Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

8 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Membantu Belajar Jarak Jauh

8 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Membantu Belajar Jarak Jauh
Kelas Pintar

8 Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Membantu Belajar Jarak Jauh

Dengan sistem pembelajaran jarak jauh seperti saat ini, kehadiran dari berbagai macam platform pembelajaran dari rasanya semakin mudah ditemukan. Beberapa aplikasi pembelajaran daring tentunya bisa membantu pembelajar tetap terasa aman dan nyaman di rumah, bahkan tanpa harus dibatasi oleh waktu maupun tempat.

Istilah seperti ini sebenarnya sudah mulai populer di beberapa tahun terakhir. Banyak juga yang memanfaatkannya seperti guru, siswa maupun mahasiswa dan dosen. Kehadiran aplikasi daring menjadikan interaksi guru dan siswa jadi lebih mudah meskipun terhalang oleh jarak jauh.

Dengan tujuan agar kegiatan belajar-mengajar tetap selalu lancar serta menyenangkan meskipun memang tidak bisa bertatap muka secara langsung maka hadir beberapa aplikasi online yang bisa digunakan pada smartphone. Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut!

TOC / Daftar Isi
BACA JUGA: Bakti.id - Digital Marketing Insight

Kelas Pintar

Tidak bisa dipungkiri kadang kala siswa juga ada masanya akan sulit memahami pembelajaran yang ada di sekolah. Banyak faktor yang menjadikan rasa bosan tersebut muncul misalnya saja karena cara penjelasan disampaikan secara membosankan. Nah Kelas Pintar hadir untuk mewujudkan belajar yang lebih asyik secara daring.

Aplikasi pembelajaran daring yang dibesut oleh PT Extramarks Education Indonesia satu ini memberikan beberapa solusi belajar lengkap dengan cara online bagi siswa di jenjang sekolah SD, SMP, hingga SMA.

Kelas Pintar bisa dengan mudah Anda akses setiap hari. Ada tiga macam metode belajar interaktif yang ada di sini yakni Learn, Practice, dan Test. Setiap siswa nantinya akan diberikan pemahaman materi lewat video, audio, animasi, serta buku pelajaran online berupa e-book, dan multimedia.

Back to Content ↑

Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sudah meluncurkan aplikasi untuk belajar online secara gratis dengan nama Rumah Belajar. Belajar menggunakan aplikasi rumah belajar terasa menyenangkan karena hadir berbagai macam dukungan seperti video, audio, gambar, sampai animasi dengan bentuk interaktif.

Kehadiran beberapa hal yang disebutkan tadi mampu menjadikan pembelajar secara daring jadi tidak terasa membosankan. Selain itu ada juga fitur menarik lainnya yakni Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Peta Budaya, dan Kelas Maya.

Back to Content ↑

Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu aplikasi bimbingan belajar online yang dirasa lengkap di Indonesia. Bahkan mungkin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pembelajaran daring satu ini karena kerap hadir di iklan televisi. Aplikasi Ruangguru sendiri menyediakan berbagai macam fitur yang tentu akan memberikan manfaat bagi pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Berikut beberapa diantaranya:

Back to Content ↑

1. Video Belajar Animasi

Fitur video belajar animasi sangat memungkinkan Anda dan para pengguna lainnya untuk menonton puluhan ribu jenis video belajar animasi yang mana diajarkan Master Teacher. Semua video yang ada dalam aplikasi Ruang Guru bisa Anda download atau unduh. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah untuk menonton video secara berulang-ulang tanpa harus terkoneksi dengan kuota internet.

Back to Content ↑

2. Latihan Soal dan Pembahasan

Setidaknya ada kurang lebih ratusan ribu soal maupun pembahasan, yang mana memiliki tingkat kesulitan berbeda satu dengan lainnya pada aplikasi pembelajaran daring Ruang guru. Hal ini juga termasuk dengan Higher Order Thinking Skills atau HOTS. Kedepannya, hasil latihan juga akan langsung keluar lengkap dengan pembahasannya.

Back to Content ↑

3. Rangkuman Modul Bimbel

Fitur rangkuman modul bimbel nantinya akan menyajikan rangkuman dengan bentuk yang menarik. Rangkuman tersebut berasal dari setiap materi bimbingan belajar secara visual lewat infografis.

