Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Mengenal Microsoft Authenticator: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mengenal Microsoft Authenticator: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Microsoft Authenticator

Mengenal Microsoft Authenticator: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika Anda login ke akun atau aplikasi tertentu, Anda biasanya diminta memasukkan username dan password Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya akun Anda tidak dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sayangnya, password sudah mulai diragukan keefektifannya akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan password yang kita kenal sekarang ini sudah ada sejak tahun 1960an. Berarti, password sudah berumur hampir 60 tahun. Selama 60 tahun itu, password tidak mengalami perubahan yang cukup berarti. Hal ini berakibat banyak pihak dapat membobol password dengan mudah. Berangkat dari tragedi tersebut, para ahli di bidang IT menciptakan sistem keamanan tambahan yang kita kenal dengan two-factor authentication (TFA atau 2FA).

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Two-Factor Authentication?

Two-factor authentication (TFA) merupakan bentuk autentikasi atau pengecekan yang membutuhkan 2 bentuk identifikasi berbeda untuk mengakses sesuatu (misalnya akun atau aplikasi tertentu). Kedua bentuk identifikasi tersebut adalah password/PIN dan kode yang dikirim ke smartphone atau email Anda.

Adanya autentikasi 2 faktor ini bertujuan untuk mencegah orang yang mengetahui password Anda dapat login ke akun Anda. Hal ini disebabkan orang tersebut tidak mempunyai bentuk identifikasi yang kedua, yaitu kode yang dikirimkan melalui smartphone atau email. Mengingat maraknya pembobolan password akhir-akhir ini, adanya teknologi autentikasi 2 faktor ini tentu menjadi angin segar bagi banyak pengguna awam.

Back to Content ↑

Apa Itu Microsoft Authenticator?

Terdapat banyak aplikasi untuk autentikasi 2 faktor yang bisa Anda pilih, antara lain Google Authenticator, Authy, LastPass Authenticator, dan lain-lain. Tetapi, bila Anda menggunakan akun Microsoft, maka aplikasi yang perlu Anda install adalah Microsoft Authenticator. Diluncurkan pertama kali tahun 2016 oleh Microsoft, aplikasi ini dapat digunakan baik untuk akun Microsoft, email Outlook, maupun beberapa website non-Microsoft lainnya. Untuk mendownload aplikasi Microsoft Authenticator, Anda bisa menuju ke halaman ini (Android) atau halaman ini (iOS).

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Kerja Microsoft Authenticator?

Sebenarnya, mekanisme Microsoft Authenticator simpel dan tidak berbelit-belit. Secara umum, berikut ini cara kerja Microsoft Authenticator bila Anda sudah memasang autentikasi 2 faktor di akun Anda:

Login ke website/akun. Pertama-tama, Anda login terlebih dahulu ke akun Anda (misalnya akun Microsoft) dengan cara memasukkan username dan password akun Anda.

Memasukkan kode dari Microsoft Authenticator. Apabila username dan password yang Anda masukkan benar, maka Anda akan diminta memasukkan kode dari Microsoft Authenticator. Buka aplikasi Microsoft Authenticator di smartphone Anda. Anda akan melihat kode 6 digit yang akan berubah setiap 30 detik. Masukkan kode tersebut ke kolom yang di aplikasi/website tadi. Perlu dicatat bahwa Anda harus memasukkan kode tersebut dengan benar sebelum durasi 30 detik tersebut habis. Apabila Anda terlambat memasukkannya, kode tersebut akan berganti dan Anda harus memasukkan ulang kode yang baru.

Login berhasil. Jika kode yang dimasukkan benar, Anda akan masuk ke akun Anda.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Maraknya berita mengenai pencurian password akhir-akhir ini tentu membuat banyak orang kuatir. Salah satu cara yang efektif untuk menangkal pembobolan akun akibat password yang bocor tersebut adalah menggunakan autentikasi 2 faktor.

Bila Anda menggunakan akun Microsoft, Anda bisa menginstall Microsoft Authenticator di smartphone Android atau iPhone Anda. Dengan proses dan tidak berbelit-belit, Microsoft Authenticator sangat efektif untuk mencegah pembobolan akun Microsoft milik Anda.

Back to Content ↑

Sekian artikel mengenai apa itu Microsoft Authenticator dan cara kerjanya. Terima Kasih, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.