Skip to main content

8 Rekomendasi Tempat Wisata yang Instagramable

Gumuk Pasir Parangkusumo-Yogyakarta

8 Rekomendasi Tempat Wisata yang Instagramable

Sekarang kaum milenial mana sih yang tidak punya yang media sosial? Sebagian besar kaum milenial pasti tahu apa itu media sosial dan pasti sebagian besar juga memilikinya. Karena dengan media sosial semua orang di berbagai belahan di dunia dapat berbicara dan memberikan pendapat satu sama lain tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Sekarang banyak media sosial yang digunakan oleh para kaum millenial salah satunya adalah instagram. Dengan instagram kita dapat melihat berbagai macam foto. Oleh karena itu orang-orang berlomba-lomba untuk memposting foto-foto terbaiknya untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya. Makanya sekarang kaum milenial sering mencari-cari tempat yang bagus untuk di posting di instagram.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo-Yogyakarta

Wisata ini berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta. Gumuk ini menjadi salah satu tempat yang populer di kancah nasional maupun internasional.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini menjadi sangat unik karena berada di lintang khatulistiwa dan lintang kutub serta memiliki tipe barchan dengan iklim tropik basah. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah gurun pasirnya kota Yogyakarta. Disana selain kita dapat berfoto dan mengambil video, kita juga dapat bermain sandboarding.

Banyak wisatawan yang datang untuk bermain sandboarding karena Gumuk Pasir Parangkusumo adalah satu-satunya gumuk yang menjadi tempat sandboarding di Asia Tenggara. Di gurun ini juga pernah menjadi lokasi syuting Film “Wanita Berkalung Sorban” tentunya keren banget kan.

2. Kawah Putih-Bandung

Wisata kawah putih adalah sebuah danau yang terletak di bawah kaki Gunung Patuha tepatnya di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat sekitar 50 km dari kota Bandung. Asal mula kawah putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Disebut kawah putih karena tanah di sekitar kawah ini bercampur dengan belerang sehingga berwarna putih. Banyak calon pengantin yang akan menikah menggunakan latar belakang kawah putih sebagai tempat prewedding.

Kawah putih memiliki warna air yang kehijauan. Warna kawah ini sering berubah-ubah sesuai dengan suhu, kadar belerang, dan cuaca yang terjadi. Jika kalian ingin berkunjung ke kawah putih dianjurkan untuk memakai jaket karena di kawasan Kawah Putih memiliki suhu berkisar 8°C - 22° C

3. Kota Lama-Semarang

Untuk kalian yang suka berfoto dengan ala-ala zaman dahulu ini tempat ini cocok nih. Di Kota Lama Semarang ini banyak terdapat bangunan-bangunan era kolonial yang masih terjaga dengan baik dan berfungsi dengan normal.

Bangunan-bangunan di Kota Lama Semarang ini memiliki arsitektur yang sangat kental dengan era kolonial yang bisa dilihat dari jalanannya yang menggunakan tegel bukan aspal. Kondisi ini mencirikan bahwa daerah tersebut adalah kota lama.

Wisata ini terletak di tepi sungai Mberok, wilayah Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Area ini dibuka selama 24 jam. Namun jika tujuan kalian untuk berwisata sebaiknya berkunjung di siang hari karena ada beberapa ruangan yang dibuka ketika siang hari saja.

Untuk berkunjung ke sini kalian tidak usah khawatir karena tidak ada biaya masuk atau gratis. Tempat yang sangat menarik bukan?

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru-Jawa Timur

Bagi kalian pecinta aktivitas vulkanik, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru cocok untuk menjadi sasaran pariwisata kalian berikutnya. Wisata ini jangan sampai terlewatkan karena disini kalian dapat menyaksikan secara langsung asap dan abu yang berasal dari Gunung Semeru yakni gunung yang masih aktif.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan kawasan konservasi yang satu-satunya di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger, yaitu tempat dimana empat anak gunung berapi baru berada jadi jangan ditanyakan lagi seberapa indahnya.

