Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Sejarah Singkat Aplikasi TikTok dan Kelebihannya

Sejarah Singkat Aplikasi TikTok dan Kelebihannya
TikTok

Sejarah Singkat Aplikasi TikTok dan Kelebihannya

Siapa sih yang saat ini tidak kenal dengan aplikasi TikTok? TikTok sendiri merupakan adalah platform media sosial di mana perkembangannya tergolong paling cepat. TikTok memberikan ruang atau memungkinkan para penggunanya membuat video pendek dengan durasi 15 detik yang disertai dengan musik, filter, serta berbagai macam fitur kreatif lainnya.

Setidaknya hampir 4 tahun pasca diluncurkan TikTok mulai mengalami ledakan popularitas. Pada akhir tahun 2019, tercatat setidaknya sudah ada 500 juta pengguna aktif yang ada di seluruh dunia. Aplikasi satu ini juga telah digandrungi berbagai kalangan yang ada Indonesia, termasuk juga dengan figur publik.

Hanya saja tidak banyak orang yang tahu mengenai asal mula kehadiran dari TikTok yang saat ini telah jadi di kalangan masyarakat dunia. Nah di bawah ada beberapa penjelasan sedikit mengenai sejarah perkembangan dari TikTok, mulai dari awal kemunculannya hingga puncak kepopulerannya seperti saat ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Tiktok untuk Affiliate Marketing

TikTok Berasal dari Aplikasi Douyin

Siapa yang menyangka jika aplikasi TikTok yang saat ini kita kenal seperti sekarang dulunya bermula bukan dengan nama TikTok. Pada bulan September 2016 lalu, perusahaan asal China, ByteDance mulai meluncurkan aplikasi untuk video pendek dengan nama Douyin. Dalam waktu 1 tahun, Douyin mempunyai 100 juta pengguna serta 1 miliar tayangan video di setiap hari.

Akibat meroket dan meningkatnya popularitasnya tersebut, Douyin mulai melakukan ekspansi ke kawasan luar China dengan nama yang baru serta lebih eye catching, seperti yang saat ini Anda kenal yakni TikTok.

Back to Content ↑

Mengapa TikTok Tercipta?

Misi TikTok yakni merekam, menyajikan kreativitas dan momen berharga yang berasal dari seluruh penjuru dunia lewat genggaman ponsel. TikTok sangat memungkinkan bagi setiap orang menjadi seorang kreator serta mendorong para pengguna membagikan ekspresi kreatif lewat video dengan durasi 15 detik.

Hal yang mana menjadi aplikasi TikTok menonjol dari pada beberapa pesaing lainnya yakni aplikasi hiburan satu ini memungkinkan bagi semua orang untuk bisa jadi seorang kreator melalui kesederhanaan dan kemudahannya. Bahkan Anda sendiri juga merasakan kemudahan menggunakan aplikasi ini bukan?

Dilihat dari perspektif pasar, TikTok cenderung berfokus di video pendek yang lebih menarik perhatian bagi para pengguna sebab tidak memakan banyak waktu. Bahkan para pengguna juga langsung mengidentifikasi konten pilihan serta beralih pada video lainnya apabila tidak tertarik

Back to Content ↑

TikTok Akuisisi Musical.ly

Apabila Anda gemar menjelajah media sosial, maka semakin familiar dengan Musical.ly. Sebelum aplikasi TikTok populer aplikasi yang satu ini menjadi “raja” dari platform di berbagi video pendek, utamanya pada pasar Amerika Serikat. Nah untuk meningkatkan potensi dalam meraih pasar Internasional, ByteDance kemudaian mengakuisisi musical.ly serta mulai menggabungkannya berasa Tik Tok di akhir tahun 2017.

Back to Content ↑

Dari China untuk Dunia

Di awal masa-masa ekspansinya, TikTok sempat jadi viral hanya dengan hitungan waktu yang cepat, khususnya pada kawasan Jepang dan Thailand. TikTok jadi aplikasi gratis yang mana paling banyak diunduh pada dua App Store di masing-masing negara tahun 2017

Sedangkan di Indonesia, TikTok pun sempat viral tahun 2018. Namun, berbeda dengan sekarang, pada saat itu kreator TikTok yang ada di Indonesia mengalami bully-an sebab masih dianggap aneh. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat memblokir TikTok sebab dianggap tidak mendidik.

Saat ini TikTok mulai kembali populer di Indonesia dan didukung kreator lebih beragam. Mulai dengan orang biasa yang mana hanya sekadar mengisi waktu luang serta membuat video TikTok, hingga merambah ke artis maupun pejabat.

