Skip to main content

14 Tanda Hamil 2 Hari yang Pasti Dialami

14 Tanda Hamil 2 Hari yang Pasti Dialami

14 Tanda Hamil 2 Hari yang Pasti Dialami

Mengetahui usia kehamilan di awal-awal itu memang agak sulit tanpa melakukan pemeriksaan ke Dokter Kandungan. Pasalnya, usia kehamilan yang masih 1 atau 2 hari itu masih menyulitkan para wanita untuk membedakan yang mana tanda kehamilan, dan yang mana tanda gangguan kesehatan.

Untuk itu, 14 tanda atau ciri-ciri wanita hamil ini pastinya bisa sangat membantu Anda dalam mengetahui usia kehamilan Anda sudah memasuki 2 hari.

14 Tanda Hamil 2 Hari yang Pasti Dialami

  • 1. Mulai Mual disertai Muntah

    Tanda paling awal yang akan dirasakan wanita saat hamil itu adalah mual, yang kadang disertai juga dengan muntah. Apalagi kalau masih pagi atau biasanya dikenal dengan nama Morning Sickness. Perasaan mual ibu hamil biasanya akan diikuti dengan dorongan ingin muntah, atau sudah sampai benar-benar muntah, baik itu dalam jumlah yang banyak maupun sedikit saja. Gejala mual dan muntah tidak akan selalu terjadi pada pagi hari, tapi bisa juga terjadi saat siang dan malam.

  • 2. Terjadi Peningkatan Suhu Tubuh (Serasa Demam)

    Tanda selanjutnya yang bisa dirasakan oleh wanita saat usia kehamilannya itu mencapai 2 hari adalah seperti terasa demam. Tapi, biasanya suhunya itu tidaklah terlalu tinggi juga. Pengecekan suhu tubuh ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan termometer. Pengukuran ini pun bagusnya dilakukan saat pagi dan juga malam saja.

  • 3. Terlalu Sensitif terhadap Bau

    Peningkatan hormon yang dialami oleh wanita saat hamil ini pun akan mulai mempengaruhi indera penciumannya yang menjadi lebih peka. Bahkan, untuk aroma bau dari tubuh suami pun akan terasa kurang nyaman untuk wanita yang baru hamil. Dampak yang akan diperoleh itu adalah wanita tersebut akan selalu menghindari sumber bau tersebut, karena merasakan selalu mual dan muntah.

  • 4. Lebih Mudah Capek (Lelah)

    Untuk para wanita yang masih di awal-awal kehamilan, maka saat hari-hari pertama itu tubuhnya itu akan mudah lelah, walaupun tidak melakukan aktivitas yang padat. Embrio yang tumbuh di dalam rahim inilah yang mulai merangsang hormon ibu hamil, sehingga merasakan mudah lelah.

  • 5. Sering Lemas

    Kalau Anda sudah mulai merasakan lelah, maka perasaan lemas ini pun pastinya akan mengikuti. Karena, perubahan hormon tersebut juga akan berpengaruh drastis terhadap fisik serta psikis ibu hamil, apalagi untuk yang mengalami kehamilan pertama di awal-awal.

  • 6. Lebih Sering Buang Air Kecil dari Biasanya

    Adanya sel embrio atau janin yang mulai tumbuh di dalam rahim wanita, maka ini pun akan mulai menekan bagian kandungan kemih. Hal inilah yang bisa membuat ibu hamil merasakan selalu ingin buang air kecil.

    Kondisi tersebut nantinya akan lebih sering dialami oleh ibu hamil, seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan hingga melewati masa persalinan.

  • 7. Bagian Payudara Terasa Lembut dan Terisi

    Tanda yang berikutnya ini adalah bagian payudara ibu hamil. Yang mana, bagian ini pun akan mulai terasa lebih lembut dari biasanya dan berat seperti ada isinya. Terjadinya perubahan pada payudara ibu hamil ini tentunya berkaitan dengan kesiapan tubuh dalam menyusui bayinya kelak.

  • 8. Puting dan Area Sekitarnya Menggelap

    Menggelapnya area puting ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan saat memasuki masa hamil. Hal ini memang merupakan salah satu tanda yang paling mudah untuk dilihat wanita yang dalam masa hamil muda. Perubahan warna tersebut terjadi karena perubahan hormon saat hamil, yang mempengaruhi pigmen kulit. Sehingga, bagian areola yang tadinya itu tidaklah terlalu gelap, kini berubah menjadi terlalu gelap saat hamil.

  • 9. Menjadi Pemalas

    Rasa malas untuk beraktivitas juga menjadi pertanda kalau Anda sudah memasuki masa hamil 2 hari. Penyebab dari kondisi ini pun adalah perubahan hormon, sehingga psikis ibu hamil ikut terganggu. Tubuh wanita yang lebih mudah lelah dan juga lemas ini bisa mendorong wanita yang hamil untuk selalu ingin tidur dan beristirahat saja, daripada harus beraktivitas.

  • 10. Mood yang Berubah-Ubah

    Perubahan psikis lainnya yang bisa dilihat dari wanita yang baru masuk usia kehamilan 2 hari ini adalah perubahaan mood atau atau emosi. Perubahan ini pun membuat wanita lebih mudah sedih, senang, bahkan tiba-tiba marah begitu saja. Untuk itu, dukungan dengan pendampingan dari keluarga dekat, seperti suami tentunya menjadi hal utama dalam mengatasi hal ini.

  • 11. Sering Pusing disertai Sakit Kepala

    Kondisi ini memang salah satu kondisi umum yang dialami oleh manusia, walaupun tidak dalam sedang hamil. Akan tetapi, ibu hamil biasanya akan mengalami hal ini lebih sering. Anda bisa mengatasi dengan mengurangi aktivitas, serta mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat.

  • 12. Kram pada Perut

    Kram pada perut ini memang termasuk salah satu tanda kalau wanita ingin haid. Tapi, wanita yang baru hamil 2 hari pun akan mengalami kondisi serupa, di mana ini terjadi saat proses penanaman embrio di dinding rahim. Cobalah untuk mengompres perut dengan botol hangat untuk bisa membantu meringankan gejala nyeri tersebut.

  • 13. Paha, Lengan dan Bokong Membesar

    Salah satu tanda perubahan yang lebih jelas terlihat itu adalah pembesaran pada beberapa bagian tertentu, seperti lengan, paha, serta bokong wanita. Beberapa wanita biasanya akan lebih banyak mengalami pegal-pegal saat hamil, serta beberapa bagian tubuhnya pun ikut membesar, yang salah satunya adalah payudara.

  • 14. Haid yang Terlambat

    Bagi wanita yang memiliki masa menstruasi yang normal atau rutin, pasti akan lebih mudah mengetahui kalau dia sedang hamil. Kalau sampai masa haid Anda terlambat sehari atau 2 hari saja dari waktu haid yang normal, maka itu berarti Anda sedang hamil. Apalagi, kalau memang sebelumnya Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan atau pun memang sedang menjalankan program kehamilan.

Nah, itulah 14 tanda-tanda kehamilan yang berusia 2 hari yang perlu untuk Anda ketahui. Terima Kasih dan Semoga bisa cukup membantu.