Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Kebiasaan yang Membuatmu Makin Pintar

10 Kebiasaan yang Membuatmu Makin Pintar
10 Kebiasaan yang Membuatmu Makin Pintar

10 Kebiasaan yang Membuatmu Makin Pintar

Aktivitas sehari-hari bisa mempengaruhi karakter yang terbentuk dalam diri kita. Daripada mempunyai kebiasaan yang kurang produktif dan terkesan membuang-buang waktu, lebih baik melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat bukan? Hal ini disebabkan karena mempunyai kebiasaan yang buruk akan membuat tingkat kepintaran dalam diri kita bisa perlahan menurun, loh!

Oleh karena itu, kita perlu menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari yang akan membuat kinerja otak kita menjadi lebih baik lagi. Sebenarnya, kidak perlu bersusah payah untuk mencari cara atau alat yang bisa membantu kita dalam masalah ini.

Hal ini disebabkan karena untuk meningkatkan kinerja otak, kita bisa melakukan beberapa kebiasaan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kita bisa mempunyai kepintaran yang dapat dijadikan sebagai modal penting untuk masa depan yang gemilang. Apa saja ya? Berikut 10 kebiasaan yang dapat membuatmu makin pintar.

TOC / Daftar Isi

Bermain Games yang Mengasah Kinerja Otak

Bagi kebanyakan orang, mungkin akan beranggapan bahwasanya bermain games pasti akan berdampak negatif. Padahal, kalau dilihat dari sisi yang berbeda, terdapat banyak sekali games yang malah memberikan dampak positif bagi pemainnya.

Salah satu games yang terkenal bisa membawa dampak positif adalah games yang bergenre strategi.Misalnya saja seperti Catur, Sudoku, Puzzle, dan berbagai games lainnya yang bisa dengan mudah kita unduh di smartphone kita.

Back to Content ↑

Manfaatkan Dunia Maya dengan Bijaksana

Sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan orang di zaman serba digital seperti saat ini untuk berselancar di dunia maya. Namun, kebanyakan dari mereka biasanya malah cenderung melakukan berbagai kegiatan yang kurang bermanfaat di sana.

Daripada menghabiskan waktu untuk bermain media sosial yang kurang produktif, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat bukan? Seperti yang kita tahu, internet merupakan sumber ilmu yang tak berujung dan tidak akan pernah habis.

Kita bisa mengganti kegiatan kurang produktif itu dengan cara mengikuti kursus online, membaca blog, atau menonton video berbagai macam video yang bermanfaat. Hal tersebut bahkan juga bisa menginspirasi dan membuat waktu online kamu lebih bermanfaat.

Back to Content ↑

Jangan Terlalu Sering Begadang, Beristirahatlah dengan Cukup

Pernahkah kamu merasakan hampir semalaman tidak bisa tidur? Biasanya yang terjadi adalah esok harinya kita akan merasa lemas dan tidak punya semangat untuk menjalani kegiatan. Untuk menghindari hal ini, kita sebaiknya tidur dan beristirahat dengan porsi yang cukup.

Jangan terus-menerus menggunakan otak kita, otak perlu istirahat untuk beberapa jam. Hal ini akan berdampak pada kinerjanya yang bisa kembali maksimal lagi. Tidurlah dengan cukup dengan batas minimal 8 jam per hari.

Back to Content ↑

Bergabunglah dengan Lingkungan Pertemanan yang Pintar

Mungkin hal ini terkesan khayalan dan tidak terlalu berguna. Padahal, kalau diumpamakan, kepintaran dari seseorang itu seperti flu yang bisa menular pada lingkungan sekitarnya. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli yang melakukan riset.

Saat kita dikelilingi oleh orang-orang pintar dan terus mengikuti obrolan dan pembahasan keren mereka, percayalah hal ini akan berdampak baik pada kita. Sebab, semakin lama maka kita akan semakin mengerti dan tentu saja akan jadi pintar.

Back to Content ↑

Minumlah Air Putih dengan Rutin dan Teratur

Kita pasti tahu bahwasanya tubuh manusia ini 60 persen nya terdiri dari zat cair. Porsi minum untuk manusia sehari-hari setidaknya harus minum tiga liter air. Jumlah tersebut ditetapkan sesuai dengan hasil penelitian dari para ahli, bukan tanpa data dan fakta yang tidak jelas.

