Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

9 Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja

9 Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja
9 Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja

9 Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja

Meskipun masih kuliah, namun bukan berarti Anda tidak bisa bekerja. Karena kini, ada banyak perusahaan yang menerima karyawan yang masih berstatus mahasiswa. Terutama bagi Anda yang berstatus mahasiswa PPM School & Kuliah Karyawan. Setidaknya ada beberapa keuntungan kuliah sambil kerja yang bisa kamu peroleh, bilamana Anda memutuskan kuliah sambil untuk bekerja. Apa saja? Ini dia beberapa diantaranya:

TOC / Daftar Isi

9 Manfaat dan Keuntungan Kuliah Sambil Kerja

Bagi sebagian orang, aktivitas kuliah terbilang sangat menyita waktu, sehingga hampir semua mahasiswa tidak memiliki niat dan keinginan untuk kuliah sambil bekerja. Namun bagi sebagian lagi, kuliah sambil kerja justru memberikan keuntungan tersendiri.

Bagi Anda yang memiliki niat dan keinginan untuk kuliah sambil kerja, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan kuliah sambil kerja yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

Back to Content ↑

1. Menambah Penghasilan

Sudah menjadi hal yang tak perlu dijelaskan lagi, bahwa bekerja tentunya bisa menambah penghasilan bagi karyawan/pekerja itu sendiri. Begitu juga dengan Anda, yang kini masih berstatus mahasiswa, namun memiliki keinginan untuk kuliah sambil bekerja.

Dimana dengan bekerja ini, Anda akan memperoleh penghasilan, yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebagai uang jajan, membayar biaya kost, menabung, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

2. Membantu Meringankan Biaya Kuliah

Selain memperoleh penghasilan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan Anda sehari-hari, Anda juga bisa memanfaatkan penghasilan yang Anda peroleh dari bekerja tersebut untuk membayar biaya kuliah. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi meminta uang kepada orangtua untuk membayar biaya kuliah tersebut.

Back to Content ↑

3. Menjadi Mandiri

Keuntungan kuliah sambil kerja lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu Anda menjadi mandiri. Dengan kata lain, saat bekerja, Anda dituntut untuk melakukan pekerjaan seorang diri. Berbeda halnya jika masih berada di kampus, yang mana semua tugas kuliah yang Anda kerjakan, sebagian besar diantaranya memerlukan bimbingan dosen.

Back to Content ↑

4. Menambah Wawasan

Pada umumnya, dunia kerja sangatlah berbeda dengan suasana di kampus. Dalam arti, jika saat kuliah Anda hanya mendapatkan ilmu berdasarkan materi yang diberikan oleh dosen saja. Maka saat memasuki dunia kerja, Anda mungkin akan mendapatkan ilmu-ilmu baru, yang belum pernah Anda dapatkan saat kuliah.

Back to Content ↑

5. Berpandangan Jauh ke Depan

Jika selama kuliah, Anda hanya mengandalkan teori yang ada pada materi perkuliahan saja, dan tidak memiliki sifat kritis dan juga kreatif. Maka saat berada di dunia kerja, Anda bukan hanya dituntut untuk lebih mandiri.

Namun juga dituntut untuk selalu optimis, kreatif, kritis, dan juga berpikiran jauh ke depan. Tujuannya tentu saja, agar Anda bisa menghasilkan karya-karya maupun inovasi baru, yang berguna bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

Back to Content ↑

6. Mengasah Mental

Berada di lingkungan kerja tentunya berbeda dengan berada di lingkungan perkuliahan. Dimana dalam dunia kerja ini, Anda mungkin saja akan dihadapkan pada masalah pekerjaan yang banyak, masalah intern dengan atasan maupun para karyawan lainnya, dan sejumlah masalah lainnya, yang menuntut Anda untuk bisa menjadi lebih kuat dan tangguh. Dimana hal tersebut, secara tidak langsung bisa mengasah mental Anda.

Back to Content ↑

7. Pintar Membagi Waktu

Selain keuntungan-keuntungan diatas, keuntungan kuliah sambil kerja lainnya yang pastinya dirasakan oleh setiap mahasiswa yang bekerja yaitu pintar membagi waktu. Mengapa demikian? Karena Anda bisa membayangkan sendiri, bilamana seseorang yang masih berstatus mahasiswa, namun tidak bisa membagi waktu dengan cermat, maka hal tersebut akan berimbas pada jadwal kuliah yang berantakan.

