Skip to main content

Masih Bingung Membedakan antara Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informasi? Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini!

Masih Bingung Membedakan antara Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informasi? Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini!
Jurusan Sistem Informasi

Masih Bingung Membedakan antara Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informasi? Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini!

Seringkali orang banyak yang mengira bahwa jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang sama dengan Teknik Informatika. Namun sebenarnya keduanya jelas berbeda. Bahkan mungkin jika dilihat dari cakupan ilmu dan juga jenjang karir.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu jurusan Sistem Informasi, dan hingga kini masih sulit membedakan antara kedua jurusan tersebut, ada baiknya Anda menyimak sejumlah informasi di bawah ini. Siapa tahu, informasi di bawah ini akan sangat berguna bagi Anda, dalam menentukan jurusan mana yang sebaiknya Anda ambil, yang memang sesuai dengan jenjang profesi yang ingin Anda jalani nantinya.

TOC / Daftar Isi

Pengertian dari Jurusan Sistem Informasi, dan Perbedaannya dengan Teknik Informasi

Meskipun sekilas terlihat sama, namun sebenarnya jurusan Teknik Informatika dan juga Sistem Informasi jelas sangat berbeda. Dimana dalam jurusan Teknik Informatika, Anda akan diajarkan mengenai cara untuk merancang, mengembangkan, melakukan pengujian, hingga melakukan evaluasi mengenai sistem operasi software komputer.

Hal ini sangat jauh berbeda dengan jurusan Sistem Informasi, yang mana dalam kesehariannya, mahasiswa jurusan ini akan diajak mengenai cara mempelajari ilmu-ilmu komputer, yang digabungkan dengan ilmu mengenai administrasi bisnis dan juga ekonomi, secara bersamaan dalam satu paket.

Dengan kata lain, seorang lulusan dari jurusan Sistem Informasi ini diharapkan bukan hanya bisa memahami mengenai teknik perancangan dan pengoperasian komputer saja. Namun lebih dari itu, seorang lulusan jurusan mengenai Sistem Informasi diharapkan bisa mengembangkan sistem pengolahan data, yang disajikan dalam sebuah pesan, yang bisa menjadi informasi yang berguna kelak bagi perusahaan tempatnya bekerja.

Namun sebenarnya bukan hanya itu saja, ada beberapa perbedaan lainnya yang membedakan antara jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Ilmu yang Dipelajari

Jika dilihat dari ilmu yang dipelajari, jelas sekali bahwa jurusan Teknik Informatika dan juga Sistem Informasi sangatlah berbeda. Dimana dalam jurusan Teknik Informatika, ilmu yang dipelajari yaitu mengenai ilmu perakitan komputer, yang meliputi spektrum teoritis, robotika, dan semacamnya.

Sementara dalam jurusan Sistem Informasi, Anda akan diajarkan mengenai beberapa ilmu yang berkaitan dengan teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi bisnis, yang meliputi:

  • Bahasa Pemrograman
  • Sistem dan Teknologi Informasi
  • Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
  • Manajemen Risiko Teknologi Informasi
  • Manajemen Proyek Teknologi Informasi
  • Desain dan Manajemen Jaringan Komputer
  • Desain dan Manajemen Proses Bisnis
  • Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknologi Informasi
  • Keamanan Aset Informasi
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak

Back to Content ↑

2. Bidang yang Tersedia

Karena menyangkut cara perakitan dan pemrograman komputer, maka bidang yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika adalah seputar ilmu komputasi, yang terdiri dari analisis numerik, sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), rekayasa software, analisis algoritma, arsitektur komputer, sistem operasi komputer, teori komputasi, dan juga jaringan komputer.

Sementara bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu jurusan Sistem Informasi, maka Anda bisa melihat bahwa setiap mahasiswa jurusan ini dituntut untuk bisa menguasai bidang ilmu pondasi bisnis. Dimana dalam bidang ini, setidaknya mahasiswa jurusan Sistem Informasi bisa menguasai beberapa materi pelajaran yang telah disebutkan pada poin sebelumnya.

