Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Pindahin Contact iPhone ke Android dengan Mudah

Cara Pindahin Contact iPhone ke Android dengan Mudah
Cara Pindahin Contact iPhone ke Android dengan Mudah

Cara Pindahin Contact iPhone ke Android dengan Mudah

Saat berganti ponsel, Anda harus memindahkan seluruh data, termasuk kontak, dari perangkat lama ke perangkat baru. Proses ini cukup memakan waktu, apalagi jika Anda berganti dari iPhone ke Android. Bagaimana cara pindahin contact iPhone ke Android dengan cepat dan mudah?

Ternyata dengan cara yang tepat, memindahkan kontak antar platform tidak terlalu sulit. Hanya dengan sedikit usaha, seluruh kontak yang tersimpan pada ponsel iPhone bisa berpindah ke Android. Simak pembahasan lengkapnya di sini!

TOC / Daftar Isi

2 Cara Transfer Kontak dari iPhone ke Android

Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk memindahkan kontak antar platform, yaitu melalui akun Google dan iCloud. Masing-masing cara terbukti mudah dan efektif untuk memindahkan daftar kontak.

Back to Content ↑

1. Sinkronisasi Akun Google

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus mempunyai akun Google. Jika belum, terlebih dahulu buat akun Google agar dapat melakukan sinkronisasi data. Nantinya daftar kontak pada iPhone akan disinkronisasi ke Android sehingga dapat diakses dari kedua perangkat tersebut.

Ikuti petunjuk berikut ini untuk memindahkan kontak dari iPhone ke Android:

  • Buka menu Setting pada iPhone.
  • Ketuk opsi Mail, Contact, Calendar.
  • Selanjutnya cari opsi Add Account kemudian ketuk opsi Gmail.
  • Tentukan data yang ingin disinkronisasi melalui Google, lalu lanjutkan proses sinkronisasi.
  • Setelah selesai, tambahkan akun Google yang telah disinkronisasi tersebut ke Android.
  • Pada perangkat Android, buka Setting kemudian ketuk Accounts.
  • Pilih Add Account, lalu pilih Google. Login menggunakan akun Google yang telah digunakan sebelumnya.
  • Pilih opsi sinkronisasi pada menu Account.
  • Data yang tersimpan di Google Account akan disinkronisasi ke Android.

Dengan cara ini, daftar kontak dari iPhone bisa berpindah ke Android. Setelah mengetahui cara memindahkan kontak, Anda juga bisa mempelajari cara memindahkan foto ke iPhone dari Android.

Back to Content ↑

2. Transfer Melalui Cloud

Selain menggunakan Google Account, daftar kontak pada iPhone juga dapat dipindahkan ke Android melalui iCloud. Cara ini cukup memakan waktu karena Anda harus mentransfer kontak dari iPhone ke komputer, lalu melalui komputer kontak tersebut akan dipindahkan ke Android.

Sebelum memindahkan kontak menggunakan iCloud, pastikan perangkat Anda terhubung dengan jaringan internet. Kecepatan internet berpengaruh pada kecepatan transfer, jadi sebaiknya pilih koneksi Wi-Fi yang lebih kencang dan stabil.

Meskipun membutuhkan beberapa tahapan, metode ini dijamin aman untuk memastikan tidak ada kontak yang tertinggal. Berikut ini cara pindahin contact iPhone ke Android melalui iCloud:

  • Pada ponsel iPhone, buka menu Setting lalu pilih Mail, Contact, Calendar.
  • Ketuk opsi Account, lalu pilih iCloud.
  • Ubah toggle Contacts. Apabila muncul notifikasi untuk Merge, pilih Setuju.
  • Selanjutnya, buka browser pada komputer kemudian buka situs iCloud.com.
  • Login menggunakan Apple ID dan password, lalu pilih menu Contact.
  • Pilih seluruh data kontak dengan mengklik ikon roda gigi pada sebelah kiri bawah. Pilih Select All.
  • Klik ikon roda gigi lagi, lalu pilih Export vCard.
  • Selanjutnya buka contacts.google.com, klik More.
  • Pilh opsi Import, kemudian pilih Choose File.
  • Klik file vCard yang telah ditransfer sebelumnya dari iPhone, lalu sinkronisasi akun Google dengan perangkat Android.

Meskipun membutuhkan langkah ekstra, cara ini bisa Anda lakukan untuk memindahkan kontak dari iPhone ke Android. Setelah mengetahui langkah transfer kontak ke Android, Anda juga bisa mencari tahu cara transfer file dari Android ke iPhone.

Back to Content ↑

Cara Memindahkan Kontak Melalui Aplikasi

Selain kedua cara di atas, masih ada satu cara lain yang bisa dipakai untuk memindahkan kontak dari iPhone ke Android. Namun kali ini Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses pemindahan daftar kontak.

Ada berbagai jenis aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah My Contact Backup. Aplikasi ini tersedia di App Store dan dapat diunduh secara gratis. Berikut ini cara transfer kontak melalui aplikasi My Contact Backup.

  • Download aplikasi My Contact Backup melalui App Store.
  • Setelah berhasil, jalankan aplikasi. Akan muncul tampilan dengan tombol untuk backup kontak pada iPhone. Klik tombok Backup lalu tunggu hingga proses selesai.
  • Selanjutnya, akan muncul tombol email. Tombol tersebut berguna untuk sinkronisasi kontak dengan akun email yang Anda miliki.
  • Buka akun email Anda dan mulai sinkronisasi. Setelah berhasil, akses email melalui ponsel Android dan lakukan sinkronisasi dengan email tersebut.

Cara ini terbilang cukup mudah karena tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati sebab aplikasi pihak ketiga bisa saja mengambil data tanpa sepengetahuan Anda.

Dari ketiga cara tersebut, cara pertama dan kedua adalah yang paling aman. Meskipun memindahkan kontak menggunakan iCloud cukup rumit, terutama bagi pemula, cara ini terbilang aman dari pencurian data.

Back to Content ↑

Setelah mengetahui cara pindahin contact iPhone ke Android, Anda bisa menentukan metode mana yang ingin dipakai. Meskipun tidak semudah memindahkan data dari sesama iPhone atau sesama Android, dijamin Anda bisa mengikuti instruksi tersebut dengan baik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!