Skip to main content

Oppo Reno 5: Produk Terbaru di Tahun Baru 2021

Oppo Reno 5

Oppo Reno 5: Produk Terbaru di Tahun Baru 2021

Bersama dengan pembukaan tahun yang baru di 2021, Oppo ikut mengeluarkan produk teranyar yaitu bernama Oppo Reno 5. Sebagai HP generasi paling muda, tentu Reno 5 ini dibekali dengan beberapa keunggulan dari banyak sektor dibandingkan seri sebelumnya.

Produk teranyar ini merupakan generasi penerus dari seri sebelumnya yaitu Reno 4. Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka harus tahu ada apa saja di dalamnya. Simak di bawah ini beberapa ulasan lengkap tentang Reno 5:

1. Review Oppo Reno 5

Produk Oppo yang satu ini baru saja dirilis pada bulan Januari tahun 2021. Ada banyak sekali fitur-fitur baru yang ditanamkan di dalamnya yang cukup modern dan mengikuti perkembangan. Berikut ini review spesifikasi Oppo Reno 5:

  • 1.1. Build Quality

    Bagi sebagian orang, masalah build quality menjadi aspek yang sangat penting dalam memilih HP, walaupun ada juga yang mengutamakan spesifikasi hardware. Untuk desain Reno 5 ini memiliki tampilan sekilas mirip dengan generasi pendahulunya yaitu Reno4.

    Dibandingkan membuat sebuah desain body yang berbeda dan unik, Oppo lebih memilih melakukan pembenahan pada bagian warna. Anda bisa memilih beberapa warna yang unik saat akan membeli Reno 5 ini dengan sebutan Reno Glow.

    Pilihannya adalah Starry Black Glossy dan satunya Fantasy Silver. Teknologi pewarnaan yang disajikan Oppo tidak main-main.

    Pilihan Fantasy Silver Matte diklaim memiliki body lebih tebal 0,1mm karena pewarnaan yang mencapai enam lapisan premium, sehingga memancarkan tujuh warna sekaligus dalam satu HP.

    Dengan layar sekitar 6,4, Reno 5 ini bobotnya tidak begitu berat hanya sekitar 171 gram dan termasuk cukup ringan sebagai Hp Phablet. Mungkin penyebabnya adalah body belakang yang menggunakan plastik polikarbonat. Tapi tenang saja, bodynya tetap kokoh dan kuat.

  • 1.2. Display

    Dari sisi display yang ditampilkan Oppo Reno 5, pertama menggunakan layar dengan dimensi 6,4” full HD+. Teknologi layar yang disematkan adalah Amoled dengan kualitas warna dan juga fitur yang lebih canggih.

    Di balik layar Amoled sudah diberikan sensor fingerprint seperti pada Reno 4. Jangan khawatir, untuk sensor fingerprintnya memiliki akurasi deteksi yang tinggi dan respon yang super cepat.

    Secara umum memang hampir tidak ada perbedaan dari beberapa spesifikasi display ini. Namun ketika digunakan untuk gaming, Anda baru bisa merasakannya. Pasalnya, Reno 5 ini dibekali refresh rate layar yang mencapai 90Hz bersama touch sampling rate 180Hz.

    Ini akan membuat pengalaman gaming Anda akan jauh lebih berkesan. Terutama untuk game berat seperti PUBG dan game dengan grafis tinggi lainnya. Layar depan juga sudah dilengkapi perlindungan teknologi Corning Gorilla Glass 3.

    Ini membuat layar depan anti dan tahan dari segala risiko goresan. Anda juga tidak perlu menambahkan Tempered Glass, karena sudah tahan dari goresan. Ditambah lagi SGS Eyecare Display yang membuat Anda nyaman memandangi HP, karena mereduksi emisi dari cahaya biru.

  • 1.3. Hardware

    Untuk masalah performa pada hardwarenya, Oppo Reno 5 ini sudah termasuk tangguh dibandingkan seri lainnya pada kisaran harga yang sama. Reno 5 membawa chipset Qualcomm Snapdragon 720G fabrikasi 8nm dengan dukungan CPU Octa-core 2,3 Ghz.

    Kombinasi keduanya membuat aktivitas berat harian yang Anda lakukan jadi lebih mudah dan ringan. Walaupun sebagian orang cenderung tidak begitu sepakat dengan penggunaan chipset yang tidak ada peningkatan dari generasi pendahulu, yaitu Reno 4.

    Chipset tersebut semakin maksimal ketika mendapatkan dukungan RAM ekstra besar sampai 8GB. Ini membuat aktivitas multitasking akan sangat nyaman dan tidak terjadi lagi.

    Namun untuk aktivitas gaming berat mungkin sedikit memaksakan karena chipset belum ke tingkatkan SD800-an. Secara keseluruhan sudah sangat nyaman untuk aktivitas sehari-hari bersama memori internal 128GB.

