Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Sangat Mudah, Begini Cara Bisnis Online Shop yang Menguntungkan

Sangat Mudah, Begini Cara Bisnis Online Shop yang Menguntungkan
Sangat Mudah, Begini Cara Bisnis Online Shop yang Menguntungkan

Sangat Mudah, Begini Cara Bisnis Online Shop yang Menguntungkan

Mempelajari cara bisnis online shop adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Memang ada banyak jenis bisnis lain yang bisa dicoba. Namun, bisnis online bisa dikatakan sebagai opsi terbaik, karena dapat dilakukan di mana saja bahkan kapan saja.

Bahkan dapat Anda lakukan dalam posisi duduk maupun berbaring. Ketika masih di kantor ataupun saat sudah di rumah. Namun, menjalankan bisnis online memang tidak bisa dilakukan begitu saja, karenanya Anda perlu memahami sejumlah cara yang disebutkan di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

7 Cara Menjalankan Bisnis Online Shop agar Mendatangkan Keuntungan

1. Pahami Masalah Apa yang Dihadapi Oleh Pasar dan Produk yang Akan Dijual

Penting untuk dipahami, bahwa produk merupakan komponen yang sangat vital dalam bisnis, baik online maupun offline. Jika produk yang akan dijual sesuai untuk kebutuhan pasar, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar terbuka lebar.

Karena sebelum seseorang membeli produk, pastinya mereka berpikir untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan bisnis online ialah mencari masalah, khususnya masalah yang dihadapi oleh pasar.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan masalah, karena pada dasarnya masalah ini banyak sekali. Namun, disarankan juga untuk Anda melakukan observasi di internet, termasuk media sosial untuk menemukannya.

Setelah berhasil menemukan sejumlah masalah tersebut, nanti Anda pilih salah satunya yang sekiranya bisa diatasi. Ingat, tidak semua masalah yang ada berpotensi menjanjikan bila dijadikan bisnis online.

Back to Content ↑

2. Lakukan Riset Pasar

Cara bisnis online shop yang selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Setelah Anda berhasil menemukan masalah yang berpotensi jika dijadikan bisnis, sekarang fokuslah untuk melakukan riset di bidang tersebut.

Ini penting untuk dilakukan karena bisa membuat Anda menemukan ide untuk bisnis online. Pada dasarnya, jika ingin mempunyai pondasi bisnis online yang kuat, maka diperlukan data yang objektif. Dengan demikian, pengambilan keputusan nantinya tidak hanya didasarkan pada opini dan juga asumsi.

Sementara itu, data-data objektif yang seperti ini bisa diperoleh salah satunya ialah dengan riset pasar tersebut. Untuk ini karena lingkupnya adalah online, maka Anda dapat melakukannya dengan cara riset keyword di mesin pencari.

Bisa juga dengan mengecek tren di media sosial atau dengan bergabung di forum tersendiri, karena ada konsumen yang ikut bergabung di forum khusus yang membahas produk yang digunakan. Terakhir, Anda juga bisa lakukan survei untuk menemukan apa yang tidak ditemukan dari cara sebelumnya.

Back to Content ↑

3. Lakukan Analisis pada Kompetitor

Untuk bisa memenangkan persaingan dengan para kompetitor, Anda perlu mempelajari banyak hal tentang mereka. Mulai dari kelebihannya, kekurangannya, hingga caranya dalam mendekati konsumen. Dengan berbekal semua informasi ini, Anda akan bisa menciptakan bisnis yang bisa bersaing.

Untuk ini, Anda bisa melakukannya dengan mengelompokkan kompetitor terlebih dahulu. Sebagai gambaran, kompetitor tersebut digolongkan dalam 3 kategori.

Pertama, kompetitor tersier yang berkompetisi secara tidak langsung dengan target pasar Anda, namun produk yang dihasilkannya ada hubungannya dengan produk Anda. Kedua kompetitor sekunder yang menawarkan produk yang sama, namun target pasarnya berbeda.

Ketiga ialah kompetitor utama yang target pasarnya dan produknya sama dengan milik Anda. Tindakan Anda mengelompokkan kompetitor seperti ini, akan membantu untuk fokus dalam memenangkan persaingan dengan kompetitor utama.