Back to Content ↑

4. Social Learning

Dengan kehadiran aplikasi pembelajaran daring Ruangguru, setiap siswa nantinya bisa melakukan audio call. Audio call ini bisa digunakan untuk diskusi tentang materi yang berasal dari para guru atau Master Teacher.

Back to Content ↑

Quipper School

Ketika berbicara mengenai metode pembelajaran online yang efisien, maka jawabannya ada satu aplikasi yang mana sangat wajib untuk Anda miliki di smartphone. Nama aplikasi tersebut yaitu Quipper School.

Aplikasi Quipper School dikembangkan developer Quipper Ltd . Ketika digunakan maka nantinya aplikasi ini akan membantu Anda dalam memahami secara baik keseluruhan materi pelajaran yang ada di sekolah. Keunggulan dari aplikasi satu ini adalah materi yang diajarkan sudah disesuaikan pada kurikulum resmi yang berasal dari pemerintah.

Keseluruhan materi itu disediakan dalam bentuk video interaktif. Hanya saja, untuk melihat video, Anda diharuskan berlangganan. Aplikasi Quipper juga sangat memungkinkan Anda mengatur sendiri mengenai jadwal belajar setiap minggunya. Cukup menarik bukan?

Back to Content ↑

Zenius

Pada dunia edukasi secara online, Zenius dapat dikatakan sudah memiliki pengalaman yang cukup luas. Pasalnya aplikasi pembelajaran daring ini sudah ada sejak lama. Bahkan, untuk saat ini Zenius sudah hadir dengan basis aplikasi perangkat smartphone.

Aplikasi Zenius menawarkan dan menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa digunakan untuk belajar online. beberapa fitur tersebut seperti Bank Soal, Ujian dengan basis Komputer, Analisis serta Rekapitulasi, Video dan Latihan Soal, hingga Laporan Belajar.

Back to Content ↑

seTARA Daring

Aplikasi pembelajaran daring dengan nama seTARA Daring adalah aplikasi Learning Management System atau LMS dengan rancangan yang berfungsi untuk pembelajaran secara jarak jauh. Bahkan tagline yang ada dari aplikasi tersebut menyebutkan 'Belajar Kapan Saja, Dimana Saja'.

Sebagai aplikasi Learning Management System (LMS), aplikasi seTARA Daring juga menyediakan fitur yang menawarkan kelengkapan pembelajaran. Hal ini dimulai dari perancangan, pelaksanaan pembelajaran, hingga pada tahapan penilaian secara lengkap.

Aplikasi pembelajaran secara daring ini dirancang oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan yang berasal dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Kehadiran aplikasi seTARA Daring menjadikan kelas digital antara guru dan murid terasa lebih mudah sekaligus serba guna.

Salah satu keunggulan yang bisa Anda rasakan dari aplikasi seTARA Daring yakni sudah terhubung serta terintegrasi bersama Sumber Belajar. Dari sini nantinya para guru bisa mengelola pembelajaran secara online dengan aman sekaligus cepat.

Back to Content ↑

Google Suite for Education

Aplikasi Google Suite for Education akan memberikan kemudahan bagi para siswa dan guru bahkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan proses belajar-mengajar. Google menawarkan aplikasi layanan belajar secara daring dan gratis namanya adalah G Suite for Education.

Fitur yang paling banyak dipakai pada aplikasi ini adalah Google Classroom. Dengan fitur tersebut, maka para siswa, guru, dosen, serta mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dengan jarak jauh meskipun berada di rumah. Lewat G Suite for Education, bagi para pengguna bisa terus belajar walaupun ketika akses internet jadi lambat maupun tidak tersedia sekalipun.

Back to Content ↑

Kipin School

Aplikasi Kipin School tentunya bisa dengan mudah diunduh dengan gratis lewat ponsel atau tablet dengan perangkat berbasis Android serta iOS, bahkan pada perangkat laptop atau PC sekalipun.Ada ribuan buku pelajaran sekolah dengan basis online (e-book) pada berbagai macam tingkatan, mulai dengan jenjang SD hingga SMA/SMK.

Back to Content ↑

Kini Anda tidak perlu merasa khawatir lagi meskipun saat ini pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Dukung buah hati dalam belajar dengan beberapa aplikasi pembelajaran daring yang ada di atas. Anda bisa memilih beberapa atau salah satu yang dirasa paling memberikan kenyamanan. Namun beberapa aplikasi tadi memang direkomendasikan. Terima Kasih dan Semoga bermanfaat.