Skip to main content

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru Menjadi Kuota Telkomsel Reguler

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru Menjadi Kuota Telkomsel Reguler
Cara Mengubah Kuota Ruang Guru Menjadi Kuota Telkomsel Reguler

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru Menjadi Kuota Telkomsel Reguler

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk memutar otak bagaimana cara untuk menjalankan aktifitas sehari-hari dengan meminimalisir pertemuan fisik. Maka dari itu metode pembelajaran jarak jauh menjadi metode favorit di zaman yang lekat dengan pandemi seperti saat ini.

Metode yang biasa digunakan diantaranya adalah pembelajaran via email, whatsapp, atau bahkan lewat zoom. Paket ruang guru dari telkomsel bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kuota untuk pembelajaran digital ini.

Namun, meskipun banyak operator pendidikan yang memberikan kuota pendidikan secara gratis kepada para pelajar, kuota tersebut tak dapat dipakai pengguna untuk mengakses internet, streaming youtube, IG dan lain-lain.

TOC / Daftar Isi

Jumlah Total Kuota Ruang Guru

Total kuota yang diberikan sejumlah 30GB ketika mengaktifkan paket ruang guru dan hanya dapat digunakan untuk mengakses platform yang berkenaan dengan pendidikan. Kuota tersebut jelas berlebih dan cenderung akan mubazir bukan?

Lalu bagaimana cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel reguler agar dapat Anda pakai untuk menikmati internet non pendidikan? Tapi sebelum mengetahui jawabannya mari kita cari tahu bagaimanakah cara untuk mendapatkan kuota Ruang Guru Telkomsel? Anda dapat menemukan jawabannya pada uraian dibawah ini.

Back to Content ↑

Kuota Ruang Guru

Era yang membatasi pertemuan fisik akibat Covid-19 ini mendorong para industri telekomunikasi khususnya penyedia layanan internet untuk menawarkan paket kuota jenis baru yang akan memudahkan para pelajar. Anda dapat memilih berbagai macam kuota murah yang ditawarkan oleh berbagai macam internet provider Tapi jika Anda ingin mengakses aplikasi pendidikan dengan gratis, para internet provider ini menawarkan kuota pendidikan.

Biasanya para provider internet ini tidak hanya menawarkan satu jenis kuota pendidikan saja. Kalian dapat menjumpai paket pendidikan seperti paket zoom, paket ilmupedia dan jenis paket pendidikan lain.

Salah satunya adalah Ruang Guru, volume kuotanya tidak main-main karena bisa mencapai total 30GB yang akan aktif selama sebulan penuh. Meskipun kuota Ruang Guru memiliki volume yang sangat menggiurkan, namun pelanggan tidak dapat leluasa dalam mengolahnya. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Karena pihak operator hanya membatasi penggunaan kuota tersebut pada satu aplikasi saja, yaitu aplikasi Ruang Guru. Jumlah kuota 30GB tentu adalah jumlah yang terlalu banyak dan tidak akan habis jika hanya dipakai untuk mengakses aplikasi Ruang Guru saja. Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota Telkomsel Reguler.

Back to Content ↑

Cara Mendapatkan Kuota Ruang Guru

Pandemi memaksa kita untuk merubah pola pembelajaran. Kini para pelajar terpaksa beradaptasi dengan menggunakan aplikasi–aplikasi penunjang pendidikan. Aplikasi seperti Zoom, Whatsapp, Google, dan Youtube sudah tidak asing lagi bagi para pelajar sebagai sarana diskusi dan mengambil materi pelajaran. Ada juga jenis kuota pendidikan yang hanya bisa digunakan untuk mengakses satu aplikasi saja. Jika Anda adalah pelajar, Anda dapat mendapatkan kuota sebesar 30GB secara murah atau bahkan gratis dari paket Ruang Guru.

Umumnya hampir semua operator menyediakan pilihan untuk paket Ruang Guru untuk menunjang pembelajaran online, namun untuk saat ini mari kita fokus kepada salah satu internet provider yang notabene sudah sangat dikenal secara umum di seluruh indonesia, Telkomsel. Kalian juga bisa menggunakan varian Kartu AS, Simpati, dan Loop untuk kuota ruang guru.

