Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

6 Cara Mengatasi Youtube Masalah Server 503 dan Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Youtube Masalah Server 503 dan Penyebabnya
Youtube Server 503

6 Cara Mengatasi Youtube Masalah Server 503 dan Penyebabnya

Saat koneksi internet kita baik-baik saja tetapi Anda tidak bisa mengakses Youtube, bisa jadi hal itu disebabkan oleh Youtube Masalah Server 503. Jika sudah begitu, tentu kita tidak bisa menikmati konten video yang ada di dalamnya. Bahkan untuk upload video saja juga tidak bisa.

Sebenarnya, ada banyak error yang sering kita jumpai saat mengakses sebuah website, seperti error 404, error 500, atau error 503 itu sendiri. Lantas, apakah yang menyebabkan error tersebut bisa terjadi? Untuk menemukan jawabannya, silahkan simak artikel ini hingga akhir.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Cara Mengatasi Youtube Error dan Penyebabnya

Apa Itu Youtube Masalah Server 503?

Banyak pengguna internet hanya tahu error 404 – halaman tidak ditemukan. Error ini terjadi ketika browser yang Anda gunakan tidak dapat menemukan situs atau file yang dituju. Hal itu bisa disebabkan karena konten yang bersangkutan telah diubah, terjadi kerusakan, atau sudah hilang.

Sedangkan Youtube Masalah server 503 biasanya terjadi lantaran server dari pihak Youtube mengalami down sehingga pengguna tidak dapat mengakses Youtube sekalipun koneksi yang digunakannya tidak mengalami kendala.

Perlu Anda ketahui, pesan error yang menampilkan angka 400 hingga 499 biasanya terjadi karena adanya permasalahan pada client server. Sedangkan error dengan angka 500 hingga 599 menunjukkan permasalahan pada server web atau dalam kasus ini adalah server milik Youtube.

Youtube sendiri pernah mengalami beberapa kali masalah pada servernya. Hal itu terjadi ketika gelaran piala Dunia 2018 lalu saat Kroasia bertanding melawan Inggris. 10 tahun sebelumnya, yaitu di tahun 2008, terjadi hal senada saat video anti-Islam mencuat di platform Youtube.

Hal itu membuat Otoritas Telekomunikasi Pakistan menghentikan akses ke situs tersebut di negaranya. Aksi ini secara tidak sengaja justru membuat akses pengguna internet dunia ke Youtube menjadi terganggu sehingga membuat server Youtube menjadi down.

Back to Content ↑

Penyebab Youtube Masalah Server 503

Bagaimana perusahaan sekelas Youtube bisa mengalami masalah ini? Bukankah Youtube memiliki infrastruktur yang memadai dalam menjalankan layanan video streamingnya? Sebenarnya, masalah ini pernah dialami oleh Youtube beberapa kali.

Seperti saat gelaran Piala Dunia 2018 silam, server Youtube mengalami down pada pertandingan Kroasia melawan Inggris dan terjadi selama 40 menit. Hal senada juga pernah mereka alami 10 tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2008.

Kali ini dipicu oleh adanya video anti-Islam yang disinyalir ada di platform Youtube. Hal ini menyebabkan Otoritas Telekomunikasi Pakistan memblokir situs ini di negaranya, tetapi justru berdampak pada pengguna internet di seluruh dunia.

Hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya Youtube Masalah Server 503 biasanya dipicu beberapa masalah berikut:

  • Server Web, dalam hal ini Youtube, mengalami kelebihan beban atas besarnya lalu lintas pengguna internet yang ingin mengaksesnya. Hal ini bisa dipicu karena adanya video yang begitu dinantikan publik dunia dan diakses secara bersama-sama.
  • Penggunaan resources terlalu tinggi.
  • Adanya serangan malware atau virus pada DdoS.

Back to Content ↑

Masalah Lain Yang Sering Muncul di Youtube

Tidak hanya Youtube Masalah Server 503 saja yang bisa terjadi pada situs penyedia layanan video terbesar milik Google ini, Anda juga bisa mengalam beberapa masalah seperti berikut ini:

  • Server Internal 500 Error.
  • Browser tidak bisa mengenali semua format video yang ada.
  • Pesan permohonan maaf karena terjadi kesalahan.
  • Domain suatu situs yang belum dilakukan propagasi ke DNS yang digunakan
  • Koneksi yang tidak stabil atau bandwithnya terlalu rendah.
  • Error 404.

