Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Mengintip Spesifikasi Lengkap dari Realme 7

Mengintip Spesifikasi Lengkap dari Realme 7
Realme 7

Mengintip Spesifikasi Lengkap dari Realme 7

Terhitung sudah hampir lebih dari 6 bulan sejak perilisan Realme 6, maka sudah saatnya perilisan generasi berikutnya. Di Indonesia, Realme membawa dua seri yang berbeda dari India, yaitu Realme 7 dan Realme 7i.

Realme 7 hadir pada September 2020 ini dengan slogan "64 MP POWER MASTER", yang juga membawa banyak sekali peningkatan. Seperti penambahan fitur-fitur esensial yang akhirnya dibawa dari seri flagship, termasuk NFC multifungsi.

Realme 7 juga mengusung kamera baru, sehingga memperbaiki hasil foto yang membuat Anda akan lebih bersemangat lagi untuk mengabadikan momen-momen terbaik Anda bersama teman terdekat ataupun keluarga. Untuk lebih jelasnya lagi berikut spesifikasi dari Realme 7;

TOC / Daftar Isi

Desain

Desain dari Realme 7 ini telah disegarkan secara menyeluruh mulai dari tekstur, gradasi warna, serta bingkai kamera yang sangat indah dan baru. Dan pada akhirnya seluruh lini telah mempunyai desain yang baru tentunya dengan ciri khas masing-masing, jadi akan tampak berbeda satu sama lain. Untuk warna dari smartphone ini ada dua pilihan, yaitu Mist White dan Mist Blue.

Gradasi warna yang seolah terbelah menjadi dua bagian ini sangat kekinian dan simple namun tetap mewah. Warna dibagian kiri body belakang juga dibuat berbeda, diberi daya tambahan. Realme 7 menggunakan tekstur CD klasik serta memakai desain kaca doff meskipun materialnya tetap terbuat dari plastik. Masih dapat juga membekas sidik jari meskipun sedikit samar.

Untuk bingkai kamera belakang pun dibuat berbeda, sehingga terlihat lebih kekinian, akan tetapi dalam penggunaannya kita harus lebih sedikit berhati-hati, karena pinggirannya sedikit tajam dan lebih tinggi dari kaca kamera, dapat dikatakan lebih rawa dent. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan soft case bawaan supaya aman.

Untuk peletakan tombol yang lainnya masih sama dengan generasi sebelumnya. Ada triple slot SIM dan tombol volume di sebelah kiri, jack audio 3.5mm, microphone, port USB-C dan mono speaker dibawah dan tombol power yang berfungsi sebagai sensor sidik jari di sebelah kanan. Kecepatan serta tingkat akurasinya pun masih sama dengan generasi sebelumnya.

Back to Content ↑

Layar

Untuk bagian layar Realme 7 masih dapat dikatakan persis Realme generasi sebelumnya. Wajar saja, karena Realme sudah membawa teknologi layar 90Hz Ultra Smooth Display ke kelas menengah sejak awal tahun ini. Dimensi layar 6,5 inch dan mempunyai resolusi full HD+ serta dilengkapi dengan satu kamera kecil Punch-Hole disisi atas sebelah kiri.

Berjenis IPS, layarnya dapat menyala terang hingga 480 nits. Kehadiran refresh rate tinggi juga sangat cukup memanjakan mata Anda ketika sedang membuka timeline Twitter ataupun feed Instagram.

Layarnya yang cukup berwarna, meskipun bukanlah yang paling akurat serta tanpa ada pengaturan mode warna khusus. Setidaknya masih ada opsi untuk mengatur tingkat white balance, mengingat defaultnya sedikit terlihat cool atau kebiruan.

Back to Content ↑

Kamera

Dapat Anda lihat dari slogannya saja, bahwa Realme 7 ini sangat mengunggulkan bagian kameranya. Memang bagi Realme sudah biasa merilis smartphone mid-range yang berkamera 64 MP. Namun, ada yang tetap berbeda kali ini. Yaitu pada sensor utamanya. Jika biasanya menggunakan sensor Samsung, kali ini Realme 7 menggunakan sensor yang berbeda yaitu Sony IMX 682 f/1.8.

Selain besar dalam bagian resolusi, dimensi fisiknya juga sudah cukup besar di 1/1.73 inch sehingga banyak cahaya yang dapat ditangkap untuk meningkatkan hasil foto Anda. Sensor utama ini juga dilengkapi dengan tiga sensor lain dan masing-masing adalah kamera 8 MP ultra-wide, 2 MP potrait, dan 2 MP macro lens dengan jarak fokus terdekat 4cm.

Keluhan utamanya, tendensi kamera yang cenderung menghasilkan skin tone atau menghasilkan kulit warna yang cenderung berbeda dengan aslinya. Meski mode beautify dan tambahan lainnya sudah dimatikan. Terutama pada kondisi indoor cahaya cukup ataupun punya warna kulit cenderung gelap seringkali dibuat terlihat lebih terang.

