Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

11+ Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

11+ Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik
FlipaClip

11+ Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Banyak diantara kita yang pengen belajar cara membuat video animasi, namun kebanyakan bingung harus mulai dari mana apalagi kalau masih pemula. Tenang, sebab saat ini sudah banyak banget aplikasi pembuat video animasi gratis dan gampang digunakan.

Membuat video animasi juga salah satu cara berkarya di Platform Youtube, apabila Anda malu menampakan diri di depan kamera. Di Indonesia sendiri ada banyak Youtuber animasi keren yang memiliki views banyak bahkan sampai ada yang jutaan. Salah satunya Dalang Pelo dan Animasinopal.

TOC / Daftar Isi

11+ Aplikasi Pembuat Video Animasi

Bagi Anda yang mau seperti mereka, Kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik yang gampang digunakan untuk membuat video animasi, seperti:

Back to Content ↑

1. FlipaClip

Aplikasi pertama yang Kami rekomendasikan untuk membuat video animasi adalah FlipaClip. Meskipun aplikasi di digunakan pada perangkat Android, namun sual kemampuan Anda tidak perlu meragukannya.

User interface dari aplikasi ini bahkan sangat simpel, dimana penggunanya dapat membuat sketsa, animasi, storyboard dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengekspor animasi buatan Anda ke berbagai bentuk format seperti GIF maupun MP4. Bahkan Anda bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

2. Draw Cartoons 2

Aplikasi pembuat video animasi selanjutnya bernama Draw Cartoons 2. Aplikasi memudahkan Anda apabila tidak mau menggambar sendiri. Pasalnya aplikasi ini menyediakan berbagai macam template karakter yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan karakter yang bisa Anda pilih untuk dimasukkan dan di atur pergerakannya dari karakter tersebut pada tiap framenya.

Bahkan dengan aplikasi ini, Anda juga dapat memasukkan voice over dan musik sesuai keinginan Anda. Untuk selanjutnya Anda dapat mengkonversi ke video dalam bentuk format MP4.

Back to Content ↑

3. Stick Nodes

Banyak diantara kita pasti tahu bahkan paham dengan karakter stickman. Karakter yang satu ini telah diadaptasi dalam berbagai media salah satunya gae stickam sampai animasinya.

Dengan aplikasi Stick Nodes yang menyediakan berbagai macam fitur, Anda dapat membuat animasi stickman sendiri dengan gampang. Hampir sama dengan sebelum nya, dimana Anda cukup menggerakkan karakter stickman di setiap framenya supaya menghasilkan suatu gerakan.

Aplikasi pembuat video animasi yang satu ini juga bisa melakukan ekspor animasi ke dalam bentuk format GIF. Namun sayangnya, untuk mengekspor ke dalam format MP4 lengkap dengan musik, Anda harus menggunakan layanan versi Pro terlebih dahulu.

Back to Content ↑

4. Pencil2D Animation

Bagi Anda yang mau membuat animasi 2D atau 2 dimensi baik menggunakan perangkat PC maupun laptop bisa memakai aplikasi Pencil 2D Animation. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula pasalnya gampang untuk di pahami.

Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat menggambar komik, sehingga skill Anda bisa di upgrade dengan cara merubahnya menjadi gambar bergerak. Apalagi kalau Anda sudah mahir dalam memakai pen tablet.

Aplikasi ini sepenuhnya bisa Anda gunakan secara gratis. Selain itu, Pencil 2D Animation juga menyediakan untuk berbagai sistem operasi seperti untuk pengguna Linux, MacOS, dan Windows.

Back to Content ↑

5. Animaker

Aplikasi pembuat video animasi berikut bernama Animaker. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis, dan yang pasti cocok untuk seorang pemula. Pasalnya aplikasi ini sangat gampang untuk di pahami.

Dengan aplikasi Animaker Anda dapat membuat 6 jenis video animasi. Seperti infografik, typography, animasi 2D, dan whiteboard.

Animaker juga sangat cocok dipakai Anda yang ingin membuat video animasi dalam waktu singkat. Apalagi aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan fitur video layouts dan Full Hd yang bisa Anda pilih.

