Skip to main content

8 Alasan Pergi ke Pink Beach Lombok, Destinasi Wisata yang Sayang untuk Dilewatkan

Pink Beach Lombok

8 Alasan Pergi ke Pink Beach Lombok, Destinasi Wisata yang Sayang untuk Dilewatkan

Salah satu tempat wisata alam yang banyak diminati oleh turis adalah kawasan Lombok Timur. Lombok Timur memiliki salah satu tempat wisata paling populer yang bernama Pantai Tangsi atau yang sering dikenal dengan Pink Beach Lombok.

Banyak wisatawan yang ingin sekali mengunjungi keindahan pantai ini. Ya, pantai Pink memiliki pemandangan alam yang begitu memukau, sehingga sayang jika dilewatkan kalau Anda sedang berkunjung ke Lombok. Penasaran bagaimana keindahan pantai ini?

8 Alasan Mengunjungi Pantai Pink

Pantai Pink memiliki nama lain Tangsi. Dinamakan dengan “Tangsi” sendiri karena artinya asrama, jika diartikan dalam bahasa Indonesia. Hal ini karena masyarakat setempat menganggap bahwa pantai Pink dahulunya adalah markas dari para tentara Jepang.

Ada beberapa bukti yang kuat mengapa masyarakat menganggap bahwa pantai ini dahulu adalah bekas markas dari para tentara Jepang, di antaranya adalah kehadiran gua dan meriam buatan dengan ukuran besar.

Masyarakat sekitar percaya, bahwa keduanya ini merupakan peninggalan dari bangsa Jepang yang dahulunya pernah menjajah negara ini. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu mengunjungi wisata Pantai Tangsi atau Pink.

1. Keistimewaan Pasir Warna Pink

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pink Beach memiliki keistimewaan berupa pasir pantainya yang berwarna merah muda atau pink.

Pasir merah muda di pantai ini disebabkan oleh pasir putih yang bercampur dengan terumbu karang yang keropos dan menjadi serpihan pasir berwarna merah muda. Hal itulah yang menyebabkan pasir Pantai Tangsi menjadi merah jambu.

2. Bisa Snorkeling

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Tangsi, maka Anda dapat melakukan banyak aktivitas seperti snorkeling, memancing, dan juga berenang di tepi pantai.

Pantai pink memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah indahnya dan pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata di Taman Nasional dan menjadi tempat terbaik untuk snorkeling.

Anda yang memang suka sekali dengan snorkeling, tenang saja! Tempat wisata ini memiliki keindahan alam lautnya yang memukau, cocok untuk aktivitas snorkeling. Namun, jika Anda ingin snorkeling di Pantai Pink, Anda perlu membawa sendiri peralatan untuk snorkeling.

Ya, tidak ada tempat untuk menyewakan perlengkapan snorkeling bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kehidupan bawah laut di pantai ini. Sayang sekali ya!

3. Berkeliling ke Pulau-Pulau Menggunakan Perahu

Di pantai ini, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa berkeliling pulau-pulau kecil yang berdekatan dengan Pantai Tangsi. Anda juga bisa menjelajahi goa peninggalan Jepang yang lokasinya ini cukup dekat dengan Pantai Pink.

4. Alamnya yang Masih Asri

Pink Beach konon merupakan salah satu dari tujuh pantai pasir pink di dunia. Pantai yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo di Pulau Lombok, Indonesia.

Pantai Pink masih sangat segar dan tidak tercemar, karena di sepanjang pantai ini tidak ada bangunan apa-apa alias sepi. Hal ini tentunya sangat disukai oleh para wisatawan yang lebih menyukai pantai yang tenang dan indah.

5. Tempat yang Romantis

Dengan latar belakang air laut yang biru ditambah panorama perbukitan yang hijau, langit biru cerah dengan awan putih, dan diiringi hamparan pasir yang benar-benar berwarna pink, maka wisata di pantai ini sangat sempurna dan romantis.

6. Mempunyai Pasir yang Lembut

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari pantai-pantai lain. Keunikannya adalah jika ombak datang dan menyapu seluruh pasir yang ada di tepian, nah hasil dari sapuan ombak ini menjadikan warna pada pasir Pink menjadi lebih pekat.