    Jika memang masih kurang, Anda masih bisa menambahkan MicroSD pada slot yang sudah disediakan.

  • 1.4. Baterai

    Sektor daya mungkin akan membuat Anda sedikit kecewa, karena Reno 5 ini tidak membawa kapasitas baterai yang terbesar meski hardwarenya sangat kuat. Reno 5 hanya membawa baterai berukuran 4.310 mAh dengan dukungan Flash Charger 50W.

    Anda juga bisa menggunakan Super VOOC Qualcomm Quick Charge 2.0 dan teknologi Power Delivery 15W. Bahkan untuk paket pembelian, Anda sudah mendapatkan charger jenis Super VOOC 65W yang membuat pengisian sangat cepat.

    Selain itu, juga ada beberapa penambahan teknologi pengisian lain agar lebih aman karena fitur keamanan lebih tinggi. Dengan fast charging, maka kapasitas baterai yang belum termasuk jumbo bisa sedikit dilupakan.

    Pasalnya, Anda bisa mengisinya kembali dengan waktu yang lebih cepat lagi. Jadi, jangan takut kehabisan daya mendadak, sebab bisa diisi dengan pengisian ekstra cepat.

  • 1.5. Kamera

    Sektor ini pasti menjadi yang paling ditunggu-tunggu dari para pecinta produk Oppo. Untuk seri Reno 5, menggunakan kamera utama dengan ukuran 64 MP aperture f/1.7, bersama 8 MP ultra wide f/2.2, 2 MP Macro dan 2 MP Mono Sensor.

    Sayangnya, kamera utama belum dilengkapi dengan stabilizer optical atau dikenal dengan OIS. Namun, ada banyak fitur pendukung di dalamnya seperti AI, video Ultra HD, dan lain-lain. Berpindah ke sisi depan, kamera selfie memiliki ukuran super jumbo sampai 44 MP f/2.4.

    Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Reno 4, seri Reno 5 ini memiliki hasil jepretan yang tidak begitu jauh berbeda.

    Tidak heran mengingat Reno 5 bukan kelas flagship, tapi sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi Anda. Fitur kamera yang canggih menjadi keunggulan yang dibawa oleh Reno 5 ini.

  • 1.6. Fitur

    Oppo Reno 5 dijalankan dengan ColorOS 11.1 bersama versi Android 11. Sistem Color OS 11.1 dikenal memiliki tampilan antarmuka yang sangat nyaman dan mudah digunakan, tapi juga menyimpan banyak sekal fitur canggih di dalamnya.

    Selain itu, Reno 5 sudah dilengkapi sensor NFC yang akan membuat Anda lebih mudah melihat saldo e-money maupun kartu kredit.

    Ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Reno 5 karena banyak HP yang sekelasnya belum dilengkapi NFC yang saat ini sangat dibutuhkan para pengguna.

    Fitur andalan lainnya yang ditawarkan oleh Reno 5 ini adalah pada salah satu seri sudah mendukung jaringan 5G yang berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan 4G.

2. Rincian Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 5

  • Spesifikasi Lengkap dan Harga

    • Operasi Sistem: Android 11 ColorOS 11.1
    • Ukuran Layar: 6,4 “
    • Resolusi: 1080 x 2400 pixels
    • Type Layar: AMOLED, 90Hz
    • Berat: 171 gram
    • SIM: Dual SIM
    • Kamera Utama:
      • 64 MP f/1.7, 26 mm wide, 1/1.73, 0,8um PDAF
      • 8 MP, f/2.2 119” ultrawide 1/4.0”, 1.12um
      • 2 MP, f/2.4 macro
      • 2 MP, f/2.4 depth
      • LED Flash, video 4K 30fps, 1080p 30/60/120fps gyro-EIS, HDR
    • Kamera Depan: 44 MP f/2.4, 24mm, video 1080p 30/120fps gyro-EIS
    • Chipset / Processor: Qualcomm Snapdragon 720G 8nm
    • CPU: Octa-core 2 x 2.3 GHz Kyro 465 Gold & 6 x 1.8 GHz Kryo 456 Silver
    • GPU: Adreno 618
    • Card slot: MicroSDXC
    • Internal dan RAM: 128/8 GB RAM
    • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
    • Type Baterai dan Kapasitas: Li-Po 4.310 mAh, non-removable battery, Fast Charging 50W
    • Harga Baru: Rp. 4.999.000-an (versi 4G)

Sebagai HP generasi paling muda dibandingkan pesaingnya, Oppo Reno 5 menawarkan banyak teknologi terbaru terutama pada sektor kamera. Namun, dari performa hardware masih belum ada peningkatan signifikan dari seri pendahulunya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!