Skip to main content

Sedang Mencari Jurusan Terunik? 9 Jurusan Ini Satu-satunya di Indonesia Lho

Sedang Mencari Jurusan Terunik? 9 Jurusan Ini Satu-satunya di Indonesia Lho

Sedang Mencari Jurusan Terunik? 9 Jurusan Ini Satu-satunya di Indonesia Lho

Halo para pejuang PTN! Bagaimana semangat kalian dalam meraih mimpi masuk perguruan tinggi impian? Bukan perguruan tinggi favorit, melainkan perguruan tinggi impian kalian ya. Jangan sampai belajarnya kendur karena persaingan semakin ketat lho! Nah, bagi kamu yang masih bingung perihal jurusan, cobalah untuk segera menemukan minatmu.

Misalnya saja mulai dari memetakan pelajaran yang kamu suka dan yang kamu tidak suka. Namun, bagi kamu yang berminat kuliah di jurusan anti mainstream, jurusan kuliah berikut ini bisa kamu jadikan pilihan. Menariknya, sejumlah jurusan berikut hanya ada satu di Indonesia lho! Apa saja ya?

1. Teknik Transportasi Laut - ITS

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata transportasi laut? Tentang kapal kah? Mungkin hal tersebut menjadi sesuatu yang paling dekat dengan pikiran kita. Dilihat dari perguruan tinggi penyelenggaranya, program studi teknik transportasi laut cukup dipandang di ITS. ITS saja sudah merupakan kampus yang mengedepankan bidang teknologi.

Nah, teknik transportasi laut merupakan bidang studi yang mempelajari tentang bidang pelayaran, logistik maritim, dan pelabuhan. Ketiga hal tersebut menjadi fokus utama dari departemen yang terletak dalam fakultas teknologi kelautan.

Bagi kamu yang menyukai dunia kelautan, tetapi tidak ingin berkecimpung langsung pada prodi ilmu kelautan, jurusan teknologi transportasi laut ini bisa kamu pilih. Menjadi satu-satunya di Indonesia, program studi ini cukup menjanjikan di bidang kerja.

2. Sastra Belanda - UI

Mengapa sastra Belanda dipelajari? Bukannya Belanda sudah menjajah Indonesia ya? Kenapa kok malah bidang sastranya dilestarikan? Eits, tunggu dulu. Lebih baik kamu kenalan dengan prodi sastra Belanda Universitas Indonesia, yuk!

Sastra Belanda adalah salah satu program studi yang masuk dalam jajaran fakultas ilmu budaya UI. Tidak hanya mempelajari bahasa Belanda saja, prodi ini membahas tentang budaya dan aspek sastra milik Belanda. Lulusan dari prodi ini bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri, keimigrasian, pariwisata, kedutaan besar, dan sebagainya.

Bagi kamu yang berminat dengan segala hal yang berbau “Belanda” jurusan unik ini bisa kamu pilih. Meskipun hanya ada di UI, jurusan ini ternyata banyak peminat. Kamu harus lebih gigih dalam belajar jika ingin menjadi mahasiswa sastra Belanda UI.

3. Sains Atmosfer dan Keplanetan - Itera

Mendengar tajuk ini, sebagian dari kita merasa jurusan ini merupakan pelatihan menjadi tim NASA. Badan antariksa dunia tersebut sering sekali melakukan penelitian menarik tentang alam semesta. Ditunjang lagi gajinya yang tinggi membuat ribuan orang mengantri ingin menjadi anggota NASA.

Sains atmosfer dan keplanetan adalah program studi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang kajiannya berfokus pada pengamatan atmosfer Bumi dan benda-benda luar angkasa. Seperti namanya, program studi ini akan banyak mengkaji pada bidang atmosfer dan planet.

Siapa yang sering mengamati langit? Jika kamu, tentu program studi ini sangat menarik. Siapa tahu kamu bisa bergabung menjadi tim NASA kan?

4. Manajemen Industri Katering - UPI

Apakah kamu seorang yang hobi masak? Atau kamu memimpikan cita-cita memiliki usaha katering yang berkembang luas ke seluruh Indonesia? Jika iya, coba yuk kenalan dengan jurusan unik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang satu ini.

Manajemen industri katering adalah salah satu program studi di UPI yang bergerak di sektor kepariwisataan. Mata kuliah dalam prodi ini akan membawamu pada kegiatan memasak yang sangat sering. Hal ini didukung dengan penyediaan laboratorium kewirausahaan yang membantu kelancaran mata kuliah.