Metode aktivasi yang akan kita terapkan malam ini adalah metode aktivasi menggunakan aplikasi My Telkomsel. Karena cara tersebut mudah, cepat, dan paling banyak dipakai. Beginilah cara untuk mendaftar paket Ruang Guru lewat aplikasi My Telkomsel:

  • Pertama-tama buka aplikasi My Telkomsel di smartphone Anda
  • Kemudian pada bagian menu, Anda memilih shop pada bagian bawah
  • Setelah itu pilih internet
  • Lalu cari pilihan paket “Bebas Akses Ruang Guru” dengan harga Rp. 0 yang besarnya 30GB
  • Setelah itu klik Beli
  • Tunggu hingga proses selesai dan paket Ruang Guru 30GB Anda pun telah aktif

Kuota 30GB tentu sangatlah banyak apabila Anda ingin menggunakannya hanya untuk satu aplikasi saja. Kalau Anda sependapat dengan saya, tenang saja Anda dapat mentransfernya ke pulsa reguler. Berikut cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel regular yang akan kami jabarkan dibawah ini

Back to Content ↑

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru menjadi Kuota Telkomsel Regular

Setelah kalian berhasil mendaftar kuota Ruang Guru di aplikasi My Telkomsel. Maka selanjutnya Anda harus tahu cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel regular. Ada beberapa metode yang bisa dipakai namun kali ini kami akan fokus ke satu metode. Metodenya yaitu dengan memakai aplikasi luar bernama Psiphone Pro. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store bagi pengguna android dan Apple Store bagi pengguna iPhone. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi Psiphone Pro di Google Play Store apabila Anda menggunakan smartphone Android atau Apple Play Store apabila Anda menggunakan smartphone merek iPhone.
  • Tunggu hingga proses instalasi Psiphone Pro selesai di gadget Anda.
  • Cek terlebih dahulu jumlah kuota Telkomsel yang Anda miliki saat ini, Anda bisa mengeceknya lewat aplikasi My Telkomsel
  • Langkah selanjutnya yaitu, buka aplikasi Psiphone Pro di gadget Anda lalu pilih menu Opsi
  • Lalu kemudian klik button Opsi Lanjutan. Selanjutnya Anda pilih Header HTTP Custom.
  • Langkah cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel regular selanjutnya yaitu dengan memberi ceklis pada bagian “Tambahan Header HTTP Custom” untuk lebih jelasnya berikut gambarnya.
Cara Mengubah Kuota Ruang Guru Menjadi Kuota Telkomsel Reguler
  • Lalu kemudian pada bagian Header 1 Anda isi dengan X-Online-Host pada bagian pertama dan klik OK. Selanjutnya isi dengan ruangguru.com pada bagian kedua dan selanjutnya klik OK lagi.
  • Selanjutnya, cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel reguler berikutnya adalah dengan mengecek bagian Header 2 untuk diisi dengan Keep-Alive pada kolom pertama dan klik OK. Lalu isi dengan ruangguru.com pada kolom kedua dan kemudian klik OK.
  • Selanjutnya Anda tekan tombol mulai untuk menjalankan aplikasi Psiphone Pro ini.
  • Tunggu sebentar hingga seluruh prosesnya selesai.
  • Metode cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel regular telah berhasil. Silahkan cek kuota Anda. Setelah selesai Anda dapat mengakses internet dan membuka berbagai aplikasi dengan kuota yang telah berhasil diconvert ini.

Back to Content ↑

Demikian penjelasannya mengenai cara mengubah kuota Ruang Guru menjadi kuota telkomsel regular. Anda tidak hanya terpaku untuk menggunakan kuota ini dalam satu aplikasi saja. Kuota ini dapat kalian pakai sebagaimana kuota biasa, seperti mengakses internet, mendownload film, menonton youtube atau bermain game. Asalkan jangan jadi tidak pernah belajar ya. Terima Kasih, Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membawa ilmu baru bagi Anda.