Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

6 Rekomendasi Platform yang Cocok untuk Bisnis Online

6 Rekomendasi Platform yang Cocok untuk Bisnis Online
WooCommerce

6 Rekomendasi Platform yang Cocok untuk Bisnis Online

Zaman semakin maju, membuat teknologi apapun semakin canggih, sehingga banyak kegiatan dengan memanfaat teknologi. Di era saat ini yang sedang ngetren ialah melakukan kegiatan secara online. Hampir semua kegiatan memanfaat sistem online. Hal ini dikarenakan sistem online dinilai lebih efektif dan efisien.

Salah satu kegiatan yang memanfaat sistem online adalah kegiatan berjualan. Kegiatan yang satu ini sudah banyak yang menerapkan. Keuntungan jika berjualan online ialah tidak memerlukan toko berupa Gedung hanya untuk berjualan. Selain itu, jualan online memudahkan pembeli untuk melihat berbagai macam pilihan hanya melalui katalog yang terpampang di media online.

Agar bisa menjalankan bisnis online dengan baik, hendaknya Anda harus memilih platform yang baik pula sehingga produk yang ditawarkan akan terjual dengan baik sehingga bisa memperoleh keuntungan yang berlimpah. Apa saja platform yang digunakan untuk bisa berjualan dengan baik? Yukk simak terus ulasan ini sampai tuntas.

TOC / Daftar Isi

6 Rekomendasi Platform untuk Bisnis Online

Salah satu kunci keberhasilan untuk menjalan bisnis online ini adalah dengan memilih platform yang pas dan sesuai dengan target pasar Anda. Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa platform yang bisa digunakan untuk menjalankan bisnis online. Berikut ada beberapa platform yang bisa Anda coba dan diterapkan, diantaranya:

Back to Content ↑

1. WooCommerce

Platform ini merupakan platform e-commerce yang tidak berdiri sendiri, melainkan berasal dari WordPress. Agar bisa menggunakan platform ini, Anda harus mengaktifkan di wordpress terlebih dahulu. Platform yang satu ini salah satu e-commerce favorit. Hal ini dikarenakan platform yang satu ini memiliki dashboard yang cukup intuitif.

Dengan demikian, platform ini cocok bagi Anda yang baru saja memulai dan ingin mempelajarinya dengan cepat. Selain itu, kombinasi antara wordpress dengan fitur WooCommerce yang user-friendly yang membuat platform ini menghasilkan platform terbaik untuk berjualan online.

Di dalam WooCommerce, Anda bisa melakukan beberapa hal dasar terkait dengan pengaturan toko online, seperti mengupload produk yang akan dijual, proses pembayaran dan menambahkan fungsionalitas plugin dengan menggunakan eksistensi dedicated yang berada dalam ratusan pilihan.

Kelebihan yang dimiliki ketika menggunakan platform ini adalah platform ini menggunakan ekstensi dan tema yang dimiliki WooCommerce yang dedicated untuk memodifikasi dalam mengelola toko online. Selain itu Anda bisa memiliki komunitas dengan sesama user wordpress yang besar.

Namun kekurangan dari platform ini adalah membutuhkan ekstensi yang banyak jika Anda menginginkan menambahkan fungsional pada tingkat lanjut.

Back to Content ↑

2. PrestaShop

Platform berikutnya yang bisa Anda coba ialah PrestaShop. Tujuan utama platform ini adalah untuk memudahkan Anda dalam membuat toko online dengan tampilan yang menarik, unik serta professional dengan secepat mungkin. Selain itu, platform ini mudah digunakan bagi semua kalangan, khususnya untuk Anda yang masih pemula.

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan ialah memiliki fitur yang bermacam-macam untuk memudahkan Anda untuk berjualan. Misal seperti manajemen produk, opsi dalam pembayaran, sistem checkout yang dapat dikustomisasi bahkan untuk mengetahui pajak produk yang Anda jual.

Platform ini juga bisa extend dengan menggunakan plugin dan tema. Selain itu, platform ini juga menyediakan analytics dan bantuan pelanggan tanpa harus mengunduh modul tambahan.

Kelebihan jika Anda menggunakan platform ini adalah terdapat fitur manajemen produk tingkat lanjut, memiliki beragam opsi metode pembayaran, memiliki fitur checkout yang bisa dikustomisasi serta memiliki analisis fitur analitik tentang informasi tentang pelanggan dan memberikan informasi soal pajak barang.

