Skip to main content

9 Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone

9 Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone
Transcend microSD 330S

9 Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone

MicroSD adalah benda yang kecil tapi sangat bermanfaat. Meskipun demikian, keberadaan microSD ini amat sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki smartphone Android atau perangkat lainnya seperti kamera aksi, DSLR, hingga drone.

MicroSD akan memberikan ruang penyimpanan ekstra pada perangkat yang digunakan. Ada banyak sekali jenis microSD yang ada di pasaran. Tentu akan dibekali dengan banyak fitur. Berikut ini Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone yang bisa Anda miliki. Simak terus penjelasannya supaya dapat menemukan yang sesuai dengan kebutuhan!

TOC / Daftar Isi

9 Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone

Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone. Produk-produk ini dipilih berdasarkan kebutuhan yang berbeda dari masing-masing pengguna. Silakan pilih memori eksternal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa saja Rekomendasi Memori Eksternal untuk Handphone? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Back to Content ↑

1. Transcend microSDXC 330S

Kartu memori microSDXC 330S ini telah memenuhi standar UHS Speed ​​Class 3 (U3) dan UHS Video Speed ​​Class 30 (V30) untuk rekaman video 4K Ultra HD, dengan kecepatan membaca/menulis masing-masing hingga 100 MB/detik dan 85 MB/detik.

Kapasitas penyimpanan hingga 128GB, memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak file dan aplikasi. Tidak lupa kalau kartu memori ini juga bersahabat dengan kondisi-kondisi ekstrim. Hal itu karena Transcend telah membuatnya temperature resistant, waterproof, shockproof, X-ray proof, dan static proof.

Jika ada data Anda yang terhapus di dalam microSD ini, tak perlu khawatir. Transcend menawarkan aplikasi pemulihan data eksklusif yang bernama RecoveRx. Anda bisa membeli produk ini dengan harga mulai Rp 200 ribu (untuk versi 64GB) dan Rp 400 ribuan (versi 128GB).

Back to Content ↑

2. Toshiba EXCERIA PRO™ M501

MicroSD yang menawarkan kapasitas hingga 64GB ini secara khusus dirancang untuk merekam dan mengambil foto dengan cepat (support UHS II speed class U3 untuk merekam dan memutar video 4K video). Dengan adanya sebuah adaptor, kartu memori Toshiba EXCERIA PRO™ M501 ini bisa Anda gunakan di berbagai perangkat.

Sebagai salah satu kartu microSD tercepat di dunia, EXCERIA PRO™ M501 mampu memberikan kecepatan membaca data hingga 270 MB/detik dan kecepatan menulis hingga 250 MB/detik. Agar bisa bertahan di lingkungan yang keras, kartu ini telah dibuat tahan tahan air dan guncangan.

Terdapat juga software untuk memulihkan data yang terhapus secara tidak sengaja. Toshiba EXCERIA PRO™ M501 dijual dengan range harga antara Rp 400 ribu (16GB) hingga Rp 1,5 juta (64GB).

Back to Content ↑

3. Samsung EVO Plus

Samsung juga memiliki kartu memori terbaik di kelas 10 UHS-I U3 yang bernama Samsung EVO Plus. Hal ini tentu membuat produk microSD ini sangat cocok untuk kegiatan merekam video 4K Ultra HD.

Selain itu, dengan kecepatan membaca dan menulis masing-masing 95 MB/detik dan 90 MB/detik Anda bisa memindahkan file dan data tanpa hambatan. Sebagai salah satu produk kelas atas, microSD Samsung EVO plus telah dibuat tahan banting serta bergaransi 10 tahun.

Kartu ini bisa tahan terhadap air sampai 72 jam di laut, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan melalui mesin X-ray dan medan magnetik sekelas scan MRI. Kartu memori ini tersedia dengan kapasitas mulai dari 16GB hingga 512GB dengan harga sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 2 jutaan.

Back to Content ↑

4. Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-II

Kartu microSD dari Sandisk yang ini mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 275 MB/detik. Anda juga bisa menggunakan reader USB 3.0 yang sudah termasuk dalam paket penjualan untuk transfer yang mudah dan nyaman serta untuk menghindari hambatan bahkan saat anda ingin menikmati video berkualitas 4K!

Bagi anda yang suka berpetualang dengan kamera aksi, drone, kamera atau smartphone berperforma tinggi, maka Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-II adalah salah satu kartu memori terbaik yang perlu Anda miliki.

Hal itu karena produk ini sangat ideal untuk membuka video 4K UHD dari perangkat-perangkat tadi. Selain itu, kartu memori ini juga sudah didesain untuk dapat digunakan di lingkungan-lingkungan yang ekstrim (shockproof, temperature-proof, waterproof, dan X-ray-proof).

Extreme PRO microSDXC UHS-II juga datang dengan software RescuePRO® Deluxe yang mampu memulihkan file yang telah terhapus secara tidak sengaja. Terdapat dua pilihan kapasitas untuk microSD ini, yaitu 64GB dan 128GB. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan.

Back to Content ↑

5. Kingston Canvas React

Merupakan kartu memori kelas 10 UHS-I U3 yang menghasilkan kecepatan membaca dan menulis hingga 100 MB/detik dan 80 MB/detik. Selain itu, kapasitas tertinggi untuk microSD yang ini mencapai 512GB. Kingston Canvas React juga sangat ideal Anda gunakan untuk mengambil foto mode burst dan video berkualitas 4K.