Back to Content ↑

Cara Mengatasi Youtube Masalah Server 503 dan Error Lainnya

Jika terjadi error 503 pada saat mengakses Youtube, pihak yang bisa mengatasinya hanyalah Youtube sendiri. Anda hanya bisa menunggu sampai masalah tersebut teratasi. Biasanya pihak Youtube memerlukan waktu 1 hingga 5 jam untuk menanganinya.

Jika Anda sedang mengelola sebuah website dan menemukan error 503, maka Anda juga bisa mencoba cara berikut:

Back to Content ↑

1. Mulai Ulang (Restart) Server

Error 503 bisa terjadi jika terdapat hambatan pada hosting aplikasi sehingga cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan restart server. Nantinya, keluar masuk ke website akan kembali normal tanpa ada lagi pesan error 503.

Back to Content ↑

2. Matikan Semua Plugin

Adanya plugin yang terlalu banyak dalam sebuah panel pengelolaan hosting bisa jadi sebab terjadinya error 503. Hal itu bisa membuat akses ke website menjadi berat dan memungkinkan juga terjadinya file corrupt.

Untuk itu, Anda bisa menonaktifkan plugin yang tidak terlalu penting serta melakukan pengecekan secara berkala serta melakukan rename direktori agar semua plugin bisa langsung nonaktif seketika, lalu Anda bisa pilih plugin mana yang ingin diaktifkan.

Back to Content ↑

3. Atur Tema ke Default

Tema yang terlalu berat bisa membuat halaman website sulit dijangkau sehingga pesan error 503 akan muncul. Biasanya ini terjadi ketika koneksi juga tidak dalam keadaan yang lancar. Oleh karena itu, gunakanlah tema-tema yang ringan dan tidak butuh akses yang lama.

Back to Content ↑

4. Periksa Log

Jika Anda melakukan update pada website, semua aktivitas di dalamnya akan tercatat di dalam log. Silahkan bersihkan log Anda untuk membuatnya lebih lega dan memperlancar akses ke dalam website yang bersangkutan.

Log terlalu penuh bisa saja terjadi akibat penggunaan panel pengelolaan website yang sudah lama digunakan, apalagi jika frekuensi aktivitasnya tinggi sehingga menghasilkan catatn log yang banyak dan bisa memenuhi memori.

Back to Content ↑

5. Atur Firewall

Firewall atau dinding pengaman untuk membatasi akses ke website Anda bisa jadi penyebab error 503. Maka dari itu, silahkan tinjau kembali pengaturan pada firewall ke website Anda dan atur ulang penerapan firewall tersebut.

Back to Content ↑

6. Update Website

Pastikan website Anda selalu diupdate dan tetap melakukan maintenance secara berkala. Hal itu untuk menyesuaikan perubahan-perubahan yang mungkin saja terjadi di ekosistem website.

Selain permasalahan tersebut, Anda juga bisa mengatasi permasalahan error 404 atau error 500 menggunakan beberapa cara berikut:

  • Cobalah untuk memuat ulang halaman (reload) dengan cara tekan Ctrl + R atau klik kanan pada space kosong di halaman situs, lalu pilih Reload.
  • Keluarkan semua tab browser kecuali tab untuk mengakses Youtube atau situs-situs yang menunjukkan error 503, error 404, error 500, dll.
  • Gunakan Google Chrome sebagai browser untuk mengakses Youtube atau situs-situs yang bermasalah.
  • Update Chrome jika masih menggunakan versi yang lama.
  • Menghapus file cache yang ada di browser Anda. Anda bisa menggunakan cara manual atau melalui bantuan aplikasi CCleaner jika diperlukan.
  • Restart browser yang digunakan untuk mengakses Youtube atau situs yang bermasalah.
  • Restart router di rumah Anda.
  • Restart komputer yang Anda gunakan.
  • Jika di ekstensi Google Chrome Anda terdapat YouTube Flash Video Player 57.0, silakan hapus ekstensi tersebut.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Youtube masalah server 503 bisa terjadi karena adanya gangguan pada server mereka. Untuk itu, Anda hanya perlu menunggu sampai pihak Youtube menangani permasalahan pada server mereka. Terima Kasih dan Semoga bermanfaat!

Back to Content ↑