Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Backup Data iPhone yang Mati Total Bebas Repot

Cara Backup Data iPhone yang Mati Total Bebas Repot
Cara Backup Data iPhone yang Mati Total Bebas Repot

Cara Backup Data iPhone yang Mati Total Bebas Repot

Karena berbagai alasan, iPhone bisa mati total secara tiba-tiba. Dalam kondisi ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyelamatkan data dalam ponsel. Kabar baiknya, backup data tetap dapat dilakukan meskipun ponsel tidak menyala. Bagaimana cara backup data iPhone yang mati total?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memulihkan data pada ponsel iPhone yang mati total, yaitu melalui iTunes dan iCloud. Namun perlu diingat bahwa sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, data harus dicadangkan agar dapat diakses kembali melalui perangkat lain.

TOC / Daftar Isi

2 Cara Memulihkan Data iPhone yang Mati Total

Untuk mengembalikan data pada ponsel yang rusak atau mati total, cara yang paling mudah adalah dengan mengakses media penyimpanan cadangan. Secara default, iPhone akan melakukan backup otomatis secara berkala. Dari sini, data yang tersimpan dapat diakses kembali.

Cara backup data iPhone dalam kondisi rusak atau mati total juga terbilang mudah.

Back to Content ↑

Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Akses Penyimpanan iCloud

iCloud dapat menyimpan berbagai jenis data, mulai dari gambar, kontak, kalender, dan lain sebagainya. Untuk bisa mendapatkan kembali data yang tersimpan di iCloud, ikuti langkah-langkah singkat berikut ini:

  • Buka browser pada komputer, kemudian login ke akun iCloud menggunakan Apple ID dan password.
  • Pilih kategori data yang ingin diambil, misalnya foto.
  • Tentukan file yang akan di backup di komputer, lalu pilih opsi Download yang terletak pada bagian atas dengan ikon awan dan anak panah.
  • Jika diminta, klik Download sekali lagi.
  • File yang dipilih akan diunduh ke komputer.

Metode ini juga bisa dipilih sebagai cara backup data iphone lama ke iphone baru. Namun jika menggunakan iPhone baru, akses iCloud langsung dari ponsel tersebut dan masuk ke menu Apps & Data untuk memulihkan data dari ponsel lama.

Back to Content ↑

2. Cek iTunes

Cara backup data iPhone yang mati total selanjutnya adalah melalui iTunes. Melalui iTunes, data dapat dicadangkan ke komputer. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengecek iTunes terutama jika sebelumnya data telah dicadangkan secara berkala.

Untuk mengecek iTunes, lakukan langkah di bawah ini:

  • Buka iTunes melalui komputer.
  • Klik menu Edit, lalu pilih Preferences.
  • Pilih menu Devices.
  • Data iPhone yang rutin dicadangkan akan muncul pada menu Devices Backups. Tertera pula waktu dan tanggal pencadangan terakhir.
  • Jika perangkat muncul, besar kemungkinan data dapat dipulihkan kembali.

Sayangnya, data tidak dapat diambil begitu saja dari iTunes. Dibutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil data ke komputer. Aplikasi yang bisa digunakan adalah iBackup Viewer. Caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut ini:

  • Download dan instal aplikasi iBackup Viewer pada komputer.
  • Ketika sudah terinstal, jalankan aplikasi. iBackup Viewer akan memperlihatkan data backup yang tersimpan pada ponsel.
  • Klik data backup tersebut, kemudian pilih kategori file yang ingin diselamatkan seperti foto, kontak, kalender, dan lain sebagainya.
  • Pilih file yang ingin diunduh. Untuk versi gratis, aplikasi ini hanya bisa mengunduh 10 foto saja dalam satu kali pengambilan.
  • Setelah menentukan file, pilih tombol Export lalu pilih Selected.
  • Pilih folder untuk menyimpan file yang didownload, kemudian klik OK.
  • Tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

Untuk memastikan file benar-benar tersimpan di komputer, cek folder tempat penyimpanan. Ulangi langkah diatas untuk mengunduh file yang lainnya.

Back to Content ↑

Dengan mengetahui cara backup data iPhone yang mati total, Anda bisa mengembalikan data yang tersimpan tanpa ribet. Namun pastikan untuk melakukan backup secara berkala untuk menghindari hilangnya data saat ponsel mati total. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!