak bersegel.
  • Ada komponen/spare part/bagian tertentu dari hardware Hp Anda yang sudah pernah diganti oleh pihak di luar Samsung Indonesia.
  • Kerusakan Hp disebabkan oleh kelalaian/kecerobohan/kesalahan Anda sendiri (human error). Misalnya Anda menggunakan Hp tidak sesuai dengan manual book, atau Anda sengaja membawa Hp saat berenang.
  • Human error yang membuat garansi hangus juga bisa karena ketidaksengajaan, misalnya Hp tidak sengaja jatuh dan layarnya pecah, Hp terkena air/minuman, terjadi konslet pada listrik rumah padahal Hp sedang di charge, Hp disimpan di kantong belakang dan tertindih, dll.
  • Jika Hp Anda hilang, Anda juga tidak bisa meminta ganti rugi pada pihak Samsung, bahkan jika umur Hp tersebut baru 1 minggu atau bahkan 1 hari.

Back to Content ↑

Informasi Lainnya

  • Jika ternyata ada komponen Hp Anda yang perlu diganti, maka jangka waktunya bisa cepat atau sangat lama (hingga berbulan-bulan) tergantung pada stok komponen.
  • Jika Hp masih dalam keadaan bisa dinyalakan saat akan dibawa ke service center, sebaiknya lakukan back up data, karena pihak Samsung tidak akan bertanggung jawab jika ada data yang corrupt atau hilang setelah diservis.

Back to Content ↑

Ada beberapa cara cek garansi Samsung yang bisa Anda coba, semuanya termasuk mudah dan gratis. Tapi sebelum mengklaim garansi, cek dulu ya apakah Hp Anda sudah memenuhi syarat klaim garansi dari Samsung Indonesia atau belum. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!