Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes: Bebas Ribet!

Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes: Bebas Ribet!
Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes: Bebas Ribet!

Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes: Bebas Ribet!

Backup data melalui iTunes sangat populer di kalangan pengguna iPhone. Meskipun demikian, sebenarnya Apple menghadirkan berbagai metode lain untuk backup file seperti foto, dokumen, musik, hingga aplikasi. Bagaimana cara backup data iPhone tanpa iTunes?

Caranya sangat mudah. Meskipun tidak menggunakan iTunes, data pada perangkat iPhone dijamin aman dan dapat diakses kapan saja dari berbagai perangkat. Dapatkan informasi lengkap cara backup data iPhone tanpa menggunakan iTunes di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

2 Cara Backup Data iPhone tanpa Melalui iTunes

Setidaknya ada dua metode backup data iPhone yang bisa dilakukan tanpa iTunes. Cara pertama adalah menggunakan iCloud yang merupakan media penyimpanan resmi dari Apple. Selain itu, data juga dapat di backup ke Google Drive agar dapat diakses melalui perangkat lain.

Back to Content ↑

1. Cara Backup Data via iCloud

Pengguna iPhone pasti sudah sangat akrab dengan iCloud. Media penyimpanan berbasis cloud ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, dokumen, dan aplikasi. File yang diunggah ke iCloud akan tersimpan dengan aman dan dapat diakses melalui koneksi internet.

Kapasitas yang dimiliki oleh iCloud adalah sebesar 5GB untuk penyimpanan gratis. Namun, iCloud selalu memperbarui file yang tersimpan pada perangkat. Dengan kata lain, file lama akan ditimpa dengan file baru saat iPhone melakukan backup.

Untuk backup data iPhone melalui iCloud, berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  • Pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet. Agar proses backup lebih lancar dan cepat, gunakan jaringan Wi-Fi.
  • Buka Pengaturan, lalu pilih nama Anda.
  • Langkah selanjutnya, ketuk pada iCloud kemudian pilih Cadangan iCloud.
  • Geser tombol di samping Cadangan iCloud ke arah kanan untuk mengaktifkan backup otomatis.
  • Selanjutnya, ketuk Cadangkan Sekarang.
  • Perangkat akan memulai proses backup. Tunggu hingga selesai.

Setelah selesai, periksa bagian bawah judul Cadangkan Sekarang. Pastikan waktu dan tanggal pencadangan sesuai dengan tanggal terakhir kali Anda melakukan backup, yang berarti proses backup telah berhasil.

Dengan mengaktifkan tombol Cadangan iCloud, berarti Anda telah mengaktifkan pencadangan otomatis. Hal ini berarti iPhone otomatis akan melakukan backup secara berkala.

Back to Content ↑

2. Cara Backup Data via Google Drive

Google Drive merupakan media penyimpanan berbasis cloud, seperti halnya iCloud yang dimiliki oleh Apple. Karena data file tersimpan di cloud, data tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama perangkat terhubung dengan koneksi internet.

Menyimpan melalui Google Drive bisa menjadi alternatif cara backup data iPhone tanpa iTunes. Selain mudah dalam hal penyimpanan, Google Drive juga memudahkan Anda untuk berbagi file dengan teman atau keluarga.

Berikut ini langkah mudah untuk backup data via Google Drive:

  • Install dan buka aplikasi Google Drive pada perangkat iPhone.
  • Ketuk Menu yang terletak pada sudut kiri atas dengan icon tiga garis bersusun horizontal.
  • Ketuk Setelan pada bagian atas layar, kemudian pilih Cadangan.
  • Selanjutnya pilih Mulai Cadangan.
  • Proses pencadangan dari iPhone ke Google Drive akan segera dilakukan. Tunggu hingga selesai.

Selama pencadangan, pastikan iPhone terhubung dengan jaringan internet. Kecepatan backup data bergantung pada koneksi internet sehingga penting untuk mencari jaringan yang stabil dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, kapasitas file juga berpengaruh pada cepat lambatnya proses backup. Semakin banyak data yang dicadangkan, semakin lama waktu yang dibutuhkan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencadangkan data yang benar-benar penting.

Back to Content ↑

Cara Transfer Data dari iCloud ke iPhone dan Komputer

Keuntungan dari melakukan backup secara rutin adalah data tersimpan dengan aman dan dapat ditransfer ke berbagai perangkat saat dibutuhkan. Misalnya ketika membeli iPhone baru atau iPhone mengalami kerusakan dan mati total, maka data tidak akan hilang.

Transfer data dari iCloud ke iPhone terbilang mudah. Cara backup data iPhone ke laptop dan PC juga hampir sama. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan perangkat iPhone baru. Ikuti pengaturan awal, kemudian tentukan jaringan Wi-Fi untuk disambungkan dengan ponsel.
  • Pada bagian Apps & Data, pilih Restore from iCloud Backup.
  • Login dengan Apple ID dan password, kemudian pilih versi backup yang diinginkan.
  • Tunggu proses transfer data hingga selesai.

Bagaimana cara transfer data dari iCloud ke komputer? Berikut langkah mudahnya:

  • Buka iCloud dari komputer, lalu login menggunakan Apple ID dan password.
  • Klik pada menu Foto, selanjutnya pilih foto atau video yang ingin ditransfer ke komputer.
  • Setelah menentukan foto dan video, klik dan tahan tombol Unduh dengan ikon awan dan anak panah.
  • Pilih versi file yang ingin disimpan, antara Asli dan Paling Kompatibel.
  • Klik Unduh. File akan diunduh dalam bentuk arsip ZIP.

Back to Content ↑

Meskipun iTunes menjadi andalan banyak pengguna iPhone untuk backup data, iCloud dan Google Drive bisa menjadi alternatif cara backup data iPhone tanpa iTunes. Agar proses pencadangan berjalan lancar, pastikan ponsel terhubung dengan internet berkecepatan tinggi dan stabil. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!