Agar mampu bertahan di lingkungan yang keras, dibekali fitur-fitur proteksi seperti tahan guncangan dan getaran, tahan air, terlindung dari X-Ray bandara, serta tentunya tahan temperatur. Harga untuk versi terendah produk ini (32GB) adalah sekitar Rp 200 ribuan. Sedangkan untuk yang tertinggi mencapai angka Rp 3 jutaan.

Back to Content ↑

6. PNY U3 Pro Elite MicroSD Card

Bagi Anda yang ingin microSD yang bisa dipakai merekam video resolusi 4K dengan lancar, PNY Pro Elite bisa jadi pilihan yang cocok. Hadir dengan kapasitas 64GB, 128GB, 256GB, dan 512GB, microSD ini juga sangat mendukung pemotretan mode burst atau pemotretan berkelanjutan.

Cocok juga dipakai untuk drone, media penyimpanan CCTV, disematkan pada smartphone, juga untuk melakukan pengeditan file besar langsung pada microSD-nya. Media penyimpanan yang mengusung kelas 10, U3, dan V30 ini memiliki kecepatan baca sebesar 100 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 90 MB/detik.

PNY Pro Elite yang memiliki antarmuka UHS-I ini dipastikan memiliki performa yang mutakhir dengan ketahanan yang sangat kuat. Soalnya, microSD canggih ini juga dirancang agar tahan air, debu, guncangan, hingga daya magnet.

Back to Content ↑

7. Lexar Professional 1000x

Inilah microSD terbaik lainnya yang bisa Anda dapatkan. Lexar Professional 1000x memiliki kecepatan baca hingga 150 MB/detik dan kecepatan tulis sebesar 95 MB/detik. Antarmuka UHS II yang diusungnya mampu mencapai tingkat kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

Hadir dengan kelas U3, microSD ini mampu dipakai untuk smartphone, tablet, hingga alat perekam seperti camcorder dan lainnya untuk mengambil video resolusi HD dan 4K dengan durasi yang panjang. Antarmuka UHS II yang diusungnya juga backward compatible dengan UHS I meskipun tidak akan mencapai kecepatan yang diharapkan.

Anda bisa mendapatkan Lexar Professional 1000x dengan varian kapasitas sebagai berikut: 32GB, 64GB, 128GB, dan 256GB. Cukup disayangkan tidak tersedia kapasitas 512GB untuk microSD ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan adapter UHS II yang hadir dalam satu paket dengan media penyimpanan canggih ini.

Back to Content ↑

8. Samsung PRO Endurance

Anda ingin memiliki microSD yang bisa tahan dipakai bertahun-tahun? Samsung PRO Endurance lah solusinya. MicroSD yang memiliki desain warna putih pada bagian depan membuat benda kecil ini mudah ditemukan jika terjatuh. Soal ketahanan, Samsung mengklaim bahwa microSD ini dapat dipakai hingga 5 tahun lamanya.

Kecepatan yang diusung kartu memori berkelas U1 ini juga cukup cepat, yakni 100 MB/detik untuk kecepatan membaca dan 30 MB/detik untuk kecepatan tulis. Cocok untuk dipakai sebagai memori internal smartphone dan tablet. Bahkan masih bisa untuk merekam video resolusi 4K.

Soal kapasitas, memiliki varian 32GB, 64GB, dan yang paling tinggi 128GB. Memang, tidak ada varian kapasitas yang lebih besar, tapi awetnya kartu memori inilah yang membuatnya worth it. Kalau rusak sebelum masa pemakaian 5 tahun, Anda tinggal ajukan saja garansi dan Samsung akan menggantinya dengan yang baru.

Back to Content ↑

9. SanDisk High Endurance

Mengusung istilah “Endurance” pada namanya, Anda pasti dijamin bisa menggunakan microSD SanDisk ini dalam waktu yang sangat lama. Jadi, tidak perlu repot-repot mengganti microSD dengan yang baru setiap tahunnya.

Selain itu, SanDisk High Endurance dirancang untuk bertahan pada kondisi terekstrim sekalipun seperti cuaca yang sangat dingin dan panas, tahan terhadap air, guncangan, dan juga x-ray. Kalau Anda ingin memasangkan alat ini pada CCTV, varian 256GB-nya bahkan mampu merekam video hingga durasi 20.000 jam atau sekitar 2 tahun!

Seolah tak cukup, Anda juga akan dipuaskan dengan kecepatan transfer datanya yang mampu membuat PC Anda mengimport video berukuran 20GB hanya dalam hitungan detik (100MB/detik untuk kecepatan baca dan 40 MB/detik untuk kecepatan tulis).

SanDisk High Endurance juga hadir dengan varian kapasitas 32GB, 64GB, 128GB, hingga yang paling tinggi 256GB. Lalu, seperti produk microSD SanDisk lainnya, Anda juga bisa menyelamatkan file yang tidak sengaja terhapus dengan mendownload software rescuePRO.

Back to Content ↑

Itulah beberapa daftar rekomendasi memori eksternal untuk Handphone harganya terjangkau mulai dari 200 ribu sampai 3 jutaan saja. Tentu setiap orang butuh spesifikasi yang berbeda. Semoga penjelasan ini bisa membantu menemukan memori eksternal yang sesuai dengan perangkat dan pekerjaan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!