Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Fitur Terbaru dari Sistem MIUI 12 dan Daftar Ponsel yang Kompatibel Dengannya

Fitur Terbaru dari Sistem MIUI 12 dan Daftar Ponsel yang Kompatibel Dengannya
Xiaomi MIUI 12

Fitur Terbaru dari Sistem MIUI 12 dan Daftar Ponsel yang Kompatibel Dengannya

Ketika membahas smartphone atau ponsel dari Xiaomi, hal yang tidak terlepas adalah bentuk antarmuka besutannya sendiri atau dikenal dengan MIUI. Kali ini sepertinya pihak Xiaomi memang benar-benar serius dalam mengembangkan bentuk antarmukanya agar bisa memanjakan para penggunanya.

Hal tersebut tentunya bisa dibuktikan dengan rilisnya sistem MIUI 12 sebagai penerus dari update atau pembaharuan sebelumnya. Pembaruan MIUI 12 tentunya akan menghadirkan berbagai fitur yang menarik yang sudah ditunggu-tunggu para pengguna ponsel Xiaomi. Nah di bawah ini ada beberapa informasi terkait dengan kelebihan pembaruan dari sistem Xiaomi yang paling baru.

TOC / Daftar Isi

UI Tampil Lebih Bersih

Pembaruan dari sistem MIUI 12 ke depannya akan menarwan banyak hal baru yang jauh lebih mumpuni. Salah satunya adalah bentuk antar muka atau IU. Di MIUI 12 ini bentuk antar mukanya jauh lebih bersih daripada seri yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan pemakaian background yang lebih terang sekaligus jarak antar tulisan serta gambar lebih lebar.

Back to Content ↑

Animasi Baru

MIUI 12 hadir dengan bentuk tampilan animasi terbaru yang mana diklaim mempunyai transisi animasi serta kehalusan yang setara dengan iOS. Animasi terbaru dari sistem MIUI 12 nantinya tersedia pada Anda dan para pengguna lainnya membuka aplikasi, rotasi layar, status dari baterai, live wallpaper serta ketika mengatur ulang ikon pada homescreen.

Xiaomi mengklaim jika transaksi dari animasi yang akan dihadirkan nantinya mempunyai tingkat kehalusan setara dengan iOS yang dimiliki iPhone. Hal ini jadi sistem yang menarik bahkan juga layak untuk dinantikan bukan?

Back to Content ↑

Always On Display

Jika Anda sudah lama menggunakan smartphone tentunya sudah tidak asing lagi ya dengan fitur always on display? Nah para update sistem MIUI 12 kali ini sepertinya Xiaomi lebih fokus dalam menghadirkan animasi yang lebih banyak sekaligus menarik.

Back to Content ↑

Navigasi

Pada MIUI 12, Xiaomi juga menghadirkan gesture navigasi yang mana disesuaikan pada sistem Android 10. Keberadaan navigasi paling baru dari Xiaomi ini tentunya akan menjadikan para penggunanya jadi semakin nyaman ketika mengoperasikan ponsel yang dimilikinya.

Back to Content ↑

Fitur Keamanan

Xiaomi mulai menghadirkan 3 macam fitur terbaru dari yang ada pada sistem keamanannya. Fitur tersebut di antaranya adalah fitur Flare, fitur Barbed Wire dan fitur Mask System. Secara keseluruhan, ketiga fitur baru yang ada di sistem MIUI 12 berfungsi untuk memantau, membatasi dan mencegah perizinan pada sebuah aplikasi. Anda pun akan terbantu agar terhindar dari beberapa aplikasi yang berbahaya.

Back to Content ↑

Floating Window

Fitur floating window pastinya akan sangat berguna dan membantu Anda yang sering melakukan aktivitas multitasking. Hal menarik yang ada pada floating window di sistem Xiaomi MIUI 12 bisa diubah ukurannya sesuai pada kebutuhan dari para penggunanya.

Back to Content ↑

AI Calling

AI Calling merupakan salah satu fitur khusus dihadirkan untuk para pengguna yang saat ini mengalami gangguan pendengaran. Secara garis besar, mengenai cara kerja dari AI Caling yakni melakukan transkrip suara yang diubah dalam bentuk teks. Dengan begitu orang yang memiliki gangguan pendengaran akan jauh lebih mudah menggunakan ponselnya.

Back to Content ↑

Fitur Fitness

Bagi Anda pecinta game dan suka memainkan game PUBG Mobile, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah gyroscope. Siapa sangka gyroscope juga memiliki kegunaan lainya.