Selanjutnya, kunjungi website kompetitor yang diutamakan dan perhatikan setiap detail yang bisa ditemukan dalam website tersebut. Misalnya metode pembayaran, pengiriman barang, tampilan menu utama, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya.

Detail-detail seperti ini akan membantu Anda menciptakan website yang lebih bagus dari milik mereka. Selain mengunjungi website, Anda juga sebaiknya mengunjungi media sosial, sekaligus mencari tahu bagaimana review yang diberikan oleh pelanggan mereka.

Jika semuanya sudah dilakukan, Anda akan lebih mudah dalam menyimpulkan image atau citra produk berdasarkan persepsi pelanggan.

Selanjutnya jangan lupakan soal harga. Bandingkan harga yang akan Anda terapkan dengan harga kompetitor dan cari kesimpulan kira-kira pada harga berapakah konsumen mau membeli produk tersebut.

Back to Content ↑

4. Cari Model Bisnis

Ketiga langkah di atas sudah dilakukan, maka cara bisnis online shop selanjutnya adalah memilih model bisnis yang paling menguntungkan. Karena bisa saja, untuk satu jenis produk yang sama, cara menjualnya dapat berbeda-beda.

Misalnya, dengan stok produknya terlebih dahulu atau menggunakan sistem dropship. Namun, apapun model bisnis yang akan diterapkan nantinya, Anda tetap perlu menyiapkan berbagai hal teknis untuk menjalankannya.

Back to Content ↑

5. Tentukan Target Pasar

Hasil riset pasar serta analisis kompetitor bisa menjadi dasar bagi Anda menentukan target pasar. Bisa dikatakan target pasar ini adalah sekelompok orang yang menunjukkan karakteristik yang sama, serta sama-sama mempunyai kemungkinan untuk membeli produk yang telah Anda buat.

Pastinya masing-masing produk punya pasarnya sendiri. Misalnya, walaupun sama-sama merupakan baju, namun baju merk A menyajikan model yang kekinian, sehingga lebih cocok untuk remaja. Sementara model B lebih cocok untuk ibu-ibu yang kesehariannya hanya di rumah saja.

Dengan adanya target pasar yang lebih spesifik seperti ini, maka Anda akan dapat mengembangkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, Anda pun bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk promosi.

Back to Content ↑

6. Buat Online Shop

Karena namanya saja adalah bisnis online shop, maka Anda harus membuat toko online-nya. Ibaratnya ketika di bisnis offline perlu toko, maka bisnis online juga demikian. Untuk ini Anda dapat memilih media sosial atau bisa juga dengan membuat website.

Website resmi bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meyakinkan para pelanggan, agar mereka tidak ragu membeli produk yang Anda tawarkan. Untuk membuat website ini sangat mudah. Atau jika memang tidak bisa, sekarang sudah banyak jasa pembuatan website yang siap membantu kapan saja.

Back to Content ↑

7. Lakukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Toko online sudah dibangun, maka Anda perlu memperkenalkan toko online tersebut agar ada banyak orang yang mengetahuinya. Ingat, pemasaran bisnis ini tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Paling tidak lakukan teknik optimasi SEO, supaya toko online bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Gunakan juga media sosial sebagai pendukung website, karena sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ada banyak orang Indonesia yang aktif di jejaring sosial. Anda dan bahkan para pebisnis lainnya bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk mempromosikan bisnis.

Akan tetapi, penggunaan media sosial untuk bisnis online juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu rencana dan strategi yang matang, supaya langkah yang telah Anda lakukan mulai dari awal tidak sia-sia.

Selain itu, melakukan pemasaran menggunakan media sosial secara sembarangan juga bisa berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan. Ada beragam alasan kenapa seseorang tidak ingin membeli suatu produk, salah satunya ialah pelayanan yang kurang bagus.

Back to Content ↑

Jika Anda sudah bersiap untuk membangun bisnis online shop, maka pastikan juga bahwa diri Anda telah siap untuk melayani para pembeli yang berminat dengan produk yang ditawarkan. Aplikasikan cara bisnis online shop yang telah disebutkan di atas agar bisnis dapat berjalan dan berkembang. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!