Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

7 Tontonan Film Wajib yang Membuatmu Semakin Cinta Indonesia

7 Tontonan Film Wajib yang Membuatmu Semakin Cinta Indonesia
Bumi Manusia

7 Tontonan Film Wajib yang Membuatmu Semakin Cinta Indonesia

Kegiatan untuk mengisi masa pandemi dan #DiRumahSaja bisa sangat beragam. Mulai dari melakoni hobi sampai dengan memulai bisnis. Salah satunya adalah hobi menonton film. Cukup banyak orang yang mengisi waktu luangnya dengan menonton film.

Apalagi jika ada film keluaran terbaru yang terlihat menarik. Namun, bagi kamu para pecinta film, jangan lupakan film dokumenter Indonesia ya. Selain itu, untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, deretan film berikut wajib kamu tonton.

TOC / Daftar Isi

Bumi Manusia

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini sukses membuat para penonton meningkatkan kecintaannya terhadap tanah air. Selain mengangkat kisah cinta antara Minke dan Annelies, nilai-nilai perjuangan bisa kamu dapatkan di sini.

Film ini banyak menceritakan tentang kisah perjuangan Minke melawan perbudakan, rasisme, dan aturan tidak adil terhadap pribumi Indonesia selama masa penjajahan Belanda. Film ini mencirikan semangat bangsa Indonesia untuk menjadi Indonesia.

Dalam film ini, penulis ingin menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang setara dengan negara lain. Pribumi ketika itu bisa bekerja sama dengan bangsa lain karena kita sama. Nah film ini cocok ditonton ketika nuansa hari-hari besar. Jangan lewatkan ya!

Back to Content ↑

Perburuan

Film yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer ini difilmkan pada tahun 2019. Dengan sutradara Richard Oh, film ini sukses membuat penontonnya dapat meningkatkan rasa nasionalisme.

Film ini menceritakan tentang Adipati Dolken yang melawan tentara Jepang. Kemudian ia kembali ke kampung halamannya dan harus berjuang untuk menyelamatkan dirinya dari kejaran tentara Jepang.

Kisah perjuangan yang diceritakan dalam film ini sangat menarik. Alur yang digarap mampu membuat penonton paham dengan jalan ceritanya. Langsung saja, bagi kamu yang penasaran, dengan menonton film ini, kamu akan mendapatkan nilai-nilai pentingnya.

Back to Content ↑

Battle of Surabaya

Battle of Surabaya dapat diartikan sebagai Pertempuran Surabaya. Siapa yang tak kenal dengan pertempuran bersejarah ini? Pada pertempuran tersebutlah yang menjadi cikal bakal diperingatinya 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Nah film ini menceritakan tentang seorang tokoh yang berperan sebagai kurir. Tokoh tersebut membantu penyebarluasan berita proklamasi Indonesia. Tentu bukan hal yang mudah menjalani profesi tersebut di tengah kondisi yang pelik.

Film ini mengajarkan bahwa kita harus berani memperjuangkan kebenaran, terutama berkaitan dengan harga diri bangsa. Selain itu, karakter untuk terus berjuang dan pantang menyerah menjadi poin yang pantas untuk diteladani.

Back to Content ↑

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto tayang pada tahun 2015 dengan sutradara Garin Nugroho. Film ini mengisahkan tentang Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto dalam perjuangannya menyetarakan pribumi. Pada masa itu bangsa Indonesia masih dalam keadaan miskin dan minim pendidikan.

Secara umum, film ini mengisahkan tentang Tjokroaminoto. Mungkin kita mengenal namanya melalui pelajaran sejarah semasa di sekolah. Namun, perjuangannya tidak berhenti hanya sebatas nama yang dihargai dalam mata pelajaran sejarah.

HOS Tjokroaminoto dalam film ini disebut sebagai guru bangsa. Banyak hal-hal yang bisa diambil hikmah dengan menonton perjuangannya, baik dalam organisasi maupun lainnya. Nah kamu sudah nonton film ini atau belum?

Back to Content ↑

Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman tayang pada tahun 2015. Nama Jenderal Soedirman sudah sangat familiar di telinga anak bangsa. Banyak jalan-jalan yang menggunakan nama panglima besar ini. Bahkan sebuah universitas di Banyumas khusus didirikan dengan nama Jenderal Soedirman.

Dalam perjuangannya, Soedirman diceritakan tetap memimpin perlawanan meskipun sedang dalam kondisi sakit. Jika dibandingkan kita saat ini, tentu orang dengan karakter Soedirman sangat jarang.

Dikemas dengan scene menarik, film Jenderal Soedirman memiliki pesan yang paling menarik. Bahwa Jenderal Soedirman menegaskan bahwa Indonesia masih ada, saat situasi telah ditaklukkan Belanda. Panglima besar ini pantang menyerah dalam perjuangannya.

Back to Content ↑

Kartini

Nah jika sebelumnya kamu hanya mengenal film nasionalisme bertema pahlawan pria, kali ini pahlawan wanita yang sangat hebat akan menemanimu. Ketika menonton film ini, kamu akan menemukan apa arti dari emansipasi.

Saat itu Kartini menyadari bahwa posisi atau derajat wanita dibedakan. Padahal, wanita sebagai calon ibu pantas mendapatkan ilmu pengetahuan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendidik anak-anaknya.

Nah dalam film ini kamu akan menyaksikan bagaimana seorang Kartini memperjuangkan kesetaraan bagi kaum perempuan. Hingga kini dampaknya sangat berpengaruh baik bukan? Nah jangan pernah lewatkan ini jika kamu ingin meningkatkan jiwa nasionalisme ya!

Back to Content ↑

Soekarno: Indonesia Merdeka

Dari judulnya terlihat bahwa film ini bercerita tentang kemerdekaan Indonesia. Saat itu, istilah kemerdekaan selalu berkaitan dengan Soekarno dan Hatta. Sebab, kedua proklamator inilah yang kerap disebut sebagai pendiri negara.

Namun, dalam film ini penulis, Hanung Bramantyo dan Ben Sihombing tidak membahas kedua tokoh tersebut. Melainkan film Soekarno: Indonesia Merdeka lebih mengisahkan tentang perjuangan Soekarno sampai menjadi tokoh besar bangsa.

Detail yang dibawakan sangat menarik. Yaitu mengenai biografi Soekarno sejak kecil hingga menjadi orang yang berpengaruh. Jika selama ini kamu mengenal sejarah Soekarno sebagai tokoh idealis, di film inilah kamu akan mendapatkan penjelasan detailnya.

Back to Content ↑

Nah dari 7 (tujuh) rekomendasi film yang membuatmu semakin cinta Indonesia, manakah di antara deretan film tersebut yang sudah kamu tonton? Jika ingin menambah semangat dalam berjuang demi memberikan kontribusi kepada bangsa, sesekali tontonlah film tersebut.

Dijamin kamu tidak akan rugi. Sebab film-film tersebut selain sebagai dokumenter, nilai-nilai yang diberikan pun sangat relevan dengan kehidupan bangsa. Alhasil sebagai generasi masa kini, kita perlu mengingat kembali perjuangan meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Nah menjadi tamparan lagi. Sudah sejauh mana langkah kita dalam berkontribusi untuk negeri? Coba ingat kembali dan tanyakan kepada dirimu, “Apa yang sudah aku beri untuk Indonesia?” Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!