Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Mengenal Chipset MediaTek Helio G85 VS Qualcomm Snapdragon 665

Mengenal Chipset MediaTek Helio G85 VS Qualcomm Snapdragon 665
MediaTek Helio G85 VS Qualcomm Snapdragon 665

Mengenal Chipset MediaTek Helio G85 VS Qualcomm Snapdragon 665

Di era seperti saat ini, ponsel di kelas menengah mulai banyak yang hadir pada pasar Indonesia. Rata-rata ponsel tersebut dibekali dengan performa mumpuni dengan ada chipset terbaik besutan dari Qualcomm atau MediaTek. Ketika dilihat dari segmentasi pasar pada segmen kelas mid level, memang bisa dikatakan MediaTek Helio G85 bersaing dan berlomba dengan Snapdragon 665.

Persaingan tersebut terlihat pada hal fitur serta performa yang disajikan. Kedua chipset ini sebenarnya sama-sama dibenamkan pada beberapa jenis ponsel di kelas menengah namun dibanderol dengan kisaran harga yang terjangkau. Lalu seperti apa kedua chipset ponsel terbaik ini? Langsung saja simak ulasan dan perbedaan di antara keduanya.

TOC / Daftar Isi

MediaTek

Mediatek merupakan perusahaan yang ada di Shanghai sebagai salah satu produsen chipset bagi smartphone. Mediatek fokus di pengembangan chipset yang mana lebih terjangkau atau bisa dibilang jika biaya atau ongkos produksinya jauh lebih murah dibandingkan dengan chipset yang berasal dari produsen lain.

Faktor ini pun jadi salah satu pengaruh bagi perusahaan ponsel untuk membuat ponsel menggunakan chipset Mediatek. Pasalnya harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau. Hanya saja kadang Mediatek punya image yang kurang baik dikarenakan dulu sering menghadirkan chipset cepat panas serta kemampuan yang tidak terlalu kencang.

Back to Content ↑

Qualcomm

Di era smartphone yang ada di periode setelah tahun 2010 mampu menjadikan bisnis chip Snapdragon yang dimiliki Qualcomm terus berkembang secara pesat. Bisnis yang awal mulanya dianggap sebagai sebagai “sampingan” kini justru berubah mulai berubah jadi salah satu kekuatan bagi perusahaan ini.

Masuk pada era 4G LTE, Qualcomm jadi faktor pendorong bagi teknologi komunikasi data, baik pada sisi infrastruktur ataupun perangkat. Qualcomm jadi perusahaan yang pertama kali demo LTE Advanced, dan juga menawarkan fitur SoC Snapdragon 800. Fitur tersebut pun jadi motor smartphone LTE Advanced yang pertama dunia.

Sampai sekarang, Qualcomm terus saja mengembangkan SoC, sehingga tidak sekadar bisa menawarkan CPU serta GPU yang kencang namun juga kapabilitas komunikasi baik. Akan tetapi beberapa hal lainnya juga semakin dibutuhkan pada era saat ini, termasuk pada sisi kamera, audio, dan juga AI. Pihak ini pun ikut serta mengembangkan pemanfaatan SoC yang mana lebih intensif, termasuk juga dengan XR (AR & VR) yang mana semakin diminati.

Back to Content ↑

Komposisi

MediaTek Helio G85 saat ini dibekali dengan adanya delapan inti dan konfigurasi Dual-Core 2.0 GHz Cortex-A75 serta Hexa-Core 1.8 GHz Cortex-A55. Sedangkan pada jenis Qualcomm Snapdragon 665 sudah dilengkapi dengan delapan inti dan komposisi Quad-Core 2.0 GHz Kryo 260 Gold serta Quad-Core 1.8 GHz Kryo 260 Silver.

Back to Content ↑

Kecepatan

Performa dari chipset jenis Helio G85 dirasa lebih cepat ketika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 665. Pasalnya Kryo 260 Silver suda menggunakan Cortex-A53 sedangkan untuk Kryo 260 Gold memaki Cortex-A73.

Hanya saja chipset ponsel terbaik Qualcomm Snapdragon 665 hadir bersama teknologi fabrikasi 11 nm. Dimana hal ini jadi lebih efisien sekaligus hemat konsumsi energi dari pada dengan MediaTek Helio G85 yang mana didukung dengan teknologi fabrikasi 12 nm.

Back to Content ↑

GPU

GPU Mali-G52 MC2 yang mana hadir di chipset dari MediaTek Helio G85 menawarkan sistem pengolahan grafis berbeda apabila dibandingkan Adreno 610 di dalam Qualcomm Snapdragon 665. Meskipun seperti itu kedua GPU itu sama-sama sudah mampu menghadirkan jenis grafis pada game, aplikasi, dan juga sistem operasi di ponsel secara baik.

