Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan yang Perlu Anda Coba

10 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan yang Perlu Anda Coba
10 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan yang Perlu Anda Coba

10 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan yang Perlu Anda Coba

Menjaga kesehatan organ pernapasan adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang yang ingin terus hidup lama. Ya, paru-paru yang sehat dan sistem pernapasan yang baik membantu memastikan Anda tetap hidup lebih nyaman.

Sebab kesehatan pernapasan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Tapi untungnya, ada cara untuk meningkatkan kesehatan organ pernapasan. Apa saja ya cara untuk bisa meningkatkan kesehatan pada organ pernapasan manusia?

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 8 Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Paling Ampuh

10 Tips Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Buat yang ingin terus menjaga organ pernapasannya, di bawah ini beberapa tips yang bisa untuk Anda gunakan agar paru-paru dan sistem pernafasan lainnya makin sehat:

Back to Content ↑

1. Jangan Merokok

Berhenti mengkonsumsi rokok adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. Mengapa? Sebab merokok adalah salah aktivitas yang berperan besar dalam menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik atau disebut PPOK.

Rokok menyumbang 80% dari semua kasus kematian karena PPOK. Namun, tenang saja, PPOK ini sebagian besar dapat dicegah dengan berhenti merokok.

Anda juga harus memperhatikan fakta, bahwa merokok tidak hanya mempengaruhi kesehatan pribadi Anda, tetapi juga mempengaruhi semua orang di sekitar Anda. Jika Anda merokok, tanyakan kepada pada layanan kesehatan tentang alternatif yang tepat agar bisa berhenti merokok.

Meskipun Anda tidak merokok, Anda mungkin juga masih bisa terpapar asap rokok orang lain. Berada di sekitar asap tembakau juga disebut perokok pasif.

Tidak ada cara untuk menghindari bahan kimia berbahaya dalam rokok jika Anda berada di sekitar orang yang merokok. Asap rokok mengandung bahan kimia beracun yang sama persis di dalam rokok, jadi pastikan Anda menghindari orang-orang yang merokok juga.

Asap rokok diketahui menyebabkan kanker, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pernapasan dan penyakit lainnya.

Seperti halnya merokok, ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang teridentifikasi dalam asap tembakau. Anjurkan teman dan keluarga untuk berhenti merokok, dan hindari menjadi perokok pasif.

Back to Content ↑

2. Periksa Jamur di Tempat Anda dan Pasang Detektor Gas Karbon Monoksida

Ada berbagai jenis jamur, dan semuanya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan pernapasan. Jamur bisa tumbuh di tempat yang gelap, dingin, dan lembap.

Jamur dapat menjajah di dalam dan luar ruangan, di balik dinding dan di lemari. Jika Anda melihat seluruh keluarga Anda memiliki masalah pernapasan, pertimbangkan untuk melihat jamur di sekitar rumah Anda.

Pastikan untuk memasang detektor gas karbon monoksida. Jika Anda sudah memiliki detektor, pastikan alat tersebut berfungsi, dan periksa secara teratur. Alat ini dapat membantu membatasi paparan Anda dan keluarga terhadap hadirnya karbon monoksida dan radon.

Karbon monoksida menyebabkan masalah pernapasan, penyakit, dan bahkan kematian. Radon juga menyebabkan masalah pernapasan, dan merupakan penyebab utama kedua dari kanker paru-paru di dunia.

Baik radon maupun karbon monoksida tidak dapat dilihat, tercium, atau terasa. Artinya, Anda harus memasang detektor sebagai satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa Anda aman dari radon maupun karbon monoksida.

Back to Content ↑

3. Tingkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

Mungkin Anda berpikir bahwa udara luar kurang bersih daripada udara dalam ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa kualitas udara dalam ruangan biasanya jauh lebih buruk daripada kualitas udara luar ruangan.

Oleh sebab itu, lakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Ganti filter udara dan bersihkan secara teratur untuk mengurangi polutan dan partikulat di udara.

Pertimbangkan untuk menambahkan tanaman dalam ruangan untuk membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Back to Content ↑

4. Olahraga

Berolahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Semakin sering Anda menggunakan paru-paru, semakin baik kesehatan pernapasan Anda. Paru-paru yang sehat membuat olahraga dan aktivitas fisik menjadi lebih menyenangkan.

Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan. Tidak perlu lari maraton kok untuk meningkatkan pernapasan dan kesehatan paru-paru. Melakukan latihan pernapasan secara rutin saja sudah sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pernapasan Anda.

Back to Content ↑

5. Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air dan tetap terhidrasi penting untuk setiap aspek kesehatan Anda, termasuk kesehatan pernapasan. Hidrasi yang tepat adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Minum banyak air setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat dan memberi konsistensi tipis pada lendir yang melapisi saluran udara dan paru-paru Anda.

Dehidrasi dapat menyebabkan lendir mengental dan lengket, yang memperlambat pernapasan secara keseluruhan dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit.

Back to Content ↑

6. Perhatikan Kebersihan

Cobalah untuk rutin cuci tangan ada atau tidak ada virus Corona ini, ya! Mencuci tangan secara teratur sangat bagus untuk menghindari infeksi. Jangan lupa untuk cuci seprai dan sarung bantal secara teratur, dan ganti bantal Anda setiap 6 - 12 bulan.

Back to Content ↑

7. Tingkatkan Kecepatan Berjalan Kaki

Seberapa cepat atau seberapa lambat Anda berjalan biasanya dapat memprediksi berapa lama Anda akan hidup, menurut sebuah penelitian kesehatan. Dalam studi khusus ini, para peneliti mencatat kecepatan berjalan lebih dari 34.000 orang, berusia 65 tahun ke atas.

Subjek yang memiliki kecepatan rata-rata 2,25 mph atau lebih cepat dapat hidup lebih lama dibandingkan mereka yang berjalan lebih lambat. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika Anda meningkatkan kecepatan berjalan, secara otomatis Anda akan hidup lebih lama.

Lebih penting lagi, jika merasa tidak bisa mempercepat langkah Anda, maka itu bisa menjadi indikator bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya.

Cobalah menambah kecepatan berjalan Anda dan jika merasa benar-benar kesulitan, bicarakan dengan dokter tentang apa yang mungkin terjadi.

Back to Content ↑

8. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Berat berlebih membuat paru-paru menjadi bekerja lebih banyak dan menekan semua otot pernapasan, sehingga kurang efisien. Pastikan Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Apapun program nutrisi dan olahraga yang Anda pilih, lakukan dengan serius dan kurangi berat badan.

Back to Content ↑

9. Konsumsi Suplemen Multivitamin

Paru-paru manusia sangat sensitif terhadap metilasi, suatu proses yang terjadi di dalam DNA sel dan mencegah kelainan dalam cara fungsi DNA. Jika tidak seimbang, terjadinya metilasi DNA adalah masalah serius dan dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker paru-paru.

Untuk mencegah penyakit paru-paru yang serius, Anda harus memastikan tubuh bermetilasi dengan benar.

Untuk melakukan ini, pastikan konsumsi suplemen multivitamin yang mengandung setidaknya 2,4 mcg B-12, 1,3 mcg B-6, dan asam folat 0,4 mg per hari. Jika tidak, Anda harus menambahkan suplemen B-kompleks ekstra.

Back to Content ↑

10. Pelajari Teknik Pernapasan Yoga

Apakah Anda seseorang yang pernapasannya sangat pendek? Jika sebagian besar napas Anda berasal dari area dada, maka cobalah belajar menarik napas dalam-dalam, mengirimkan oksigen segar jauh ke dalam paru-paru Anda.

Cara ini tidak hanya membantu fungsi paru-paru Anda lebih baik, tetapi juga dapat membuat Anda merasa tenang. Mempelajari yoga bisa sangat menyegarkan, dan merupakan olahraga yang sangat baik untuk paru-paru Anda. Seiring waktu, yoga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Back to Content ↑

Dengan rutin menjaga kesehatan organ pernapasan, maka kualitas hidup Anda akan semakin baik dan lebih nyaman dalam beraktivitas. Lakukan dengan rutin tips-tips di atas dan jangan pernah bosan untuk melakukannya, ya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!