Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Nokia 5.3. Tak Kalah dengan Brand Pendatang, Ini Dia Spesifikasi Lengkapnya

Nokia 5.3. Tak Kalah dengan Brand Pendatang, Ini Dia Spesifikasi Lengkapnya
Nokia 5.3

Nokia 5.3. Tak Kalah dengan Brand Pendatang, Ini Dia Spesifikasi Lengkapnya

HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, telah berhasil meluncurkan smartphone terbarunya, yah memang bukan sebuah flagship namun untuk kelas menengah yaitu Nokia 5.3. Ponsel tersebut resmi diumumkan pada live streaming akun official Nokia Mobile melalui YouTube.

Dibanderol dengan harga Rp. 3 juta, perangkat terbaru Nokia pada tahun 2020 ini memiliki fitur yang mumpuni di kelasnya. Juho Servikas selaku Chief Product Officer HMD Global menyatakan bahwa Nokia 5.3 hadir dengan kelebihan di bagian layar serta daya baterai yang tahan hingga dua hari.

Keunggulan tersebut tentu saja sangat mendukung aktivitas harian Anda, baik indoor maupun outdoor tanpa harus mengkhawatirkan persentase daya dan mencari stop kontak untuk melakukan charging. Kemudian apa lagi keunggulan dari spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari Nokia ini? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Hp Android Nokia dengan Ketahanan Ala Nokia

Desain Khas Nokia 5.3

Desain yang dimuat pada Nokia 5.3 menggunakan desain khas Skandinavia yang mengutamakan kualitas serta craftsmanship. Sebagaimana hal tersebut diungkapkan oleh sang desainer Raun Forsyth selaku Head of Design pada HMD Global. Ya, memang keduanya akan langsung Anda rasakan ketika menggenggam ponsel terbaru Nokia ini.

Untuk dimensi Nokia 5.3 dapat dikatakan cukup lebar namun ramping dengan ketebalan 8,5 mm saja. Untuk bobotnya juga cukup ringan yaitu berkisar 185 gram, hal ini dikarenakan penggunaan material plastik komposit untuk back covernya.

Meskipun tidak berbahan metal, namun dirasa sudah cukup kokoh dan khas dari smartphone Nokia. Di bagian atas terdapat poni atau notch tempat bertengger kamera depan serta bagian bawah dengan bezel yang cukup tebal sebagai tempat tulisan Nokia.

Untuk lebih menekankan kesan ramping body Nokia 5.3, pada setiap sudutnya didesain dengan lengkungan yang ergonomis. Sehingga lebih terlihat kokoh dan stylish. Sedangkan pada bagian belakang smartphone terbaru ini memiliki sentuhan akhir doff, menjadikannya tidak licin ketika digenggam meski agak mudah kotor.

Pada bagian belakang Nokia 5.3 Anda juga akan menemukan modul 4 kamera yang disusun berbentuk lingkaran dengan penempatan LED flash di tengah. Model seperti ini agak mengingatkan dengan Nokia 7.2 yang telah dipamerkan tahun lalu.

Tidak hanya sampai disitu, pada garis tengahnya, HMD Global menempatkan sensor fingerprint konvensional yang menambah tampilan elegan si ponsel. Nokia 5.3 juga dilengkapi dengan tombol fisik Google Assistant di sisi kiri ponsel, memudahkan Anda untuk menggunakan fitur yang disuguhkan oleh Google.

Sedangkan pada sisi kanan perangkat, Anda akan menemukan tombol volume dan power yang dipercantik dengan adanya lampu notifikasi LED. Nokia 5.3 juga dilengkapi dengan port jack audio 3.5mm, USB type C, grill mikrofon dan speaker.

Back to Content ↑

Dapur Pacu Snapdragon 665

Untuk performanya, Nokia 5.3 ini mempercayai Snapdragon 665 dari Qualcomm. Dengan chipset tersebut, dapat dikatakan bahwa Nokia 5.3 sejajar dengan smartphone kompetitor seperti OPPO A5 atau Redmi Note 8 yang diprakarsai oleh chipset yang sama.

Untuk mendukung performa yang tidak tanggung-tanggung, Snapdragon 665 bersanding dengan memori RAM 6GB serta ROM atau penyimpanan internal dengan kapasitas hingga 64GB. Dengan komposisi dapur pacu yang demikian, tenaga Nokia 5.3 dapat dibilang mulus tanpa harus mengalami lag yang mengganggu aktivitas pengguna.

