Skip to main content

8 Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Paling Ampuh

Tips Menjaga Kesehatan Paling Ampuh

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Paling Ampuh

Bukan rahasia lagi bahwa menjaga kesehatan jiwa telah menjadi topik yang menarik dalam beberapa bulan, karena adanya pandemi COVID-19. Survei terbaru menunjukkan bahwa banyak orang yang melaporkan gejala depresi dan kecemasan.

Gejala depresi dan anxiety telah meningkat 300% tahun ini, dibandingkan periode waktu yang sama pada tahun lalu. Alasan di balik gejala kesehatan mental yang meningkat ini tentu dikarenakan ketakutan tertular penyakit, hingga meningkatnya perasaan kesepian yang disebabkan oleh sosial distancing.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Jiwa Sebaik Mungkin

Bagi yang ingin sekali menjaga kesehatan jiwa, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan. Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa Anda tidak sendiri.

Ada sumber daya yang dapat Anda gunakan, baik praktis maupun profesional, untuk membantu merasa yakin tentang rencana untuk meningkatkan atau memelihara kesehatan mental Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan, terutama jiwa Anda dengan sebaik mungkin:

1. Pertahankan Rutinitas

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa atau mental Anda adalah melakukan rutinitas sebagaimana mestinya.

Misalnya, jika Anda terbiasa pergi ke gym sebelum bekerja, cobalah untuk bangun pagi dan berolahraga di rumah sebelum berangkat kerja atau memulai hari kerja dari rumah.

Menjaga kenormalan sebanyak mungkin dengan rutinitas harian Anda, dapat membantu menjaga suasana hati sebisa mungkin stabil dan mencegah kebosanan dan tekanan.

Jika memiliki anak di rumah, Anda juga harus menerapkan jadwal terstruktur untuk mereka. Cobalah untuk membatasi waktu untuk bermain dengan smartphone sebanyak mungkin, dorong waktu bermain di luar ruangan dan gabungkan kegiatan belajar serta bermain sepanjang hari.

2. Jaga Tidur Malam dengan Baik

Ketika aktivitas harian telah selesai seperti biasanya, Anda dapat dengan mudah pergi tidur atau tidur lebih larut dari biasanya. Jangan pernah melanggar rutinitas tidur normal Anda, karena itu dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Anda harus menjaga kebiasaan tidur dan mengembangkan kebiasaan tidur yang lebih baik. Memainkan komputer, televisi, atau smartphone sebelum tidur dapat merusak tertidur karena emisi cahaya biru.

Jika mengalami kesulitan untuk tidur, maka Anda harus mengurangi waktu di depan layar sebelum tidur atau mengambil sepasang kacamata filter cahaya biru untuk mengatasi kesulitan tidur.

Menjamin tidur senyenyak mungkin sangat baik untuk otak dan tubuh Anda, sehingga membantu Anda mempunyai energi, tetap fokus, dan melindungi kesehatan mental.

3. Habiskan Waktu di Luar

Cobalah untuk keluar secara berkala sepanjang hari entah itu hanya di halaman belakang rumah Anda, berjalan-jalan di sekitar blok, atau di taman terdekat.

Berada di luar juga membantu meningkatkan kadar vitamin D yang lebih tinggi. Jenis vitamin yang dihasilkan tubuh saat kulit terpapar langsung ke matahari.

Banyak orang kekurangan vitamin D, jadi berolahraga di luar bisa menjadi cara yang bagus untuk memperbaikinya, karena vitamin D bagus untuk kesehatan jiwa manusia.

4. Memanfaatkan Kekuatan Teknologi

Kesepian sudah menjadi perhatian yang berkembang dalam menyebabkan depresi dan stres, bahkan jauh sebelum pandemi COVID-19 ada. Anda dapat membayangkan betapa sulitnya lingkungan saat ini ketika harus jauh dari orang-orang terdekat.

Untungnya, kemajuan teknologi membuat Anda lebih mudah terhubung dengan orang lain tanpa harus melakukan kontak fisik dengan mereka.

Menjangkau orang-orang terkasih melalui teknologi obrolan video virtual, seperti Zoom, Skype, dan Whatsapp, dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan kecemasan. Jadi, jika Anda merasa sedih, video call dengan teman dan keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat!