Namun dengan sensor baru, realme sepertinya ikut membenahi algoritma software pada kamera Realme 7. Kini, hasilnya sudah jauh lebih akurat dan begitu pula pada foto-foto di pencahayaan yang dominan warna selain putih. Hasil foto juga lebih detail dan natural, dan jika Anda ingin warna yang lebih menyala cukup menyalakan mode Chroma Boost.

Mode fotonya juga cukup lengkap, selain mode potrait dan mode profesional yang dapat mengambil foto dengan format RAW, Realme 7 juga dapat mengambil foto dengan mode pro dalam mode 64 MP tentunya sangat cocok untuk Gizmo Friends yang ingin hasil foto untuk dicetak besar ataupun keperluan cropping. Tidak hanya berhenti disitu, realme juga menghadirkan sesuatu di mode malamnya.

Yang pertama Realme dilengkapi dengan fitur yang dibawa dari seri X3 Super Zoom yaitu Starry mode. Dengan fitur ini Anda dapat mengambil gambar bintang dilangit secara jelas dengan catatan Anda sedang berada di daerah yang minim polusi serta suasana langit yang cerah. Mode ini wajib menggunakan tripod pastinya karena akan mengambil foto long-exposure sampai 4 menit.

Ada pula pilihan filter malam baru pada mode Nightscape, dengan 3 fitur unggulan yaitu Flamingo, Modern Gold, dan Cyberpunk. Filter yang terakhir ini adalah salah satu filter yang paling populer yang biasa digunakan untuk foto cityscape dengan cahaya perkotaan. Dengan ini, Realme 7 dapat menghasilkan foto yang bernuansa cyberpunk secara instan dan Anda tidak perlu lagi olah digital melalui aplikasi.

Pada bagian kamera depan, hanya ada satu kamera saja dengan resolusi 18 MP yang dilengkapi dengan mode Nightscape dan mode potret. Sudut pandangnya yang cukup lebar, dan detailnya masih dapat bersaing dengan sensor 23 MP. Untuk perekaman video sendiri, Realme 7 mampu merekam hingga resolusi 4K 30fps atau 1080p 60fps.

Mode stabilitas UIS dan UIS max juga tentu tersedia. Hanya saja kita tidak dapat berpindah dari sensor utama ke ultra-wide saat perekaman berlangsung. Namun kini Realme 7 memberikan opsi untuk menambahkan watermark pada hasil video. Kualitasnya pun tentu berbeda dengan Realme generasi sebelumnya.

Back to Content ↑

Fitur

Realme 7 telah menjalankan UI berbasis Android 10. Dengan tampilan yang clean, smartphone ini menghadirkan fitur-fitur baru. Meskipun baterainya sudah besar, terdapat fitur Super Power Saving Mode yang cocok untuk kondisi darurat.

Realme 7 juga telah mendukung fitur Nearby Share, sebuah protokol transfer data antar perangkat Android yang kerjanya seperti AirDrop. Memungkinkan kita berkirim file secara mudah.

Untuk sekarang Realme 7 belum didukung dengan Dolby Atmos. Sementara keluaran speaker mononya dibagian bawah terbilang sangat keras meskipun detailnya mulai berkurang ketika volume mencapai 50% ke atas.

Untuk daya tahan, Realme 7 menjadi smartphone pertama yang lolos dari uji TUV Rheinland, berisi 23 pengujian utama serta 23 pengujian kecil. Sebagai jaminan bahwa smartphone ini cukup kuat untuk pemakaian sehari-hari.

Yang spesial adalah kehadiran NFC. Fitur ini sangat cocok untuk mereka yang tinggal dikota-kota besar, terutama bagi pemilik kartu uang elektronik, karena dengan adanya fitur ini Anda dapat isi ulang saldo maupun cek langsung dari smartphone ini.

Back to Content ↑

Performa

Untuk pertama kalinya Realme menggunakan chipset dari MediaTek yaitu Helio G95. Ini adalah penyegaran dari seri Helio G90T yang sebenarnya sudah cukup powerfull dan cocok untuk gaming. Clock Speed CPU serta GPU-nya ditingkatkan dan kapasitas penyimpanan dan RAM nya juga luas.

Untuk menemani performa yang sangat kencang juga dihadirkan sistem pendingin berbasis carbon fiber yang diklaim dapat mendinginkan suhu sampai 8,6% .

Back to Content ↑

Baterai

Kali ini Realme menggabungkan baterai besar 5000mAh dan pengisian daya cepat 30 Watt Dart Charge. Selain tahan lama, pengisian daya juga memerlukan waktu yang singkat untuk pengisian daya penuh.

Dengan pemakaian intensif, Realme sanggup menyala hingga 1,5 hari dengan screen on time 5 jam sudah termasuk panggilan video lewat Google Duo selama 1 jam, dan mengubahnya menjadi mobile hotspot selama 2-3 jam, dan mode layar konstan 90Hz. Untuk penggunaan yang lebih ringan mungkin akan tahan sampai 2 hari.

Back to Content ↑

Banyak sekali peningkatan yang ditunjukkan oleh Realme hanya dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan saja. Realme 7 sendiri dijual sekitar harga Rp. 3.000.000 saja. Sangat sepadan dengan fitur dan kelebihan yang diberikan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!