Skip to main content

Cara Backup Data iPhone ke Google Drive Tanpa Repot

Cara Backup Data iPhone ke Google Drive Tanpa Repot

Cara Backup Data iPhone ke Google Drive Tanpa Repot

Google Drive menjadi salah satu media penyimpanan populer untuk backup data iPhone. Media penyimpanan berbasis cloud ini sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Lantas, bagaimana cara backup data iPhone ke Google Drive? Bagaimana pula cara restore data yang telah tersimpan?

Beruntung, mencadangkan data ke Google Drive tidak membutuhkan langkah yang rumit. Begitu pula untuk memulihkan data tersebut ke perangkat lain. Untuk lebih lengkapnya, jangan lewatkan pembahasan berikut!

1. Cara Backup Data ke Google Drive

Sebelum melakukan backup data ke Google Drive, pastikan iPhone terhubung dengan jaringan internet. Sangat disarankan untuk menggunakan Wi-Fi karena cenderung lebih cepat dan stabil. Pasalnya, kecepatan internet akan mempengaruhi kecepatan pencadangan.

Cara backup data iPhone ke akun Google Drive sangat mudah, bahkan untuk pemula. Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi Google Drive pada perangkat iPhone.
  • Pada sudut kiri atas, pilih icon Menu berupa tiga garis horizontal.
  • Pada bagian atas layar, ketuk opsi Setelan, lalu pilih Cadangan.
  • Ketuk Mulai Cadangan
  • Google Drive akan mulai melakukan backup data yang tersimpan pada iPhone. Tunggu hingga proses selesai.

Selama proses backup, pastikan iPhone tetap terhubung dengan jaringan internet. Setelah proses pencadangan selesai, cek apakah seluruh konten telah berhasil di backup di Google Drive.

Metode ini juga bisa dipilih sebagai cara backup data iPhone yang mati total. Dengan rutin melakukan backup ke Google Drive, data tetap dapat terselamatkan meskipun iPhone rusak atau tidak bisa berfungsi sama sekali.

2. Cara Restore dari Google Drive

Setelah mengetahui cara backup data iPhone ke Google Drive, kini saatnya untuk mempelajari cara restore data tersebut. Karena Google Drive merupakan media penyimpanan cloud, data dapat diunduh melalui perangkat lain, termasuk komputer dan iPhone lain.

Berikut ini cara mengunduh folder pada Google Drive melalui iPhone:

  • Jalankan aplikasi Google Drive pada iPhone.
  • Pilih folder yang ingin diunduh. Ketuk ikon tiga titik yang terletak pada sudut kanan atas layar.
  • Ketuk Select All untuk mengunduh seluruh konten di dalam folder tersebut.
  • Selanjutnya pilih ikon tiga titik pada sudut kanan bawah, ketuk opsi Make Available Offline.

Dengan memilih opsi tersebut, konten akan tersimpan di iPhone dan dapat dilihat tanpa koneksi internet. Ulangi langkah di atas untuk folder lain karena cara tersebut tidak bisa digunakan untuk mengunduh berkas terpisah.

3. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika melakukan pencadangan ke Google Drive, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • 3.1. Hanya Data Terbaru yang Dicadangkan

    Jika mencadangkan beberapa kali, hanya data terbaru yang akan dicadangkan. Dengan kata lain, data lama akan ditimpa dengan data baru.

  • 3.2. Kapasitas Terbatas

    Google Drive menyediakan kapasitas gratis sebesar 15GB. Pastikan hanya mencadangkan data file yang penting supaya kapasitas Google Drive tidak terlalu penuh.

  • 3.3. Kontak dan Kalender dari Facebook Tidak Dicadangkan

    Google Drive tidak mencadangkan kontak dan kalender dari berbagai layanan seperti Facebook atau Exchange. Kontak mungkin masih bisa diakses dengan membuka aplikasi tersebut.

  • 3.4. Jika Backup Tidak Selesai

    Apabila proses backup tidak selesai, akan muncul notifikasi Pencadangan tidak selesai. Hal ini berarti sebagian atau seluruh konten belum dicadangkan. Coba ulangi pencadangan atau update Google Drive.

Singkatnya, mempelajari cara backup data iPhone ke Google Drive bisa menjadi solusi untuk mengamankan data. Ketika iPhone mengalami kerusakan, data tetap dapat diakses melalui perangkat lain. Namun pastikan untuk melakukan update secara berkala agar data selalu terbarukan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!