Skip to main content

7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual/DKV

7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual/DKV
Lenovo IP 310-14IKB

7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual/DKV

Mungkin bagi yang sudah menginjak kelas 12, sebagian dari Anda sibuk memikirkan dan mempertimbangkan jurusan yang akan diambil ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Dalam memilih jurusan di perguruan tinggi haruslah diperhatikan baik-baik. Hal ini dikarenakan agar dalam menjalani perkuliahan tidak merasa ketertinggalan ataupun ketereran.

Bagi Anda yang mempunyai jiwa seni tinggi dan sangat menyukai dalam mengekspresikan karya melalui media seperti tulis menulis, menggambar ataupun digital Anda bisa masuk di jurusan Desain Komunikasi Visual atau biasa disebut dengan DKV. Kemampuan dan bakat Anda akan terasah dan dalam menjalani kuliah tidak merasa keberatan dalam menjalani tugas.

Agar bisa menjalani perkuliahan di jurusan ini haruslah mempunyai beberapa perangkat yang bisa membantu untuk menyelesaikan tugas dari dosen. Salah satunya ialah laptop. Laptop untuk jurusan DKV tidaklah sembarangan. Hal ini dikarenakan tugas yang diberikan untuk anak DKV cukup rumit. Penasaran dengan ulasan ini? Yuk simak terus ulasan ini sampai tuntas.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Masih Bingung Cari Laptop Buat Kuliah? Berikut 5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Mahasiswa jurusan DKV akan mempelajari banyak hal seperti dasar-dasar seni rupa, baik 2D maupun 3D. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga mempelajari desain, gambar, fotografi, animasi dan motion graphic dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, mahasiswa jurusan ini juga dituntut menguasai desain digital, seperti harus menguasai beberapa software seperti Photoshop, InDesign, After Effect, Coreldraw, SketchUp dan masih banyak lagi. Agar bisa mendukung aktivitas tersebut terdapat kriteria laptop tertentu agar bisa berjalan dengan baik. Berikut kriteria laptop teruntuk Anda jurusan DKV, diantaranya:

Back to Content ↑

1. Memiliki Processor Minimal Core 2 Duo

Processor yang disarankan ialah processor multi cores atau yang mempunyai clock speed minimal 2.0 Ghz. Selain itu, processor yang direkomendasikan ialah processor Intel Core i5 yang setara. Pemilihan processor ternyata sangat berpengaruh. Oleh karena itu, jangan sepelekan pemilihan laptop dari sisi processornya.

Back to Content ↑

2. Mempunyai RAM Minimal 4GB

Software pada umumnya yang digunakan anak jurusan DKV ialah aplikasi yang memerlukan 2GB ataupun 4GB pada sistem requirementnya. Jadi alangkah lebih baiknya memilih laptop harus memiliki minimal 4GB agar bisa mengakomodir segala aktivitas dengan software desain.

Back to Content ↑

3. Laptop Dilengkapi dengan Kartu Grafis Dedicated

Laptop pada umumnya sudah dilengkapi kartu grafis, namun hanya sekedar komputasi ringan. Jika untuk aktifitas mendesain harus memerlukan grafis yang tinggi. Oleh karena itu, untuk menunjang hal tersebut laptop harus memiliki kartu grafis dedicated. Hal ini tentunya akan memiliki grafis dengan kualitas tinggi sehingga menunjang keperluan desain grafis.

Back to Content ↑

4. Memiliki Display yang Berkualitas

Tampilan display yang bagus akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Dengan display yang bagus, Anda bisa menjadi lebih teliti dalam hal pewarnaan, tekstur ataupun detail yang lainnya. Sangat disarankan untuk memilih display yang memiliki resolusi full HD atau bahkan QHD.

Back to Content ↑

7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual/DKV

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai kriteria laptop untuk mahasiswa DKV, sebagian dari Anda sudah memiliki pandangan tersendiri. Jika Anda belum menemukan pandangan mengenai laptop yang akan dipilih, berikut rekomendasi laptop untuk mahasiswa jurusan DKV yang harus Anda ketahui, ialah:

Back to Content ↑

1. Asus X441UV

Laptop yang direkomendasikan pertama ialah Asus X441UV. Laptop ini dipatok dengan harga kurang lebih Rp.5.800.000. laptop ini mempunyai processor Intel Core i3-6006U dengan memiliki kecepatan 2.0 Ghz. Ukuran laptop Asus seri ini ialah 14 inch serta memiliki RAM 4GB. Aksesorisnya berupa DVD-RW/BT/CAM dan memiliki HDD sebesar 500GB.