Back to Content ↑

6. Synfig Studio

Synfig Studio sendiri memiliki mekanisme yang hampir sama dengan Pencil2D diatas. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis dan tidak perlu berlangganan.

Meskipun banyak bilang kalau interfacenya masih jadul, namun aplikasi ini menyediakan video tutorial training yang tersedia pada laman resminya. Selain itu, aplikasi ini juga membekali beberapa fitur menarik lainnya seperti Layer and Filter Bone Movement, dan Vector Tweening untuk menggerakan animasi tersebut.

Bagi Anda yang sedang merintis channel Youtube dengan tema animasi bercerita seperti Dalang pelo, maka Anda dapat memakai aplikasi ini.

Back to Content ↑

7. OpenToonz

Aplikasi pembuat video animasi selanjutnya bernama OpenToonz. Aplikasi ini sebenarnya pengembangan dari atau kustomisasi dari aplikasi animasi 2D bernama Toonz yang memang sifatnya open source.

Perlu Anda tahu, jika beberapa film animasi studio ghibli seperti The Secret World of Arrietty dan Princess Mononoke dibuat dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur menarik seperti Effects, GTS, dan KumoWorks. Bahkan animasi terkenal asal negeri sakura juga menggunakan aplikasi ini. Karena bersifat open source, OpenToonz bisa Anda download secara gratis untuk para pengguna Mac OS dan Windows.

Back to Content ↑

8. Blender

Bagi Anda yang mau membuat video animasi 3D, bingung mau menggunakan aplikasi apa yang tepat. Maka Kami rekomendasikan aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis, dia bernama Blender.

Tidak hanya untuk pemula, aplikasi Blender juga masih dipakai oleh para pembuat video animasi profesional dengan berbagai kebutuhan mereka.

Aplikasi ini juga bisa membuat 3D modelling, motion tracking, membuat game dan lain sebagainya. Aplikasi Blender juga tersedia untuk beberapa perangkat dengan sistem OS seperti Windows, MacOS dan Linux.

Back to Content ↑

9. Adobe Character Animator

Aplikasi pembuat video animasi selanjutnya bernama Adobe Character Animator. Aplikasi ini bisa bisa dikatakan powerfull dan paling lengkap.

Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat gambar animasi sesuai karakter yang Anda inginkan dengan cepat dan gampang.

Bahkan hanya cuma moal mic sama kamera saja. Nantinya wajah karakter tersebut akan mengikuti suara dan ekspresi wajah Anda. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, pastinya Anda harus membayar $52.99 setiap bulannya.

Back to Content ↑

10. Animate Me

Bagi Anda yang mau membuat karya video animasi, aplikasi yang Kami rekomendasikan selanjutnya adalah Animate Me. Aplikasi ini akan mengajarkan Anda cara membuat animasi 3D.

Selain itu, dengan aplikasi ini Anda juga akan diajari cara menggerakkan sebuah karakter animasi dengan menggunakan fitur panel pengarah navigasi.

Panel tersebut dapat memuat berbagai macam bentuk arah gerakan layaknya di film animasi 3D misalnya berjalan, melompat, berlari, berbicara hingga sampai menari.

Back to Content ↑

11. Toontastic 3D

Aplikasi pembuat video animasi selanjutnya bernama Toontastic 3D. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google LLC, yang bisa juga dipakai untuk membuat film melalui perangkat ponsel.

Aplikasi ini menyediakan berbagai berbagai macam fitur seperti dubbing, objek, latar belakang sehingga karakter animasi yang Anda buat bisa kaya kenyataan.

Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan kustomisasi wajah karakter dengan foto-foto yang ada di galeri ponsel Anda.

Back to Content ↑

Membuat video animasi baik 2D maupun 3D tidaklah sulit, sebab Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi pembuat video animasi di atas yang sudah Kami rekomendasikan.

Namun Kami pastikan, kalau Anda seorang pemula pasti akan merasakan kesulitan dalam membuatnya. Namun jangan khawatir, kalau sudah terbiasa akan mudah kok. Nantinya kalau sudah mahir dan skill meningkat, Anda dapat membuat animasi yang keren. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!