Skip to main content

Mengapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Ini Jawabannya

Mengapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Ini Jawabannya

Mengapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Ini Jawabannya

Sejak Instagram mengizinkan pengguna Spark AR untuk membuat dan mempublikasikan filter IG Story, maka banyak filter Instagram AR yang bisa digunakan. Namun terkadang muncul masalah, yang membuat pengguna bertanya-tanya mengapa filter Instagram tidak bisa digunakan.

Masalah-masalah tersebut di antaranya adalah filter yang loading terus dan tidak termuat dengan sempurna yang membuatnya tidak bisa digunakan. Namun jangan khawatir, berikut sebab dan solusi mengatasi filter Instagram yang tidak bisa digunakan.

1. Mengapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

1.1. Aplikasi Instagram Out of Date

Alasan yang sering terjadi mengapa filter Instagram tidak bisa Anda gunakan adalah karena aplikasi tersebut belum diperbarui. Seperti yang Anda tahu, developer aplikasi rutin memperbarui aplikasinya dengan tujuan untuk meningkatkan fitur, memperbaiki bug dan lain sebagainya.

Karena itu, jika ada fitur yang tidak bisa digunakan dalam sebuah aplikasi, maka harus diperbaharui terlebih dahulu. Setelah diperbarui, semua fitur terbaru akan dapat Anda nikmati dan bug yang mengganggu akan dihilangkan.

Cara update Instagram sangat mudah, Anda tinggal ke Google Play jika menggunakan Android dan Apple Store jika menggunakan iPhone. Anda cukup mencari Instagram di pencarian lalu lakukan update hingga selesai.

Setelah Instagram diperbarui, sekarang coba gunakan filter IG Story yang tidak bisa digunakan tersebut. Jika tidak ada masalah yang lain, filter tersebut pasti sudah bisa digunakan.

1.2. Cache Instagram Penuh

Jika Anda tidak bisa menggunakan filter Instagram, mungkin bisa mengecek detail aplikasi di pengaturan smartphone. Anda lihat di bagian cache, jika ukurannya terlalu besar, maka bisa dihapus terlebih dahulu.

Jika Anda belum tahu, cache adalah data sementara yang dimiliki oleh setiap aplikasi/website yang disimpan di memori internal smartphone. Semakin sering aplikasi dibuka dan digunakan, maka cache juga akan bertambah banyak.

Pada beberapa kasus, cache yang banyak ini bisa menyebabkan masalah pada aplikasi. Karena itu, jika filter IG Story tidak bisa digunakan, maka Anda bisa menghapus cache Instagram tersebut. Jika sudah, mulai ulang smartphone Anda dan coba kembali gunakan filter IG tersebut.

1.3. OS Smartphone Tidak Support

Filter Instagram yang tidak bisa digunakan bisa disebabkan karena smartphone Anda tidak support filter wajah IG Story. Beberapa aplikasi memang sudah menentukan versi OS smartphone mana yang bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan baik.

Jadi, cek spesifikasi smartphone dan OS, jangan-jangan tidak kompatibel dengan system requirement yang diterapkan oleh Instagram. Cek juga detail aplikasi Instagram di App Store, disana Anda bisa melihat spesifikasi dan OS smartphone yang bisa menjalankan IG dengan baik.

Terus bagaimana solusinya? Anda bisa upgrade OS smartphone yang Anda gunakan, lalu cek apakah filter IG Story bisa digunakan. Jika masih tidak bisa, maka bisa membeli smartphone baru yang lebih canggih.

1.4. Internet Bermasalah

Instagram adalah media sosial, dimana Anda bisa berbagai foto dan video bersama dengan teman, keluarga dan follower Anda. Aplikasi ini hanya bisa Anda buka ketika smartphone tersambung dengan jaringan internet atau Wi-Fi.

Tersambung dengan internet atau Wi-Fi saja tidak cukup, karena jaringan tersebut harus benar-benar stabil agar bisa membuka dan menggunakan fitur Instagram dengan baik. Karena itu, jika ada filter IG Story yang tidak bisa digunakan, masalahnya bisa di jaringan internet yang kurang baik.

Karena itu, sebelum menggunakan filter IG Story, pastikan dulu Anda memiliki paket data atau tersambung ke Wi-Fi yang memiliki kualitas jaringan baik. Anda juga bisa connect dan reconnect data untuk mereset jaringan agar bisa kembali berfungsi dengan maksimal.