Selain itu, pasir berwarna pink di pantai ini juga amat lembut, sangat cocok untuk dijelajahi sambil menyaksikan matahari yang akan terbenam.

7. Bisa Berenang

Kalau Anda memang hobi berenang, pantai ini juga bisa lho dijadikan tempat berenang! Ombaknya tidak terlalu besar kok sehingga masih terbilang aman untuk aktivitas berenang. Namun, pastikan Anda tetap waspada, ya terhadap hewan-hewan laut yang mungkin bisa membahayakan.

8. Ada Tebing untuk Menikmati Pemandangan Laut Dari Atas

Pink Beach Lombok dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi dan terdapat pendopo di atas tebing tersebut. Anda bisa menikmati pemandangan indah dari hamparan tebing pantai.

Selain alasan diatas, ada pula beberapa destinasi wisata terdekat lainnya lho yang bisa Anda kunjungi di dekat Pantai Pink, apa sajakah itu?

6 Destinasi Wisata Terdekat Lain di Pantai Pink yang Bisa Dikunjungi

Nah, setelah Anda tahu ada banyak hal yang bisa dihabiskan di pantai Pink Bech, maka sepertinya Anda jangan sampai melewatkan wisata pantai menarik yang lainnya ini.

Pink Beach Lombok tidak pernah mengecewakan Anda, karena ketika kita sudah mengunjungi objek wisata pantai Lombok ini, Anda masih dapat menjelajahi hingga 6 spot wisata indah lainnya yang membuat Anda takjub.

Anda bisa naik perahu atau biasa disebut warga lokal dengan Pengdao untuk mengunjungi 6 destinasi wisata indah ini. Berikut adalah beberapa spot wisata yang terdekat di sekitar Pantai Pink yang bisa Anda kunjungi.

1. Gili Pasir

Gili Pasir merupakan destinasi yang menarik ketika Anda datang ke Pantai Pink. Wisatawan bisa berfoto selfie dengan indahnya bukit pasir putih di laut.

Ya, tempat ini menjadi tujuan para wisatawan ketika menjelajah pantai pink Lombok karena lokasinya masih terbilang sangatlah dekat.

2. Gili Petelu

Di Gili Petelu, Anda bisa berfoto dengan keindahan biota laut dan ikan-ikan kecil tersembunyi dibalik indahnya terumbu karang. Salah satu tempat wisata menarik di Pantai Pink Lombok ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin melihat pesona alam dunia bawah laut.

3. Gili Gambir

Destinasi Lombok yang satu ini juga masih terjaga keindahannya dan bisa dinikmati untuk snorkeling bersama keluarga. Dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang masih terjaga kelestariannya di alam, Gili Gambir adalah spot foto wisata yang tepat untuk dikunjungi.

4. Pantai Pink Sergi

Pantai ini menjadi pilihan kedua setelah pantai Pink di Lombok. Pantai yang juga berwarna pink ini mempunyai pesona pantai yang masih alami. Ombak yang tenang dan birunya air di pantai ini sangat cocok untuk Anda yang hobi snorkeling.

5. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib Anda kunjungi selanjutnya. Untuk melengkapi aktivitas wisata Anda di pantai Pink Lombok ini, maka Tanjung Ringgit harus masuk dalam salah satu list Anda.

Di Tanjung Ringgit ini, Anda akan melihat pemandangan laut lepas dan deretan tebing karang yang indah dan dijamin membuat Anda terpesona.

6. Meriam Peninggalan Jepang

Selain pantainya yang indah, Anda juga bisa melihat peninggalan sejarah tentara Jepang berupa meriam besar. Meriam ini akan melengkapi aktivitas liburan Anda di Pantai Pink Lombok.

Mulai dari berenang hingga hanya menikmati sunset di pinggir pantai, Pink Beach Lombok adalah destinasi wisata yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal telah datang mengunjunginya! Jika Anda memiliki waktu luang, datang saja ke wisata khas Lombok satu ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!