5. Cobalah Seimbang untuk Memisahkan Kehidupan Rumah dan Pekerjaan

Menjaga keseimbangan kehidupan sehari-hari di rumah dan kerja bisa menjadi hal yang sulit, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil. Meskipun mungkin terlihat sangat sulit untuk dilakukan dalam situasi ini, penting bagi Anda untuk mencoba kedua kegiatan yang berbeda tersebut.

Anda yang terkena dampak Work From Home (WFH) mungkin akan merasa stres, namun pastikan Anda tetap profesional. Meski bekerja di rumah, pastikan Anda membedakan kedua kegiatan yang berbeda.

Penting pula untuk memastikan Anda masih memiliki waktu untuk quality time bersama keluarga, menelepon teman, atau hanya memiliki waktu tenang di mana fokus Anda bukan pada pekerjaan, ya meski kerjanya WFH.

Menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang baik dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental manusia. Pekerjaan yang berlebihan dapat menyebabkan stres, ketegangan, dan kecemasan. Jadi, pastikan Anda mempunyai waktu untuk quality time bersama orang tercinta.

6. Luangkan Waktu Sendiri

Setiap orang membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri dari waktu ke waktu, terutama saat terkurung di rumah selama 24 jam dalam seminggu. Selama lockdown, rasanya memang jauh lebih sulit daripada biasanya untuk menemukan ruang pribadi dan merenung sendiri.

Meskipun kelihatannya sulit, cobalah duduk dengan tenang di ruangan terpisah dan beri tahu orang-keluarga, bahwa Anda hanya membutuhkan sedikit waktu dan ruang untuk diri sendiri.

Hanya memiliki beberapa menit untuk me time terutama jika Anda ibu rumah tangga yang mengasuh anak-anak, sangatlah dibutuhkan dan memberi Anda kesempatan mengisi ulang tenaga, agar tidak stress dan depresi.

7. Selalu Aktif dan Bergerak

Coba latihan yang dirancang khusus untuk tetap bergerak di rumah. Melakukan banyak gerak di rumah dapat mengubah kerangka berpikir Anda dan membantu mengendurkan otot ,yang secara tidak langsung turut menjaga kesehatan jiwa.

Orang dengan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi dapat merasa sangat sulit untuk memulai kembali berolahraga, karena energi yang rendah dan kurangnya kesenangan dapat menjadi gejala yang sangat melemahkan kondisi ini.

Gejala ini sering kali dikaitkan dengan kecemasan dan kurang tidur, yang keduanya dapat diperbaiki dengan olahraga.

Jika Anda sering cemas dan kurang tidur, maka hal ini sering kali dapat mengarah pada siklus yang merusak jiwa. Ya, kurang berolahraga dapat memperburuk depresi Anda.

Nah, olahraga sendiri dapat berfungsi sebagai antidepresan dan anti cemas alami, serta memiliki manfaat lain seperti meningkatkan konsentrasi dan tidur.

Olahraga juga memiliki manfaat kesehatan dalam banyak aspek lain dalam hidup kita, seperti mengurangi risiko diabetes, obesitas, serangan jantung, dan stroke.

Tetaplah aktif dalam bergerak atau berolahraga secara bertahap. Olahraga dalam jumlah kecil dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Jika Anda merasa terlalu sulit untuk berolahraga, maka konsultasikan dengan dokter.

8. Makan dengan Baik

Makan dengan baik dapat meningkatkan suasana hati, energi, serta kesehatan dan kesejahteraan secara umum. Penuhi makanan bergizi seperti sayuran, buah, dan biji-bijian dan minumlah banyak air untuk memberi tubuh dan otak Anda semua kekuatan yang dibutuhkan, agar bisa berfungsi dengan baik.

Penting untuk diingat, bahwa keadaan setiap orang berbeda, dan setiap orang menghadapi tantangan dengan cara yang berbeda-beda tentunya. Untuk siapa pun yang merasa kesulitan dalam meredakan depresi, pastikan Anda menghubungi layanan kesehatan mental agar masalah terselesaikan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!