Back to Content ↑

3. Kurikulum

Sesuai dengan ilmu dan bidang yang diberikan, setiap mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan diberikan kurikulum yang berkaitan dengan logika matematika, algoritma, serta komputasi. Sedangkan pada jurusan mengenai Sistem Informasi ini, kurikulum yang diberikan yaitu berkaitan dengan teknologi, sistem informasi, dan juga bisnis, yang digabungkan antara satu dan yang lainnya, yang dilakukan untuk kemajuan perusahaan, di tempatnya bekerja nantinya.

Back to Content ↑

4. Keahlian

Setiap lulusan dari jurusan Teknik Informatika diharapkan bisa merancang, merakit, hingga mengembangkan sistem komputasi yang biasa ada pada sebuah komputer. Hal ini sangat jauh berbeda dengan jurusan Sistem Operasi, yang mana setiap lulusan dari jurusan ini, diharapkan bisa memiliki keahlian dalam merancang, mengembangkan, hingga menerapkan sistem operasi pada perusahaan/organisasi.

Back to Content ↑

5. Jenjang Karir

Lulusan dari jurusan Teknik Informatika biasanya akan berpeluang untuk diterima bekerja di perusahaan pada posisi sebagai data scientist, ahli IT, game creator, game developer, application engineer, serta software engineering.

Sedangkan lulusan dari jurusan Sistem Operasi biasanya akan mudah diterima bekerja sebagai konsultan IT, software developer, tech start up, data scientist, bahkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang Sistem Operasi pemerintahan.

Back to Content ↑

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Jurusan Sistem Informasi

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu jurusan Sistem Informasi dan juga perbedaannya dengan jurusan Teknik Informatika, maka kini Anda bisa menentukan pilihan mengenai jurusan yang akan Anda ambil nantinya, yang disesuaikan dengan jenjang karir dan profesi yang ingin Anda jalani nantinya.

Namun bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai ahli sistem informasi yang memiliki skill mengenai teknologi dan juga manajemen bisnis, maka tentunya Anda perlu memilih jurusan Sistem Informasi.

Bukan hanya itu saja, ada sejumlah alasan lainnya mengapa Anda harus memilih jurusan yang satu ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa sebagai seorang lulusan dari jurusan Sistem Informasi, Anda akan berpeluang bekerja di perusahaan sebagai data scientist, software developer, dan juga ahli IT. Bukan hanya itu saja, lulusan dari jurusan ini juga berpeluang untuk membuka bisnis sendiri sebagai tech startup, maupun menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Back to Content ↑

2. Banyak Diperlukan Oleh Perusahaan

Tak bisa dipungkiri, bahwa beberapa profesi seperti data scientist, ahli IT, dan juga ahli Sistem Informasi sangat diperlukan saat ini. Bahkan bisa dikatakan, hampir semua perusahaan yang ada selalu membuka lowongan bagi para lulusan dari jurusan ini.

Back to Content ↑

3. Lebih Mudah Dipelajari

Dibandingkan dengan beberapa mata pelajaran yang diberikan pada jurusan Teknik Informatika, materi yang diberikan pada jurusan dari Sistem Informasi bisa dikatakan lebih sederhana, dan mudah untuk dipelajari. Dengan kata lain, setiap orang yang memiliki basic apapun, bisa dengan mudah mempelajari materi yang diberikan pada jurusan ini.

Back to Content ↑

4. Memiliki Beberapa Skill Sekaligus

Bukan hanya ahli dalam hal teknologi saja, Anda sebagai lulusan dari jurusan Sistem Informasi ini juga bisa memiliki kemampuan (skill) lainnya, seperti manajemen bisnis, hingga membuat dan mendesain web. Dengan kata lain, setiap lulusan dari jurusan dari Sistem Informasi akan memiliki peluang untuk menguasai berbagai kemampuan (skill) sekaligus.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa informasi penting mengenai jurusan Sistem Informasi ini. Kiranya dengan menyimak informasi diatas, kini Anda telah bisa membedakan apa itu jurusan Sistem Informasi dan juga jurusan Teknik Informatika. Sekian, Terima kasih dan Semoga informasi diatas bermanfaat!