Namun kekurangan dari produk ini adalah Anda harus benar-benar memahami sebagian learning curve untuk menginstal dan mengaktifkan fitur.

Back to Content ↑

3. Magento

Magento merupakan salah satu platform untuk berjualan online namun untuk bisnis skala yang besar. Namun, platform ini juga dapat digunakan untuk Anda yang masih merintis usaha maupun yang memiliki bisnis kecil. Platform Magento ini lebih unggul dari e-commerce lainnya jika dilihat dari segi fleksibilitas.

Platform ini memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan. Misal seperti fitur optimasi mesin pencari (SEO), fitur keamanan serta memiliki beragam tema yang bisa Anda pilih dan plugin yang bisa Anda install.

Kelebihan jika Anda menggunakan platform ini adalah mampu mengelola berbagai macam mata uang dan rate pajak serta dapat melakukan scaling sehingga bisa menyesuaikan toko online Anda. Namun, kekurangan jika menggunakan platform ini adalah Anda akan mengalami kesulitan jika tidak memiliki pengalaman dalam bidang web development.

Back to Content ↑

4. OpenCart

Keunggulan utama yang dimiliki oleh platform ini adalah pada dashboard yang dimiliki. Dashboard yang terdapat pada OpenCart bersifat intuitif dan memiliki tampilan yang modern. Selain itu, platform ini juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan untuk menaikan performa toko online yang Anda miliki.

Kelebihan yang terdapat pada platform ini adalah sangat mudah digunakan jika dibanding dengan platform lain serta memiliki fitur SEO bawaan. Selain itu, platform ini juga support ekstensi dan tema. Namun platform ini juga mempunyai kekurangan, yaitu tidak memiliki fitur sebanyak platform lain.

Back to Content ↑

5. AbanteCart

Platform berikutnya yang bisa Anda coba ialah platform AbanteCart. Platform ini merupakan platform yang sangat pas untuk Anda yang masih pemula dalam hal berbisnis online. Kemudahan yang ditawarkan oleh platform ini adalah kemudahan dalam menambahkan produk baru ke toko melalui dashboard.

Dalam proses penambahan produk baru, hanya memerlukan sedikit waktu. Platform ini juga menyediakan panduan untuk Anda yang masih bingung ketika akan menambahkan produk baru. Selain itu, platform ini juga menyediakan tema dan ekstensi yang bisa Anda gunakan meskipun tidak terlalu banyak.

Kekurangan yang terdapat pada platform ini adalag komunitas AbanteCart tidak begitu besar serta tema dan plugin terbatas.

Back to Content ↑

6. Open Real Estate

Platform yang satu ini berbeda dari yang lain. Hal ini dikarenakan platform ini lebih difokuskan untuk pembuatan website real estate. Dengan menggunakan platform ini Anda bisa menambahkan daftar real estate yang akan dijual maupun disewakan. Platform ini juga menyediakan fungsionalitas pencarian.

Selain itu, dengan menggunakan platform ini Anda juga mampu meng-extend fungsionalitas platform dengan penambahan modul dan tema yang sudah tersedia meskipun sebagian besar modulnya premium.

Kelebihan yang terdapat pada platform ini adalah lebih mudah dalam pembuatan website berbasis real estate, mampu membuat halaman produk untuk masing-masing properti serta menyediakan modul dan tema untuk mengkustomisasi website.

Kekurangan yang terdapat pada modul ini adalah hampir sebagian besar modul yang ditawarkan adalah modul berbayar.

Back to Content ↑

Seperti yang sudah Anda ketahui, berbisnis memanglah suatu kegiatan yang menyenangkan. Terlebih jika Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Agar bisa mewujudkan hal tersebut, Anda bisa berbisnis dengan menggunakan sistem online. Bisnis dengan sistem online sudah banyak orang yang menerapkan sehingga Anda memiliki pesaing yang cukup banyak.

Agar bisa bersaing dengan yang lain, Anda harus menyiapkan strategi yang cukup banyak. Salah satu yang digunakan adalah berjualan online dengan melalui platform yang strategis. Dengan ulasan diatas pastinya Anda sudah memiliki bayangan untuk memilih platform yang akan digunakan. Jadi, apakah Anda sudah yakin dengan pilihannya? Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!