Back to Content ↑

2. Lenovo IP 310-14IKB

Laptop yang direkomendasikan selanjutnya ialah Lenovo IP-310-14IKB. Laptop ini dipatok dengan harga Rp.6.895.000, memiliki layar 14 inch dengan processor intel core i5-7200U serta memiliki kecepatan diantara 2,5-3,1 Ghz. HDD yang dimiliki laptop ini adalah 1TB dengan RAM 4GB serta dilengkapi aksesoris berupa DVD-RW/BT/CAM.

Back to Content ↑

3. Acer Aspire E5-475G Core i7

Laptop berikutnya ialah laptop Acer Aspire E5-475G Core i7. Laptop ini dipatok dengan harga Rp.8.745.000 dengan memiliki layar berukuran 14 inch yang memiliki processor Intel Core i7-7500U serta memiliki kecepatan diantara 2,7 Ghz hingga 3,5 GHz.

Selain itu laptop ini memiliki HDD sebesar 1TB sata dengan RAM berukuran 4GB dan dilengkapi aksesoris berupa DVD/BT/CAM.

Back to Content ↑

4. MSI GL62

Laptop ini yang direkomendasikan berikutnya ialah laptop MSI GL62. Memanglah laptop ini masih terdengar asing, namun laptop ini dipatok dengan harga Rp.10.485.000 dengan ukuran layar 15 inch serta memiliki processor Intel Core i7-6700HQ.

Selain itu, kecepatan laptop yang dimiliki ialah diantara 2,6-3,5 GHz. HDD yang terdapat pada laptop ini adalah berukuran 1TB sera memiliki RAM 4GB. Aksesoris pada laptop ini berupa DVD-RW/BT/CAM.

Back to Content ↑

5. Asus GL553VD-FY280D

Laptop ini merupakan laptop yang juga direkomendasikan untuk Anda mahasiswa DKV. Laptop ini dipatok dengan harga Rp.13.945.000 dengan memiliki layar berukuran 15,6 inch dengan processor Intel Core i7-770HQ serta memiliki kecepatan 2,8-3,2 GHz.

Selain itu, laptop ini memiliki HDD 1TB dan memiliki RAM 8GB. Aksesoris yang dimiliki oleh laptop ini ialah DVD-RW/BT/CAM

Back to Content ↑

6. Acer Aspire E5-553G-F79R

Laptop Acer seri ini merupakan laptop yang juga direkomendasikan untuk mahasiswa jurusan DKV. Laptop ini dipatok dengan harga Rp.8.834.000 dengan memiliki ukuran layar 15,6 inch serta memiliki processor AMD FX-9800P dengan kecepatan diantara 2,7 – 3,6 GHz. Laptop ini dilengkapi aksesoris berupa DVD-RW/BT/CAM.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan HDD sebesar 1TB dan SSD sebesar 128GB. RAM yang berada di laptop ini juga memiliki RAM sebesar 8GB.

Back to Content ↑

7. MacBook Pro MF839 Retina

Laptop selanjutnya yang direkomendasikan untuk mahasiswa jurusan DKV ialah MacBook Pro MF Retina. Laptop ini dipatok dengan harga Rp.16.285.000 yang memiliki ukuran layar 13,3 inch QHD serta memiliki processor Intel Core i5 dengan memiliki kecepatan 2,7-3,1 GHz.

Laptop ini tidak mempunyai HDD, namun memiliki SSD sebesar 128GB serta memiliki RAM 8GB. Aksesoris yang terdapat pada laptop ini berupa BT/CAM.

Menjadi mahasiswa DKV merupakan suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan tugas yang diberikan dari dosen memerlukan peralatan yang banyak serta perangkat yang mumpuni. Salah satunya ialah mengharuskan memiliki laptop. Laptop yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Hal ini dikarenakan desain yang digunakan harus memiliki hasil dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, aplikasi yang digunakan pun memiliki ukuran yang cenderung besar sehingga memerlukan RAM yang besar agar aplikasi yang digunakan berjalan dengan lancar. Maka dari itu memilih laptop untuk jurusan DKV harus benar-benar diperhatikan spesifikasinya.

Back to Content ↑

Ulasan ini sudah memaparkan kriteria untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anak jurusan DKV. Ulasan ini juga sudah memberikan rekomendasi laptop yang cocok dengan kebutuhan anak DKV. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam memilih laptop dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga bisa digunakan dengan baik. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!