5. Kawah Ijen-Banyuwangi

Di media sosial banyak yang membicarakan tentang Kawah Ijen. Di kalangan traveller pun menjadi tempat yang favorit untuk dikunjungi. Banyak wisatawan lokal dan Internasional yang datang ke Kawah Ijen hanya untuk melihat keindahannya.

Bukan hanya para wisatawan saja yang mengunjungi Kawah Ijen, tetapi para ahli geologi ataupun peneliti juga mengunjunginya. Hal ini karena Ijen memiliki sebuah fenomena unik yang disebut dengan fenomena api biru.

Kawah Ijen berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Hal yang paling utama tentu saja bertemu dan berfoto dengan Kawah Ijen dengan warna kawah yang hijau tosca dan asap belerangnya sangat instagramable. Jika kamu berkunjung ke kawah Ijen itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

6. Pulau Derawan-Kalimantan Timur

Pulau Derawan adalah salah satu pulau yang berada di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Berau. Di pulau ini banyak destinasi wisata yang sangat menarik di antaranya adalah hutan mangrove, terumbu karang, dan taman bawah laut.

Di taman bawah laut itu kalian dapat berenang bersama ubur-ubur. Pulau Derawan adalah sebuah surga tersembunyi di ujung Kalimantan Timur yang dijuluki sebagai Pristine Island yaitu, tempat yang memiliki keasrian yang tetap terjaga.

Di Pulau Derawan ini memiliki pasir pantai yang putih, panorama laut yang indah dan ditambah lagi dengan pohon-pohon kelapa yang berpadu dengan hembusan angin. Alhasil banyak wisatawan yang ingin mengunjungi pulau ini dan betah berlama-lama di dalamnya.

7. Gunung Rinjani-Lombok

Gunung Rinjani adalah gunung berapi ketiga yang tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Gunung ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani mempunyai Segara Anak yang dapat memanjakan mata yang melihatnya.

Segara Anak menurut warga berarti anak laut karena Segara Anak memiliki warna air seperti warna air laut. Pemandangan di Segara Anak sangat mengagumkan ditemani dengan pohon rindang dan pacaran dari kemilau danau yang sangat memukau.

Rinjani selain mempunyai Segara Anak yang tidak kalah indahnya Danau Ranu Kumbolo. Danau ini ternyata juga mempunyai padang savana, goa, air terjun, dan pemandian air panas. Menjadi sebuah paket lengkap untuk menikmati sebuah keindahan alam bukan?

Oleh karena itu, tidak heran bahwa Gunung Rinjani dinobatkan sebagai gunung dengan tata letak terbaik di Asia Tenggara.

8. Taman Laut Bunaken-Manado

Taman Laut Bunaken salah satu tempat yang menjadi incaran para instagramable karena di taman laut ini kaya akan flora dan faunanya. Selain itu Bunaken disebut sebagai surga dunia. Hal ini dikarenakan penyelam dapat menemukan 20 spot diving dengan dengan jarak pandang bisa mencapai 35 meter. Tentu sangat jauh bukan untuk melihat di dalam air.

Selain diving di taman laut ini banyak terdapat wisata bahari lainnya yang ditawarkan, seperti berenang di laut, snorkeling, dan berjemur. Taman ini berada di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Taman Laut Bunaken ini ditunjuk sebagai tempat objek wisata oleh Menteri Kehutanan karena Taman Laut Bunaken ini menjadi perwakilan dari perairan tropis Indonesia. Taman ini terdiri dari padang lamun, ekosistem hutan bakau, dan terumbu karang hingga ekosistem perairan tropis Indonesia.

Nah sebagai generasi milenial, apa kalian sudah berkunjung ke tempat wisata hits yang bahkan sudah diakui dunia? Jangan lewatkan kesempatan terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut ya!