Jurusan unik di Indonesia ini benar-benar membantu kamu untuk berkembang menjadi pengusaha kuliner. Cocok banget buat kamu yang suka masak dan ingin mengembangkan hobi masak tersebut.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Unair

Kenalan dengan jurusan baru di Unair, yuk! Jurusan ini bernama teknik robotika dan kecerdasan buatan. Bagi kamu yang menyukai dunia teknologi, kamu cocok masuk jurusan ini. Sebab, di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari tentang artificial intelegent, cyber, dan bidang robotika.

Program studi ini lahir sebagai akibat dari perkembangan teknologi di era revolusi industri yang semakin berkembang pula. Lulusan prodi ini akan bergelar sarjana teknik. Jadi, bagi kamu yang berminat, peluang kerja kamu sangat besar. Sebab, seorang sarjana teknik meliputi bidang yang luas dalam hal prospek kerjanya.

Pesannya, jangan lupa ketika kamu memasuki jurusan ini, banyak-banyaklah mengikuti lomba di bidang teknologi. Hal ini akan membuatmu semakin mudah mendapatkan pekerjaan ketika lulus nanti.

6. Rekayasa Nanoteknologi - Unair

Wah apalagi ini, nanoteknologi? Deretan jurusan unik ini semakin menarik saja. Khusus untuk anak IPA dan anak SMK dengan jurusan relevan, rekayasa nanoteknologi Unair bisa menjadi daftar pilihan jurusanmu. Prodi ini membahas tentang bidang nanoteknologi, seperti nano medis, nano teknologi, nano energi dan lingkungan, dan sebagainya.

Banyak manfaat yang didapat setelah belajar ilmu ini. Misalnya tentang industri polimer, pelapisan dekorasi, industri baja, tekstil, industri kemasan, dan sebagainya. Kamu akan mendapatkan gelar sarjana teknik ketika lulus. Menariknya lagi, prospek kerja jurusan ini cukup banyak.

Bagi kamu yang berniat dan berminat kuliah di jurusan anti mainstream ini, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut terkait bidang studi rekayasa nanoteknologi. Jurusan baru ini perlu kamu kaji terlebih dahulu ya!

7. Teknik Nuklir - UGM

Satu lagi jurusan teknik yang termasuk jajaran jurusan unik karena hanya satu di Indonesia. Teknik nuklir UGM dalam beberapa tahun terakhir meningkatkan persaingan calon mahasiswa. Hal ini didasari oleh karena peminat program studi ini semakin banyak. Terlebih lagi, prospek kerja seorang sarjana teknik nuklir cukup menjanjikan.

Jangan heran, banyak yang menduga bidang kajian jurusan ini hanya tentang bom nuklir saja. Hal tersebut karena dilihat dari namanya, teknik nuklir terdengar cukup menyeramkan. Mengingat perang dunia 2 yang sudah menggunakan teknologi nuklir menimbulkan kerusakan yang sangat parah.

Namun, teknologi nuklir dapat bermanfaat secara tepat. Misalnya di bidang pembangkit daya, radioisotop, radiologi klinik, dan sebagainya. Proses pembelajaran dalam jurusan ini pun diarahkan sesuai bidang profesi yang akan dituju mahasiswa. Kamu tidak perlu khawatir, semua sudah ada alurnya kok.

8. Ilmu Keluarga dan Konsumen - IPB University

Menarik! Ternyata ada program studi yang membahas tentang keluarga. Program studi ini mempelajari tentang teori keluarga, perkembangan anak, ekonomi keluarga, konsumen, dan sebagainya. Cocok untuk kamu yang memiliki sifat kasih sayang yang besar.

Pada intinya jurusan ini akan banyak berkutat tentang keluarga. Tentu ada profesi khusus yang bisa dimasuki oleh jurusan ini. Namun, lulusan ilmu keluarga dan konsumen bisa bekerja lebih luas lagi, seperti di bidang sosiologi keluarga.

9. Astronomi - ITB

Kampus ITB tak kalah memiliki jurusan unik yang hanya ada satu di Indonesia. Jurusan ini bernama jurusan astronomi. Nah, bagi yang tertarik menjadi tim NASA, kamu bisa bergabung dalam prodi astronomi di ITB ini.

Objek studi kamu nantinya tak jauh-jauh dari dunia astronomi. Bagi kamu yang senang mengamati bintang planet, dan benda langit lain, coba manfaatkan minat itu untuk mengkaji lebih dalam. Melalui bidang studi inilah kamu bisa berkembang.

Nah, jurusan terunik mana yang cukup menarik minatmu? Inovasi pendidikan di Indonesia dengan adanya jurusan-jurusan unik tersebut dilakukan untuk mewadahi minat anak bangsa. Selain itu, agar lulusan yang dihasilkan juga merupakan lulusan kompeten di bidangnya. Yuk manfaatkan dunia perkuliahan untuk berkembang.