Selain itu, penggunaan sistem operasi Android 10 yang murni (Android One) lebih menyempurnakan kinerja ponsel terbaru dari Nokia ini. Membuka beberapa aplikasi serta berpindah membuka dari aplikasi satu ke yang lain dapat dilakukan dengan cepat. Membuka lock screen dengan finger print atau face recognition juga dapat dilakukan dengan cepat tanpa lemot.

Tidak hanya untuk aktivitas ringan saja, Nokia 5.3 juga terbukti aman dan lancar digunakan untuk bermain game seperti Free Fire, PES 2020, PUBG dan Call of Duty: Mobile. Sehingga ponsel ini juga dapat dikatakan recommended untuk para gamers.

Karena menjadi bagian dari Android One, maka Nokia 5.3 akan mendapatkan pembaharuan sistem berkala setidaknya dua tahun. Sehingga nantinya ponsel tersebut akan kebagian hingga Android 12. Nah, ini merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Nokia 5.3.

Back to Content ↑

Baterai 4000 mAh

Untuk daya tahannya sendiri, Nokia 5.3 memiliki kapasitas baterai hingga 4.000 mAh dan dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 10 watt. Dengan begitu, ponsel ini dapat digunakan untuk aktivitas media sosial seperti twitter, FaceBook, Instagram, WA, Line atau streaming bahkan bermain game casual dalam waktu yang relatif lama.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika sedang asyik menonton film maupun bermain game kesayangan. Semua aman terkendali berkat kapasitas baterai besar yang dimiliki oleh perangkat terbaru Nokia ini.

Back to Content ↑

Layar 6,55 inch dengan Full View Display

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Nokia 5.3 hadir dengan fingerprint konvensional pada bagian belakang perangkat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya perangkat tersebut telah dibekali dengan layar IPS LCD serta dengan ukurannya 6,55 inch.

Layar tersebut mampu menampilkan foto, video atau halaman web secara detail dan jelas meskipun resolusi yang dimiliki dapat dibilang minim, yaitu masih HD+ atau 720 piksel. Di samping itu, layar Nokia 5.3 memiliki rasio 20.9, dimana masih menyisakan ruang jika digunakan untuk menonton film dalam format wide screen.

Kelebihan lain yang smartphone ini tawarkan adalah, layarnya yang masih terlihat jelas meskipun berada di bawah terik matahari. Anda juga dapat mengatur white balance dengan Android 10 untuk menyetel kecerahan layar. ya, meskipun tidak memiliki refresh rate yang tinggi layaknya smartphone yang saat ini marak beredar.

Back to Content ↑

4 Kamera Melingkar

Kamera selfie atau kamera depan telah bertengger manis di poni. Sedangkan untuk 4 kamera belakang disusun secara simetris dalam sebuah lingkaran, dimana bagian tengah adalah flash LED. Kamera utama 13 MP, kemudian lensa ultra wide 5 MP, lensa macro 2 MP dan lensa depth 2 MP.

Dengan komposisi kamera tersebut, membuat gambar yang dihasilkan cukup bagus, meskipun masih tampak noise jika gambar yang diambill tanpa mendapatkan cahaya yang cukup. Sebaliknya, hasil bidikan akan tampak sempurna jika di luar ruangan dengan pencahayaan yang memadai.

Kelebihan yang di Nokia 5.3 tawarkan untuk penggemar foto bokeh adalah kemampuannya yang dapat memisahkan objek dengan latar belakang atau background dengan baik. Dimana teknologi AI sangat berpengaruh secara signifikan disini.

Fitur lain yang ditawarkan adalah teknologi algoritma scene detection yang dapat memindai objek sesuai kategori. Seperti bunga, binatang atau pemandangan dll. Selain itu, fitur HDR juga sangat berguna untuk mengatur highlight serta shadow yang sesuai dengan objek.

Tidak ketinggalan juga fitur night mode yang dapat diaktifkan untuk mengambil gambar pada malam hari atau ketika low light. Anda juga dapat memanfaatkan teknologi ultra wide untuk mengambil gambar dengan detail latar yang maksimal.

Back to Content ↑

Nah, itulah sederet fitur serta keunggulan yang akan Anda dapatkan, jika menggunakan Nokia 5.3. Berniat memilikinya? Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!