Air yang masuk ke tubuh akan melarutkan berbagai macam racun dalam tubuh kita. Selain itu, air juga dapat menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi dan berbagai macam manfaat lainya.

Salah satu manfaat terpenting yang didapatkan saat kita minum air putih secara teratur adalah mampu meningkatkan kinerja otak. Hal ini membuat otak dapat bekerja dengan maksimal dan mempunyai daya pikir yang baik.

Back to Content ↑

Rajin Membaca, Gerbang Utama untuk Mempunyai Otak yang Jenius

Cara ini sepertinya menjadi cara yang paling ampuh agar kita bisa selalu menelaah dan mengetahui berbagai informasi penting. Selain membuat kita semakin pintar, nyatanya membaca juga dapat membuat wawasan kita semakin bertambah tentang berbagai hal.

Saat ini kita bisa membaca berbagai hal tidak hanya melalui koran dan media cetak lainnya. Kita tetap bisa membaca untuk mengetahui berbagai hal melalui internet. Mulai dari berita, artikel, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Buatlah Daftar tentang Hal yang Telah Diraih dalam Sehari

Kalau biasanya kamu membuat daftar hal-hal yang ingin kita dapatkan, sekarang coba kamu membuat daftar hal-hal telah berhasil kamu raih. Hal seperti ini lebih dikenal dengan sebutan “done list”. Hal seperti ini kebanyakan direkomendasikan oleh beberapa motivator terkenal dan telah sukses karena berhasil menerapkan hal tersebut.

Sebenarnya, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun rasa percaya diri dan melakukan apresiasi terhadap diri kita. Hal ini kita lakukan dengan cara mengungkapkan kembali pencapaian apa saja yang telah berhasil kita dapatkan.

Back to Content ↑

Menjadi “Seperti” Guru Bagi Temanmu akan Membuat Kinerja Otak Menjadi Lebih Baik

Ilmuwan terkenal dan penemu temuan hebat, Albert Einsten pernah berkata, “Jika kamu belum bisa menjelaskan satu hal secara sederhana, hal itu menandakan bahwa kamu belum benar-benar memahaminya.”

Selain membaca dan menulis, ada cara lain yang bisa kita lakukan agar bisa cepat paham terhadap suatu hal. Hal ini bisa dilakukan cara seolah-olah menjadi guru yang sedang menjelaskan suatu hal ke orang lain.

Pada zaman sekarang, untuk bisa mendapatkan informasi baru memang sangatlah mudah. Akan tetapi, hal terpenting yang sebenarnya adalah bagaimana kita bisa tetap menyimpan informasi itu dan membagikannya ke orang lain.

Back to Content ↑

Jangan Belajar Terus-Menerus, Sesekali Berolahragalah untuk Menyegarkan Pikiran

Kebanyakan orang masih beranggapan bahwasanya dengan kita belajar secara terus-menerus tanpa istirahat akan membuat kita semakin cepat pintar. Padahal, pada kenyataannya hal seperti ini tidak benar.

Bahkan, hal tersebut lama kelamaan dapat membuat kita jenuh dan tidak akan ada pengetahuan baru lagi yang bisa kamu serap dengan baik. Oleh karena itu, sesekali berolahragalah guna melakukan penyegaran pikiran. Hal tersebut pasti akan berdampak besar setelah kita mencobanya.

Back to Content ↑

Jangan Pernah Takut Gagal, Teruslah Mencoba Berbagai Hal Baru

Saat kita memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba berbagai macam hal baru pastinya tidak akan berjalan semudah yang dibayangkan. Kita pasti terkadang akan mengalami kegagalan dan membuat kita harus memulainya lagi dari awal.

Namun, sebaiknya jadikan hal tersebut sebagai pengalaman dan kamu bisa belajar dari hal tersebut. Dengan demikian, saat percobaan kedua nanti kamu akan mempunyai tingkat risiko yang lebih minim dan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Back to Content ↑

Sudah siap melakukan 10 hal yang bisa membuatmu makin pintar? Yuk, semangat! Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!