Bukan hanya itu saja, seseorang yang tidak bisa membagi waktu antara kuliah dan waktu bekerja ini biasanya akan memungkinkan banyak pekerjaan kantor yang akhirnya tertunda, ataupun tidak diselesaikan dengan baik.

Back to Content ↑

8. Mendapatkan Pengalaman

Pada umumnya, saat seseorang baru lulus kuliah, biasanya orang tersebut belum memiliki pengalaman kerja sama sekali (fresh graduate). Namun hal ini akan berbeda jika Anda telah bekerja sebelumnya, meskipun saat itu Anda masih berstatus mahasiswa.

Karena meskipun Anda baru lulus kuliah, namun Anda sudah memiliki pengalaman bekerja, yang nantinya pengalaman bekerja ini bisa dijadikan bahan dalam pembuatan CV, yang bisa dijadikan pertimbangan bagi perusahaan nantinya. Terutama jika di masa nanti, Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan Anda yang sekarang, dan berniat untuk mencari pekerjaan yang baru.

Back to Content ↑

9. Mendapatkan Relasi Baru

Tak bisa dipungkiri, bahwa dengan bekerja, Anda akan memperoleh rekan dan relasi baru. Dimana dengan adanya relasi ini, memungkinkan Anda mendapatkan koneksi kerja yang akan berguna bagi karir Anda di masa depan.

Misalnya, dengan memiliki relasi baru yang diperoleh di tempat kerja, maka Anda bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan lain yang menawarkan gaji yang tinggi, memiliki kesempatan untuk dipromosikan oleh sesama rekan kerja/relasi Anda, sebagai referensi kerja, bilamana Anda berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan lainnya, dan sebagainya.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Meskipun Anda masih berstatus mahasiswa, sebenarnya Anda juga masih bisa memenuhi keinginan Anda untuk bekerja. Hal ini dikarenakan, hingga kini, masih banyak perusahaan yang menerima karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut. meskipun mereka masih dalam status sebagai mahasiswa.

Selain bisa memperoleh penghasilan, kuliah sambil bekerja juga ternyata memiliki sejumlah keuntungan yang lainnya. Dimana semua keuntungan kuliah sambil kerja tersebut telah dijelaskan dalam poin-poin diatas.

Meskipun demikian, bukan berarti saat Anda melamar pekerjaan tersebut, Anda tidak memiliki skill dan basic sama sekali. Karena bagaimanapun juga, beberapa perusahaan umumnya memiliki kriteria tersendiri, dalam menerima setiap karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, pastikan terlebih dahulu, bahwa pekerjaan yang akan Anda lakukan, sesuai dengan skill dan juga basic Anda, maupun sesuai dengan ilmu yang Anda pelajari di kuliah.

Jika masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang menawarkan peluang kerja yang menjanjikan, maka Anda bisa memilih jurusan manajemen bisnis. Hal ini dikarenakan, hingga kini, masih banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang merupakan lulusan dari salah satu jurusan yang bisa Anda temukan di PPM School of Management ini.

Bukan hanya itu saja, jika selama ini Anda belum berkeinginan untuk kuliah sambil kerja, dikarenakan khawatir tidak bisa membagi waktu. Maka pilihan yang tepat bagi Anda yaitu dengan memilih kuliah untuk kelas karyawan, yang tersedia di PPM School of Management.

Dimana pada jenis perkuliahan ini, Anda bisa berkuliah di akhir pekan (weekend), biasanya di hari sabtu dan minggu. Sehingga hal tersebut tidak akan mengganggu waktu Anda untuk bekerja di perusahaan. Untuk informasi mengenai jurusan dan jadwal perkuliahan untuk kuliah karyawan ini, bisa Anda tanyakan secara langsung, pada panitia penerimaan mahasiswa baru PPM School of Management.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai keuntungan kuliah sambil kerja yang perlu Anda ketahui. Khususnya bagi Anda yang masih dalam status mahasiswa, namun memiliki keinginan untuk bekerja, maupun bagi Anda yang kini tengah mencari jurusan kuliah yang bisa diikuti sambil bekerja. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih!