Skip to main content

5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel Tanpa Ribet

 5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel Tanpa Ribet
5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel Tanpa Ribet

5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel Tanpa Ribet

Semakin berkembangnya zaman kebutuhan akan internet sangatlah tinggi, termasuk kebutuhan online di setiap waktu. Provider seperti Telkomsel sudah menyediakan paket darurat, dimana bisa diaktifkan saat keadaan terdesak. Cara aktifkan paket darurat Telkomsel ini juga sangatlah mudah.

Namun terlebih dahulu Anda harus masuk ke kriteria pengguna yang bisa mengaktifkannya, seperti saat tidak memiliki kuota, pulsa habis, pengguna tetap Telkomsel, dan beberapa ketentuan lainnya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Cara Mengecek Poin Telkomsel

Apa Itu Paket Darurat Telkomsel?

Paket darurat merupakan fitur khusus yang disediakan Telkomsel untuk penggunanya, dimana paket ini dapat diaktifkan di keadaan yang benar-benar darurat. Terutama saat Anda butuh koneksi internet, namun tidak bisa membeli pulsa atau paket secara langsung di konter terdekat.

Paket darurat sebenarnya dapat digunakan oleh semua pengguna Telkomsel, namun tetap terdapat beberapa kriteria khusus. Bukan hanya pengguna tetap Telkomsel saja, tetapi terdapat penilaian khusus yang dibuat Telkomsel berdasarkan penggunaan Anda.

Disini akan ditentukan seberapa besar paket darurat yang bisa Anda aktifkan, baik 100MB, 200MB, 500MB, dan lain sebagainya. Umumnya paket darurat juga hanya bisa aktif selama satu hari hingga satu minggu saja.

Back to Content ↑

5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan paket ini, mulai dari dengan kode dial, SMS, ataupun melalui aplikasi MyTelkomsel. Setidaknya terdapat 5 cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Menggunakan Kode Dial atau UMB

Menggunakan kode dial pastinya menjadi cara utama yang bisa dilakukan, karena cara ini sangatlah cepat dan juga mudah. Berikut adalah tahapan cara mengaktifkan paket darurat melalui kode dial:

  • Masuklah ke menu panggilan di telepon Anda terlebih dahulu, ketikkan *500*5# dan proses USSD akan berjalan.
  • Tunggulah hingga menu informasi paket darurat muncul, bila tidak muncul maka Anda belum masuk ke kriteria pengguna yang butuh paket darurat.
  • Namun bila muncul menu paket darurat, Anda bisa melihat jumlah paket yang bisa Anda ambil. Baik paket telepon, SMS, ataupun paket internet.
  • Bila Anda setuju dengan penawaran paket darurat dari Telkomsel, masukkan “1” di kolom dan tekan OK.
  • Setelah itu Anda hanya tinggal menerima pesan aktivasi dari 5111 masuk ke ponsel Anda.
  • Terakhir Anda sudah dapat menggunakan paket darurat untuk berbagai kebutuhan Anda.

Back to Content ↑

2. Aktifkan Paket Darurat dengan SMS

Selain menggunakan kode dial atau UMB, Anda juga bisa mengaktifkan paket darurat melalui sebuah SMS. Cara untuk melakukannya juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Saat Anda kehabisan kuota ataupun pulsa, maka otomatis akan ada penawaran langsung dari Telkomsel berupa paket darurat.
  • Umumnya terdapat informasi paket darurat yang bisa Anda ambil, baik jumlah kuota, waktu penggunaan, hingga harga yang harus dibayar nantinya.
  • Bila Anda setuju dengan penawaran yang dilakukan, maka Anda bisa balas pesan tersebut dengan YES dan kirim ke 5111.
  • Tunggu beberapa saat hingga notifikasi masuk ke ponsel Anda, lihatlah apakah proses aktivasi berhasil atau gagal.
  • Bila berhasil maka Anda sudah bisa mulai menggunakan paket darurat tersebut.
  • Namun bila belum berhasil, ulangilah lagi atau gunakan cara lain bila setelah dicoba terus masih juga tidak berhasil.