Back to Content ↑

7 Kelebihan TikTok

Setelah membahas mengenai sejarah dan awal mula aplikasi TikTok tentunya banyak keunggulan yang bisa dirasakan mengapa aplikasi ini bisa sampai diminati banyak pengguna, Nah di bawah ini ada beberapa keunggulan atau kelebihan dari TikTok.

Back to Content ↑

1. Tidak Perlu Memiliki Akun untuk Melihat Foto

Tidak sama dibandingkan beberapa aplikasi lainnya, TikTok sendiri dibilang jadi aplikasi yang sangat mudah digunakan. Bahkan Anda tidak perlu mempunyai akun sendiri agar bisa melihat video-video di TikTok.

Tentunya hal ini bermanfaat untuk Anda yang terkadang malas masuk pada sebuah aplikasi menggunakan akun. Di TikTok Anda dapat langsung menggunakan dan melihat video tanpa harus memiliki akun.

Back to Content ↑

2. Sajian Video Pendek dengan Durasi 15 Detik

Durasi video yang terdapat pada aplikasi di TikTok berdurasi 15 detik. Dengan durasi yang pendek serta singkat mampu menjadikan orang-orang sedang memakai aplikasi ini lebih hemat dalam masalah kuota internet. Selain itu, durasi dari video yang singkat justru terlihat tidak membosankan dan monoton.

Back to Content ↑

3. Menyajikan Filter yang Sangat Beragam

TikTok sendiri menyuguhkan filter yang beragam dan tentunya bisa digunakan para penggunanya. Pihak TikTok mengklaim jika filter yang dimiliki cukup berbeda daripada aplikasi serupa.

Back to Content ↑

4. Mempunyai Challenge

Selanjutnya, TikTok mempunyai kelebihan lain yakni adanya challenge yang beragam. Challenge sendiri biasanya hadir pada seluruh negara yang mana menggunakan TikTok. Di Indonesia juga ada beberapa challenge viral loh misalnya saja #TakTahuMalu, #FilterSwipe, dan lainnya.

Back to Content ↑

5. Bisa Memakai Background Musik Pilihan

Kelebihan dari aplikasi TikTok yang satu ini bisa dibilang kelebihan paling menonjol. Pada aplikasi TikTok para pengguna dapat menambahkan musik sebagai latar pada membuat video sehingga terlihat lebih hidup. Pilihan musik latar pada TikTok ditawarkan juga bisa dibilang cukup banyak serta up to date.

Back to Content ↑

6. Tidak Terdapat Iklan

Aplikasi TikTok jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya memiliki kelebihan yang cukup menyenangkan, dimana tidak terdapat iklan. Dengan adanya kelebihan semacam ini, maka pengalaman para pengguna dalam menggunakan aplikasi satu ini tentunya akan semakin puas. Anda bisa menonton video sepuasnya.

Back to Content ↑

7. Ada Fitur For Your Page

Pada saat Anda pertama kalinya menginstal aplikasi TikTok, maka tampilan pertama yang akan disajikan yakni FYP. Di dalam hal ini aplikasi akan menampilkan berbagai video yang bisa disesuaikan dengan minat dari para pengguna. FYP berisi rekomendasi video pilihan dari algoritma TikTok.

Aplikasi TikTok mempunyai dua menu beranda. Menu pertama ditujukan untuk akun-akun yang diikuti, sedangkan untuk menu kedua adalah video yang ada dari semua pengguna. Yang kedua seperti ini disebut dengan fitur For Your Page atau FYP sebutan dari para pengguna TikTok. Banyak pengguna ingin video yang dimiliki masuk FYP agar akun bisa lebih mudah terkenal.

Di FYP, algoritma dari TikTok akan menampilkan berbagai macam video yang mana kira-kira disukai para penggunanya. Banyak video keren muncul pada beranda pengguna tanpa harus mengikuti banyak akun. Hal ini tentunya lebih terasa natural serta menyenangkan karena pengguna akan disuguhkan hal-hal baru di saat membuka TikTok.

Back to Content ↑

Di atas tadi adalah beberapa hal atau penjelasan mengenai aplikasi paling populer yakni aplikasi TikTok. Kini Anda jadi lebih tahu jika sedikit sejarah dari TikTok dan beberapa kelebihan yang mungkin tidak bisa ditemukan pada beberapa aplikasi semacamnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!