Back to Content ↑

Modem

Perbedaan yang ada pada kedua chipset ponsel terbaik ini tentunya bisa juga dilihat dari bagian modem di dalamnya. Untuk jenis MediaTek Helio G85 masih dibekali dengan dukungan modem yang mana memiliki kecepatan downlink LTE Cat.7, hal tersebut mampu mencapai 220 Mbps.

Sedangkan untuk jenis chipset dari Qualcomm Snapdragon hadir bersama modem X12 LTE yang mana memiliki tingkat kecepatan downlink LTE Cat.12 dan bisa mencapai 600 Mbps. Angka yang cukup besar kan?

Berdasarkan angka dan penjelasan yang ada di atas, bisa dikatakan jika kecepatan download internet yang sedang digunakan mampu mendukung sampai angka 300 Mbps maka modem nantinya yang akan dibenamkan pada ponsel adalah Snapdragon 665. Lain hanya dengan modem yang diusung oleh Mediatek Helio G85 di mana hanya mampu sampai pada angka 220 Mbps saja.

Sementara itu, modem yang berasal atau dibekalkan pada kedua chipset ini sama-sama bisa mendukung kecepatan dari uplink LTE Cat.13 yang dapat mencapai kisaran angka 150 Mbps. Hampir sama bukan kedua chipset ponsel terbaik ini?

Back to Content ↑

ISP

Snapdragon 665 hadir menggunakan ISP atau Image Signal Processing Qualcomm Spectra 165. ISP tersebut tentunya mampu mendukung kamera ganda sampai 16 MP serta fitur MFNR atau Multi Frame Noise Reduction. Bukan hanya itu saja namun juga bisa mendukung ZSL atau Zero Shutter Lag, bagian kamera tunggal sampai 25 MP serta fitur MFNR serta ZSL, maupun kamera tunggal 48 MP.

Sementara pada chipset ponsel terbaik dari MediaTek Helio G85 hadir bersama dengan ISP yang bisa mendukung kamera ganda sampai 16 MP maupun tunggal sampai 48 MP. Terlihat juga jika variasi dukungan kamera yang ada pada Snapdragon 665 lebih menarik jika dibandingkan dengan MediaTek Helio G85.

Back to Content ↑

Perbedaan Secara Garis Besar

Secara garis besar, keduanya atau kedua chipset tersebut memang sama-sama didukung dengan adanya performa maupun fitur yang bersaing. Dengan begitu akan sangat wajar jika saat ini banyak ponsel terutama di tahun 2020 yang menjadikan kedua chipset ponsel terbaik ini sebagai dapur pacu yang nantinya akan mendukung performanya.

Back to Content ↑

Perbedaan Secara Ringkas

Agar semakin memahami perbedaan yang ada di antara keduanya maka Anda pun bisa melihat rincian yang ada di bawah ini. Rincian tersebut adalah penjelasan singkat dari masing-masing chipset. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini ya!

Back to Content ↑

1. MediaTek Helio G85 Vs Qualcomm Snapdragon 665

  • a) MediaTek Helio G85
    • CPUDual-Core 2.0 GHz Cortex-A75 dan Hexa-Core 1.8 GHz Cortex-A55
    • GPU ARM Mali G52 MC2
    • ISP Kamera Ganda 16 MP
    • Kamera Tunggal 48 MP
    • Modem Cat. 7 (DL) + Cat. 13 (UL)
    • Teknologi Fabrikasi 12 nm.
  • b) Qualcomm Snapdragon 665
    • CPU Quad-Core 2.0 GHz Kryo 260 Gold dan Quad-Core 1.8 GHz Kryo 260 Silver
    • GPU Qualcomm Adreno 610
    • Kamera Ganda 16 MP (MFNR, ZSL, 30 fps)
    • Kamera Ganda 25 MP (MFNR, ZSL, 30fps)
    • Kamera Tunggal 48 MP
    • Modem Cat. 12 (DL) + Cat. 13 (UL)
    • Teknologi Fabrikasi 11 nm.

Back to Content ↑

Diatas tadi merupakan beberapa perbedaan dari chipset ponsel terbaik yakni MediaTek Helio G85 Vs Qualcomm Snapdragon 665. Keduanya sama-sama baik dan memiliki kelebihannya masing-masing. Namun secara garis besar kedua sudah didukung dengan fitur dan performa terbaik. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!