1.5. Filter Tersebut Belum Tersedia di Indonesia

Jika Anda tidak bisa menggunakan filter Instagram, maka bisa jadi filter tersebut belum tersedia untuk negara. Karena itu, Anda harus menunggu beberapa saat hingga filter tersebut sudah tersedia di Indonesia dan bisa digunakan oleh semua pengguna.

Terkadang, update Instagram memang tidak serentak, jadi antar satu region dan region lainnya tidak selalu sama. Jadi, jika Anda melihat filter IG Story teman mancanegara lalu ingin mencobanya namun tidak bisa, artinya filter tersebut belum tersedia dan bisa digunakan di Indonesia.

2. Mengatasi Mengapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

2.1. Log Out dan Log In

Setelah Anda melakukan cara-cara di atas (membersihkan cache, update aplikasi, menstabilkan jaringan, upgrade OS) dan filter Instagram masih tidak bisa digunakan, maka solusinya bisa dengan log out lalu log in kembali.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka Instagram lalu klik gambar profil paling kanan.
  • Selanjutnya klik ikon hamburger (tiga garis yang disusun vertikal) dan klik Settings.
  • Selanjutnya scroll ke bawah lalu klik Log Out.
  • Jika sudah, sekarang Log In kembali dengan menggunakan alamat email dan password.
  • Setelahnya buka kembali filter IG yang ingin digunakan, jika tidak ada masalah soal jaringan dan OS, seharusnya filter tersebut sudah bisa digunakan.

2.2. Uninstall & Reinstall

Jika cara diatas tidak berhasil, maka bisa mencoba untuk mencopot pemasangan Instagram lalu memasangnya kembali. Banyak pengguna yang berhasil mengatasi filter Instagram tidak bisa digunakan dengan uninstall dan reinstall aplikasi.

Berikut cara-caranya :

  • Tekan lama pada aplikasi Instagram lalu klik Uninstall.
  • Jika sudah, sekarang buka Google Play (atau Apple Store) dan download dan install Instagram kembali.
  • Jika sudah, buka Instagram dan Log In menggunakan akun Anda.
  • Sekarang buka kembali filter Instagram, jika tidak ada masalah lain, pasti sudah bisa digunakan.

2.3. Force Stop

Force Stop adalah proses untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di smartphone, yang mana sangat ampuh untuk memperbaiki masalah tertentu. Dengan menghentikan paksa Instagram, diharapkan filter IG Story yang loading terus bisa kembali digunakan.

Cara Force Stop seperti dibawah ini :

  • Buka Settings smartphone, gulir ke bawah dan klik Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan klik aplikasi Instagram.
  • Setelah terbuka, klik Force Stop untuk menghentikan paksa.
  • Jika sudah, sekarang buka Instagram kembali dan coba gunakan filter IG Story yang sebelumnya tidak bisa digunakan.

2.4. Restart Device

Jika masih belum bisa, maka Anda bisa mencoba untuk memulai ulang smartphone Anda. Ya, restart smartphone memang populer sebagai cara untuk mengatasi masalah pada aplikasi dan sistem, seperti halnya filter IG yang tidak bisa digunakan.

Dengan memulai ulang device, maka sistem yang berada di dalamnya juga ikut ke-reset, sehingga smartphone kembali dalam keadaan yang optimal. Setelah dimulai ulang, Anda bisa mencoba kembali menggunakan filter IG Story untuk mengecek keberhasilannya.

2.5. Report a Problem

Terakhir, Anda bisa melaporkan jika sudah mencoba berbagai cara namun tetap tidak bisa menggunakan filter IG Story. Jangan lupa untuk screenshot bukti filter IG yang tidak bisa digunakan agar bisa segera ditangani.

Caranya seperti di bawah ini:

  • Buka Settings Instagram (ikon hamburger di profile).
  • Selanjutnya klik Help lalu pilih Report Problem.
  • Selanjutnya tulis masalah yang Anda hadapi lalu klik Gallery untuk mengunggah tangkapan layar.
  • Terakhir klik Submit untuk mengirimnya.

Di atas adalah alasan mengapa filter Instagram tidak bisa digunakan, yang mana sangat beragam. Ada juga beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, pastinya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!