Back to Content ↑

3. Mengaktifkan Paket Darurat dari Penawaran Telkomsel

Ada kalanya saat kehabisan kuota atau pulsa tidak terjadi penawaran secara langsung, sehingga Anda harus memancingnya terlebih dahulu agar dapat penawaran dari Telkomsel. Untuk Caranya bisa Anda lihat di ulasan berikut:

  • Pertama pastikan Anda tidak memiliki pulsa atau kuota sama sekali, hal ini agar Anda masuk ke dalam kriteria pengguna paket darurat.
  • Setelah itu cobalah untuk menggunakan internet, melakukan telepon, atau mengirim SMS.
  • Saat Anda berusaha untuk menggunakan layanan tersebut dan tidak berhasil, Telkomsel akan melihat bahwa Anda sedang membutuhkan paket darurat.
  • Tunggulah beberapa saat hingga terdapat penawaran paket darurat.
  • Segeralah balas pesan tersebut dengan YES dan kirim kembali ke 5111.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul aktivasi yang masuk ke ponsel Anda, dari sini Anda sudah dapat menggunakan paket darurat tersebut.

Back to Content ↑

4. Via Aplikasi MyTelkomsel

Selanjutnya Anda juga bisa mengaktifkan paket darurat melalui aplikasi MyTelkomsel, walaupun untuk mengaktifkannya setidaknya Anda masih bisa terhubung ke internet seperti menggunakan Wifi. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah caranya:

  • Instal terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel di smartphone Anda bila Anda belum memilikinya.
  • Setelah itu ikuti petunjuk pendaftaran seperti mengisi nomor telepon, verifikasi, hingga memasukkan identitas diri.
  • Bila sudah berhasil masuk ke aplikasi, pilihlah menu unggulan pada aplikasi MyTelkomsel tersebut.
  • Selanjutnya pilihlah opsi paket darurat, kemudian Telkomsel akan mengirimkan pesan ke ponsel Anda bila nomor sudah memenuhi kriteria pengguna paket darurat.
  • Disini balas pesan tersebut dengan YES, lalu tunggulah balasan aktivasi dari 5111.
  • Terakhir gunakan paket darurat sesuka hati sebelum masa penggunaan habis, karena ia hanya akhir dalam hitungan hari saja.

Back to Content ↑

5. Minta Dibelikan Keluarga atau Teman

Selain itu terdapat juga cara aktifkan paket darurat Telkomsel dengan meminta kepada keluarga atau teman, dimana cara untuk melakukannya bisa Anda simak berikut ini:

  • Pastikan Anda tidak memiliki pulsa ataupun kuota sama sekali, tunggulah pesan penawaran dari Telkomsel yang berisi pengajuan permintaan kepada teman atau keluarga.
  • Biasanya penawaran tersebut berisi jumlah kuota yang bisa diminta dan harga yang harus dibayar teman atau keluarga Anda.
  • Bila setuju balaslah pesan tersebut dengan mengetik YES spasi Nomor Keluarga lalu kirim ke 88441.
  • Tunggulah hingga Telkomsel menghubungi kenalan Anda, apabila mereka setuju maka otomatis kuota darurat akan masuk ke nomor Anda.
  • Setelah itu Anda bisa menggunakan kuota darurat untuk kebutuhan penting, jangan lupa juga hubungi teman atau keluarga yang telah dimintai tolong.

Back to Content ↑

Pembayaran Paket Darurat Telkomsel

Meminjam atau membeli paket darurat, berarti Anda memiliki kewajiban untuk membayar. Umumnya sebelum transaksi pasti telah diberi tahu berapa harga yang harus dibayar. Usahakan juga membayarnya segera mungkin, Agar nantinya Anda tidak mendapat pesan tagihan dari Telkomsel.

Jangan khawatir karena proses pembayaran sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengisi pulsa saja. Kemudian pulsa akan dipotong sesuai dengan tagihan yang ada, setelah dipotong Anda akan mendapat pesan pemberitahuan bahwa paket darurat sudah berhasil dibayar.

Jangan sampai setelah Anda menggunakan paket darurat, lalu tidak pernah mengisi pulsa sama sekali atau mengabaikan pesan tagihan. Hal ini karena dapat membuat nomor Anda di blacklist dari paket darurat, bahkan bisa sampai Telkomsel memblokir nomor Anda.

Back to Content ↑

Cara aktifkan paket darurat Telkomsel sebenarnya sangat mudah, apalagi bila Anda pengguna tetap Telkomsel dan terkenal baik dalam penggunaannya. Seperti intens membeli paket, membayar paket darurat tepat waktu, dan pertimbangan lain yang membuat Anda baik dimata Telkomsel. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!