Ya, pada sistem MIUI 12 gyroscope nantinya akan dimanfaatkan guna merekam langkah pada saat para pengguna melakukan olahraga seperti berlari, berjalan, bersepeda serta menaiki anak tangga. Fitur satu ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda yang hobi dan sering berolahraga.

Back to Content ↑

Sleep Tracker

Sleep Tracker atau yang dikenal dengan pelacak tidur jadi fitur baru yang mana cukup menarik untuk Anda gunakan. Fitur satu ini umumnya hanya ads pada smartband maupun smartwatch. Anda bisa memakainya untuk mengukur kualitas dari tidur dengan memantau pergerakan Anda saat tidur.

Back to Content ↑

10. Dark Mode

Dark mode jadi salah satu fitur yang cukup populer banyak di era sekarang dan banyak digunakan pada kalangan anak muda. Adanya fitur ini pada MIUI 12 pastinya akan menjadikan mata Anda dan para pengguna jadi merasa lebih nyaman ketika mengoperasikan ponsel saat malam hari.

Bukan hanya itu saja ya, fitur dark mode juga membantu Anda dalam mengurangi konsumsi daya pada baterai. Dengan begitu pemakaian daya baterai akan jauh lebih hemat.

Back to Content ↑

11. Ultra Battery Saver

Ultra Battery Saver merupakan mode penghemat pada baterai yang nantinya akan membatasi fitur serta aplikasi di ponsel yang sekiranya memang akan menghabiskan daya. Meskipun aplikasi dibatasi hal ini tidak akan berpengaruh pada panggilan, pesan, serta konektivitas jaringan.

Fitur ini hanya akan memperpanjang waktu untuk siaga telepon dan mengurangi konsumsi dari daya baterai. Sehingga akan memberikan Anda dan para pengguna lain masa pakai baterai tambahan ketika baterai ponsel dayanya sudah hampir habis.

Di atas tadi adalah beberapa manfaat dan kelebihan yang akan Anda terima ketika menggunakan sistem MIUI 12. Beberapa ponsel Xiaomi yang sudah didukung dengan MIUI 12 terbaru di September 2020 adalah sebagai berikut:

  • Xiaomi Redmi 9
  • Xiaomi Redmi Note 9
  • Xiaomi Redmi Note 9 Pro
  • Xiaomi Redmi Note 8 Pro
  • Xiaomi Redmi Note 8
  • Xiaomi Redmi 8
  • Xiaomi Redmi 8A
  • Xiaomi Redmi 8A Pro
  • Xiaomi Redmi Note 6 Pro
  • Xiaomi Redmi Note 6
  • Xiaomi Redmi 6
  • Xiaomi Redmi 6A
  • Xiaomi Redmi Note 5 Pro
  • Xiaomi Redmi Note 5
  • Xiaomi Redmi S2
  • Xiaomi Mi 10
  • Xiaomi Mi Note 10
  • Xiaomi Mi Note 10 Pro
  • Xiaomi Mi 8 Lite
  • Xiaomi Poco F1.

Back to Content ↑

Jadwal Rilis

Seperti beberapa contoh seri yang ada di atas pada dasarnya ada banyak ponsel Xiaomi yang bisa menerima update dari sistem MIUI 12. Hanya saja di Indonesia Xiaomi mungkin hanya ada sekitar 20 ponsel yang bisa di update. Daftarnya ada di atas.

Update MIUI 12 pada sekitar 20 ponsel yang ada di atas akan dimulai mulai dari awal Agustus 2020. Hanya saja sampai saat ini belum ada informasi yang resmi terkait dengan tanggal peluncuran MIUI 12 di setiap ponsel.

Lalu, bagaimana pada ponsel Xiaomi yang tidak dipasarkan resmi di Indonesia? Apakah tetap bisa mendapatkan update? Selama ponsel milik Anda masuk dalam daftar update di versi Global, maka Anda tetap dapat melakukan update ke sistem MIUI 12 memakai ROM versi global

Back to Content ↑

Hadirnya sistem terbaru dari Xiaomi yakni sistem MIUI 12 akan semakin menjadikan ponsel Xiaomi Anda lebih baik dari sebelumnya. Seperti penjelasan di atas, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan tersebut dari MIUI 12. Hal terpenting adalah ponsel Anda sudah terdaftar sebagai ponsel yang bisa di update. Selain itu pastikan juga ponsel Anda masuk update versi Global. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!